Raih Penghargaan Editor Film Terbaik FFI 2023, Aline Jusria Sampaikan Pesan untuk Korban Kekerasan Seksual

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Penyunting film, Aline Jusria/Foto: Instagram/Aline Jusria

Penyunting film, Aline Jusria/Foto: Instagram/Aline Jusria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Melalui hasil kerjanya sebagai editor film Like & Share, Aline Jusria berhasil menangkan penghargaan kategori Penyunting Gambar Terbaik pada Festival Film Indonesia atau FFI 2023 yang dilaksanakan pada 14 November lalu.

Menurut Aline, bekerja dengan film Like & Share adalah hal yang berat karena ia mengetahui banyak realita dari kasus kekerasan seksual yang tidak kunjung turun di Indonesia. "Saya ketemu korban kekerasan seksual, mendengarkan semua ceritanya. Dan saya juga bertemu dengan pelakunya," ucap Aline.

Melalui Like & Share, Aline Jusria berharap film ini dapat menyebarkan kesadaran mengenai kasus kekerasan seksual, "Semoga film ini mampu menguatkan para korban terutama yang belum mendapatkan keadilan dan bisa menjadi cerminan juga untuk pelaku."

Kepada korban kekerasan seksual, editor Dua Garis Biru ini sampaikan untuk mau memaafkan. Baginya memaafkan bukan berarti membenarkan apa yang dilakukan oleh pelaku. "Maafkan untuk berdamai dengan keadaan dan juga diri sendiri."

Like & Share adalah film karya Gina S. Noer yang rilis pada 27 November 2022 bekerja sama dengan perusahaan produksi Starvision dan Wahana Kreator Nusantara. Film yang diedit oleh Aline Jusria ini menceritakan tentang persahabatan Lisa dan Sarah yang masih remaja.

Lisa dan Sarah merupakan gadis berusia 17 tahun yang dekat satu sama lain meski berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda dan pelik. Lisa yang sering bertengkar dengan sang ibu dan Sarah yang telah menjadi yatim piatu karena kecelakaan yang menimpa orang tuanya.

Masalah seksualitas menjadi topik utama yang disorot Like & Share. Lisa dan Sarah mulai mengarungi kehidupan seksualitas masing-masing. Persahabatan mereka mulai menjadi masalah yang serius ketika Lisa mulai candu dengan pornografi dan mengalami perubahan orientasi seksual, sedangkan Sarah berpacaran dengan pria yang jauh lebih tua.

Film ini juga menunjukkan betapa rumitnya penanganan kekerasan seksual dan situasi akan lebih mudah serta kolektif bila semua berpihak kepada korban. Setelah hampir satu tahun rilis, Like & Share berhasil membawa tiga piala citra dari 11 nominasi Festival Film Indonesia. Selain Aline Jusria yang memenangkan Penyunting Gambar Terbaik, Like & Share juga memenangkan Pengarah Artistik Terbaik (Dito Gambiro), dan Penata Suara Terbaik (Aria Prayogi dan kawan-kawan).

Pilihan Editor: Women from Rote Island Jadi Film Panjang Terbaik, Ini Daftar Lengkap Penerima Piala Citra FFI 2023

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."