Saat Perempuan Sulit Cari Baju Renang, Kelly Tandiono Rancang Swimwear Semua Ukuran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kelly Tandiono/Foto: Instagram/Kelly Tandiono

Kelly Tandiono/Foto: Instagram/Kelly Tandiono

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Punya hobi renang terkadang tak selaras dengan pakaian khusus renang. Seringkali, khususnya, perempuan mengeluh lantaran susah mencari baju renang atau swimwear yang nyaman dan sesuai gaya mereka. Terlebih bagi perempuan yang berhijab, kebutuhan baju renang yang menutup akan menjadi pilihan utama. 

Keresahan itulah yang dirasakan Vessy, perempuan berhijab 35 tahun ini mengaku cukup sulit mencari baju renang. "Di satu sisi aku butuh baju renang elastis yg bisa mendukung untuk bergerak bebas, tetapi di sisi lain harus ada beberapa bagian tubuh yang perlu ditutupi dan itu tidak ketat," ucap karyawan swasta ini kepada Cantika, Kamis, 26 Oktober 2023. 

Namun, Vessy melihat belakangan ini mulai muncul baju renang yang memang khusus didesain khusus untuk perempuan berhijab. Semakin ke sini sudah banyak brand yang memikirkan kebutuhan swimwear untuk perempuan berhijab. Ukurannya juga lengkap, bahkan tersedia untuk si plus size.

"Yang jelas, kalau bagi aku pakaian renang harus nyaman dulu di badan, bahannya ringan, elastis tapi enggak bikin kulit sakit, stylish sudah pasti, cepat kering, warna, dan corak cerah," imbuh perempuan bertubuh mungil ini.

Begitu pula yang dirasakan Siti Parhani yang termasuk tidak kurus, kalau dia mencari di toko olahraga biasanya tidak ditemukan look yang sesuai ukuran tubuhnya, kalau pun ada merek lain yang setoknya sering habis. "Paling aman di e-commerce, ada ukuran xl sampe xxl. Tapi, baju renang murah juga tidak awet karena bahannya tidak begitu bagus," ungkapnya. 

Perempuan 27 tahun ini mengaku cenderung susah membicarakan seperti apa buana renang yang ideal dan comfy, karena kembali ke si pemakainya nyaman pakai model yang seperti apa. "Saya tidak berhijab jadinya tertutup bukan menjadi masalah. Saya fine pakai yang selutut dan lengan pendek. Namun, teman saya ada juga yang lebih nyaman pakai model stumpy," ucap dia. 

Kelly Tandiono Ingin Perempuan Menemukan Ukuran Baju Renang yang Sesuai

Model mengenakan koleksi busana berjudul Cover Me Not dari Kelly Tandiono pada gelaran Jakarta Fashion Week 2023 di Pondok Indah mall 3, Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023. Selain menunjukan pakaian renang Kelly yang berkolaborasi dengan Hagung Sihang ingin mengkampanyekan kelestarian alam laut dan menjaga kebudayaan wayang. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Menjawab kegundahan para perempuan yang suka berenang, model, pemain film, dan desainer Kelly Tandiono memperkenalkan swimwear yang selama ini jarang dimainkan oleh jenama lokal. Terlebih, Kelly mengamati jika belum banyak pebisnis yang fokus mengeluarkan koleksi baju renang sehingga ia merasa dapat angin segar.  

"Karena memang aku melihat potensinya bagus sekali, belum begitu banyak swimwear di Indonesia kalau pun ada kualitasnya belum atau enggak sebagus yang aku beli dari luar. Jadinya aku pengen banget membuat brand aku ini bisa keluar sampai go internasional," ucap Kelly kepada Cantika, Kamis, 26 Oktober 2023. 

Selain itu, ia juga resah dengan standar body goals yang disematkan oleh mayoritas masyarakat yakni tubuh ideal itulah yang menjadi alasan Kelly tertarik merintis bisnis swimwear. Berawal dari rasa curious mengapa perempuan sulit mencari baju renang yang nyaman untuk dirinya, padahal kata dia bentuk tubuh perempuan itu beragam. 

"Mulai ada yang mungil, cungkring, curve, sampai ke pluz size yang enggak bisa disamakan model busananya. Pakai baju berenang sesuai badan ya, misal tipenya lebih besar bisa memakai swimwear yang high waist atau bisa pakai yang full bodysuit. Aku juga mengeluarkan koleksi mulai dari ukuran XS sampai XXXL," imbuhnya. 

Model mengenakan koleksi busana berjudul Cover Me Not dari Kelly Tandiono pada gelaran Jakarta Fashion Week 2023 di Pondok Indah mall 3, Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023. Selain menunjukan pakaian renang Kelly yang berkolaborasi dengan Hagung Sihang ingin mengkampanyekan kelestarian alam laut dan menjaga kebudayaan wayang. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Menurut pemeran dalam film Petualangan Sherina 2 ini sebenarnya baju renang tidak harus untuk berenang, tetapi bisa untuk inner yang dilapis outer atau bergaya resort. "Kembali ke gaya kita juga mau dipadupadankan seperti bagaimana, bisa pakai t-shirt atau jeans misalnya. Jadi lebih percaya diri," ujarnya yang telah mendirikan jenama Cover Me Not sejak tahun 2017 ini. 

Kelly ingin merangkum teman-teman pengguna swimwear dengan beragam ukuran tubuh yang telah ia lakukan sejak gelaran Jakarta Fashion Week tahun lalu. "Makanya sejak tahun lalu sampai sekarang aku mengajak teman-teman yang memiliki beragam ukuran tubuh, mulai dari mungil, pendek, tinggi, pluz size, dan curve. Kaya mau kasih tahu, society kita beragam, lho. Cover Me Not ingin buat baju renang dari segala usia, umur, dan warna kulit hingga semua bisa pakai," imbuh dia.

Pilihan Editor:  Resah pada Standar Body Goals, Kelly Tandiono Rintis Bisnis Swimwear untuk Semua Bentuk Tubuh

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."