Tips Memilih Jus Jeruk Kemasan Agar Asupan Vitamin C bagi Tubuh Tercukupi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jeruk dan jus jeruk. Shutterstock

Ilustrasi jeruk dan jus jeruk. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Tubuh yang sehat menjadi keinginan semua orang. Hanya saja untuk mendapatkannya diperlukan konsisten dalam melakukan kebiasaan baik setiap hari. Menjaga kesehatan tubuh dipengaruhi dari apa yang dikonsumsi setiap hari. Jus, salah satunya jus jeruk menjadi salah satu minuman pilihan untuk menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh.

Apalagi, kandungan nutrisi dari buah dan sayuran yang digunakan membuatnya memiliki banyak manfaat kesehatan. Ibaratnya, tubuh yang sehat merupakan salah satu investasi yang cukup berharga di kemudian hari.

Oleh karena itu, Dennis Guido atau kerap dengan sapaan Dennis, salah satu Food Technologist di Indonesia dan juga merupakan Content Creator seputar informasi tentang teknologi pangan melakukan uji kandungan vitamin C pada deretan label minuman kemasan jus jeruk.

Dennis berhasil mengumpulkan deretan produk jus kemasan yang biasa ada di Supermarket, Kandungan Vitamin ataupun Mineral memang tidak tertulis pada label tersebut. Tetapi besarnya informasi presentase AKG atau Angka Kecukupan Gizi memberikan informasi kontribusi produk tersebut terhadap kebutuhan sehari. Hal tersebut menjadikan alasan mengapa kebutuhan gizi tiap orang berbeda-beda dan hal tersebut berhubungan dengan jenis kelamin, usia, berat badan. 

Oleh karena itu, di setiap label kemasan terdapat petunjuk acuan kebutuhan kalori sesuai kebutuhan. Misalnya untuk laki-laki, kebutuhan kalori 2150 sama dengan kebutuhan vitamin C nya per hari itu 90 mg jadi kalau produk ngeklaim Vitamin C nya 100 persen artinya terkandung vitamin C 90mg atau lebih. 

Berdasarkan hasil Uji Lab yang dilakukan Dennis, deretan produk jus kemasan yang diuji memiliki kecocokan antara Vitamin C dengan kadar gulanya yang sesuai. Adapun, salah satu produk dengan nominal kadar gulanya d ibawah yang tertulis di label kemasan tetapi masih dibatas toleransi. 

"Berdasarkan hasil penelitian, ada satu kemasan yang klaimnya vitaminnya 100 persen tetapi hasilnya memenuhi 33 persen AKG. Penyebab hal tersebut dipengaruhi akan proses penyimpanan terutama karena oksidasi, panas, dan sebagainya." Ujar Dennis.

Vitamin C dalam jus jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Di label kemasan, Informasi gizi seperti Vitamin atau Mineral. Tentunya bisa menggunakan informasi berdasarkan paparan hasil uji Lab Dennis agar bisa memilih minuman yang tinggi akan nutrisi Vitamin C.

Pilihan Editor: Bolehkah Konsumsi Buah Jeruk atau Jus Jeruk saat Perut Kosong?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."