Raih Penghargaan Album Terbaik AMI Awards 2023, Simak Perjalanan Karier Isyana Sarasvati di Industri Musik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Isyana Sarasvati/Foto: Instagram/Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati/Foto: Instagram/Isyana Sarasvati

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Prestasi baru kembali diukir oleh penyanyi muda Indonesia, Isyana Sarasvati. Pelantun Tetap Dalam Jiwa ini berhasil raih penghargaan Album Terbaik Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2023 melalui album terbarunya yang bertajuk ISYANA.

Melalui akun Instagramnya, Isyana tulis rasa syukurnya atas prestasi kali ini. Ia mengaku tidak menduga bahkan tidak berekspektasi apa pun dari album ISYANA yang rilis pada Mei lalu. Selain Album Terbaik Terbaik, diketahui Isyana juga menangkan sebuah penghargaan AMI Awards 2023 lainnya, yaitu Artis Solo Rock/Instrumentalia Rock Terbaik.

Keahlian bernyanyi dan menulis lagu yang dimiliki Isyana pada dasarnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Wanita kelahiran 1993 itu diketahui telah terjun ke dunia musik bahkan sebelum namanya naik sebagai salah satu penyanyi papan atas Indonesia. Bagaimana kah perjalanan karier Isyana? Yuk kita simak!

Mengenal dan Berkarier di Musik Klasik Sejak Kecil

Perjalanan awal Isyana di industri musik berawal dari pengaruh sang ibu yang bekerja sebagai guru musik. Isyana telah diperkenalkan pada dunia musik sejak usia empat tahun oleh ibunya. Di usianya yang masih anak-anak, Isyana telah menguasai sejumlah alat musik, seperti piano, flute, dan biola.

Sebelum masuk ke industri musik pop Indonesia, Isyana terlebih dahulu masuk ke dunia musik klasik sebagai solois dan resitalis, sehingga ia telah banyak mengisi opera di Singapura. Isyana juga diketahui aktif mengikuti berbagai kompetisi musik. Di usianya yang 15 tahun, Isyana berhasil masuk ke jajaran komponis terbaik pada Junior Original Concert melalui lagu ciptaannya "Wings of Your Shadow."

Istri dari Rayhan Maditra ini mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Singapura untuk menempuh pendidikan musik di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) pada usia 16 tahun. Atas prestasinya yang banyak diraih saat berada di sekolah musik, Isyana mendapatkan berbagai beasiswa musik dari belahan dunia lain. Isyana pun meraih penghargaan sebagai lulusan terbaik di NAFA.

Bergabung ke Label Musik Indonesia

Tahun 2014 menjadi awal karier Isyana di dunia musik Indonesia. Ia bergabung dengan Sony Music Indonesia setelah menarik perhatian lewat video cover lagunya di internet. Di tahun pertama karier, Isyana merilis dua lagu, yaitu "Keep Being You"(2014)  dan "Tetap Dalam Jiwa" (2015) yang sempat viral di kalangan warganet pada masanya. Selanjutnya Isyana cukup aktif merilis album dan selalu raih reaksi positif di pasar.

Di industri musik Indonesia, Isyana pun seolah tak lepas dari prestasi musiknya. Pada 2018, ia dipercaya untuk tampil di acara penutupan Asian Games. Tahun berikutnya, Isyana digandeng Disney untuk menyanyikan lagu tema Aladdin, "A Whole New World" versi Indonesia bersama Gamaliel Tapiheru. Selama dua tahun berturut-turut, 2019 dan 2020, Isyana berhasil masuk daftar 30 under 30 Forbes Indonesia dan Asia.

Berbagai prestasi membanggakan yang berhasil diraih oleh penyanyi yang baru memasuki aliran rock ini. Isyana diketahui sangat menuangkan perasaannya dalam karyanya, seperti di LEXICON (2019), Isyana bercerita tentang kejujuran dirinya sebagai seniman. Lalu pada ISYANA (2023), ia curahkan perasaannya selama melewati pandemic COVID-19.

Pilihan Editor: Dukungan Isyana Sarasvati untuk Lagu Baru Vidi Aldiano, Menenangkan dan Beri Semangat

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."