Sustainable Fashion, Berikut Tips Padu Padan Busana ala Idol K-Pop tanpa Membeli Baru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Style oversized merupakan tren fashion sepanjang tahun 2022 dan sangat populer di Indonesia/Foto: Instagram/Laneige Collection

Style oversized merupakan tren fashion sepanjang tahun 2022 dan sangat populer di Indonesia/Foto: Instagram/Laneige Collection

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Isu mode berkelanjutan yang ramah lingkungan atau sustainable fashion terus digaungkan demi tak menambah limbah mode yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Salah satu kunci berpenampilan sustainable fashion adalah berkreasi dengan koleksi yang sudah ada di lemari pakaian. Nah jika kamu ingin bergaya ala idol K-Pop sekaligus sustainable fashion, coba terapkan teknik padu padan berlapis (layering) dan berukuran longgar (oversize).

Menurut penata gaya yang juga pemilik label mode Young Woong dan Too Young, Bertha Puspita inspirasi dua tampilan atau looks tersebut termasuk fashion Korea yang masih booming di tahun mendatang. 

"Bisa terapkan layering, pemakaian beberapa produk dalam satu penampilan atau looks," ujarnya di Jakarta Selatan, Rabu, 22 November 2023.

"Contohnya, kemeja putih polos dipadu dengan luaran seperti tank top hitam. Itu basic items. Padankan juga dengan kalung, itu bisa jadi inspirasi tampilan," tutur jebola  sekolah mode ESMOD itu.

Padu padan layering lain yang disebutkan Bertha adalah cardigan atau sweater dengan basic items lainnya.

"Bisa juga pakai cardign atau sweater menyesuaikan dengan acara di hari itu. Kalau acara formal, pakai kemeja putih sebagai dalaman, kalau non-formal bisa mengenakan tank top," ujarnya.

Selain itu, lanjut Bertha, bisa pakai baju orang tua yang bergaya vintage untuk tampilan oversize ala idol Korea.

"Tren oversize bisa dari pakai baju papa atau mama yang bergaya vintage. Biasanya ukuran lebih besar. Kamu bisa pakai itu dan jadi looks baru tanpa membeli," ucap Bertha yang juga penggemar K-Pop sejak 2008.

Bertha juga mengungkapkan kita bisa memanfaatkan luaran atau atasan yang tidak terpakai menjadi rok sebagai salah satu langkah sustainable fashion.

Pilihan Editor: Ekonomi Fashion Ramah Lingkungan yang Tidak Kalah Menggiurkan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."