4 Produk Skincare Ini Cegah Kulit Kering saat Musim Hujan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak cuma busana, perawatan kulit alias skincare perlu disesuaikan di musim hujan. Di musim hujan yang identik dengan suhu dingin, kita perlu mengaplikasikan produk skincare untuk mencegah kulit kering. Penyebab kulit kering karena suhu udara yang dingin akan menyerap kembali kelembapan alami yang ada di sel kulit. Hal itulah yang membuat kulit terasa kering seperti ketarik, kasar, retak atau bersisik. Berikut empat produk skincare untuk cegah kulit kering saat musim hujan.

1. Pembersih yang Menghidrasi

Langkah pertama menangkal kulit kering saat musim hujan adalah memilih pembersih yang lembut dan menghidrasi yang membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami. Carilah bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, atau ceramide, yang efektif membersihkan sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Hindari penggunaan sabun yang keras dan pembersih berbahan dasar alkohol karena dapat memperburuk kulit kering dan sensitif Anda.

2. Pelembap Kaya Emolien

Jelajahi kekuatan krim dengan emolien penahan kelembapan yang mengunci hidrasi. Selama musim hujan, beralihlah ke pelembap yang lebih berat dan bergizi yang mengandung bahan-bahan seperti shea butter, squalane, atau minyak seperti argan atau jojoba. Komponen-komponen ini membentuk penghalang pelindung, mencegah hilangnya kelembapan dan menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi, bahkan dalam kondisi paling kering sekalipun.

3. Eksfoliasi Lembut

Gabungkan pengelupasan kulit yang lembut ke dalam rutinitas perawatan kulit untuk menghilangkan kulit kering dan bersisik. Namun, selama musim hujan, pilihlah eksfolian ringan yang tidak akan semakin menghilangkan kelembapan kulit Anda. Pertimbangkan eksfoliasi kimia yang mengandung bahan-bahan seperti asam laktat atau enzim buah. Produk ini secara efektif mengangkat sel kulit mati, meningkatkan pergantian sel tanpa menyebabkan iritasi atau kekeringan.

4. Tetap Pakai Tabir Surya

Meski musim hujan, selalu gunakan tabir surya dengan setidaknya SPF 30 pada area terbuka seperti wajah, leher, dan tangan. Pilih tabir surya berspektrum luas untuk melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Aplikasikan kembali sepanjang hari, terutama jika Anda menghabiskan waktu lama di luar ruangan, karena sinar matahari di musim hujan sama kuatnya dengan sinar matahari di musim kemarau.

Pilihan Editor: Punya Keluhan Kulit Kering, Beby Tsabina Tak Bisa Lepas dari Pelembap

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."