6 Fakta Konser Coldplay, Dari Sapa Assalamualaikum Hingga Pantun Pinjam Seratus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Vokalis grup band Coldplay, Chris Martin beraksi saat membawakan hits andalannya dalam konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu, 15 November 2023. Konser grup band asal Inggris yang masuk dalam rangkaian tur dunia

Vokalis grup band Coldplay, Chris Martin beraksi saat membawakan hits andalannya dalam konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu, 15 November 2023. Konser grup band asal Inggris yang masuk dalam rangkaian tur dunia "Music of the Spheres Tour 2023" di Jakarta itu merupakan penampilan perdana mereka di Indonesia sejak band itu didirikan pada 1997 dengan membawakan sekitar 22 lagunya. ANTARA/M Risyal Hidayat

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Grupband Coldplay berhasil membius puluhan ribu penggemarnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Penampilannya pun sudah sangat ditunggu penggemar mereka. Maklum Chris Martin dan teman-temannya tidak pernah sekali pun tampil di Indonesia sebelumnya.  

Dirangkum dari berbagai sumber, Simak 6 fakta seru konser pertama Coldplay pada 15 November 2023 di Jakarta. 

Grup band Coldplay beraksi saat membawakan hits andalannya dalam konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu, 15 November 2023. Ini merupakan penampilan perdana mereka di Indonesia sejak band itu didirikan pada 1997. ANTARA/M Risyal Hidayat

1. Ganti Bendera Pelangi jadi Bendera Putih

Grup band asal Inggris Coldplay mengganti bendera pelangi dengan bendera berwarna putih bertuliskan “Love” yang berarti cinta, pada malam itu. Pada sebagian besar konser Coldplay di berbagai negara dalam rangkaian tur “Music of the Spheres Tour 2023”, Chris mengibarkan bendera pelangi sebagai dukungan terhadap Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT), umumnya saat lagu “People of the Pride”.

Namun pada konsernya di Jakarta, mereka nampak memahami kondisi dan budaya setempat, dengan memilih untuk menggambarkan cinta dengan simbol yang lain. “Terima kasih banyak untuk mengizinkan kami bermain di negaramu,” kata vokalis Chris Martin.

“Terima kasih untuk pemerintahmu telah memberi kami izin untuk datang ke sini,” kata Chris.

Usai menyanyikan lagu yang berpesan tentang hak tiap manusia untuk menjadi dirinya sendiri itu, Coldplay melanjutkan aksi panggungnya dengan lagu “Clocks”. “Kami sangat jatuh cinta dengan masyarakatmu (Indonesia), dengan negaramu, kami sangat bahagia untuk berada di sini,” kata Martin.

Chris Martin sujud di hadapan penggemar/Instagram- Coldplay

2. Sujud ke Penonton

Dalam Instagram resminya, Coldplay menyatakan dirinya merasa terlambat 25 tahun untuk main ke Jakarta. Namun mereka menilai lebih baik terlambat dibandingkan tidak sama sekali. Ia akan mengenang pertunjukan mereka di Jakarta. "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali: kami membutuhkan waktu 25 tahun untuk sampai ke Jakarta dan saya memerlukan waktu untuk jadi bagian bintang di momen ini dan akan diingat dengan mengunggah foto ini! Panas dan beruap dan sungguh menakjubkan. Terima kasih telah menunggu kami. W.X," unggahan Coldplay dalam bahasa Inggris.

Di unggahan selanjutnya, band yang terbentuk di London pada 1997 lalu ini juga merekam momen ketika Chris Martin sujud syukur sambil berterima kasih ke penonton. Ada sekitar 80 ribu penggemar yang riuh ketika Chris sujud di hadapan mereka. Setelah itu, muncul video suasana konser saat penonton ikut menyanyikan lagu "Adventure of Lifetime". 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."