Raih Penghargaan Karya Produksi Terbaik AMI Awards 2023, Intip Perjalanan Karier BCL

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Bunga Citra Lestari/Foto: Instagram/Bunga Citra Lestari

Bunga Citra Lestari/Foto: Instagram/Bunga Citra Lestari

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi tersohor tanah air, Bunga Citra Lestari atau lebih dikenal BCL, raih prestasi pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2023 yang diadakan pada 8 November kemarin. Bersama grup musisi Diskoria dan Laleilmanino, BCL berhasil meraih penghargaan Karya Produksi Terbaik Terbaik melalui karya musik kolaborasi mereka, Badai Telah Berlalu, yang rilis Januari 2023.

Setelah raih prestasi gemilang, yuk kita intip kembali bagaimana perjalanan karier penyanyi kelahiran 1983 ini.

Memulai Karier sebagai Model

BCL mulai unjuk diri di dunia hiburan dengan menjadi model Majalah HAI (Cewek Hai), lalu muncul di berbagai tayangan seperti video klip lagu Jikustik yang berjudul Seribu Tahun Lamanya dan sebagai peran figuran pada sinetron lawas, Bukan Perempuan Biasa. BCL dalam waktu singkat juga berhasil mendapatkan bagian pertamanya dalam serial televisi yang berjudul 7 Tanda Cinta.

Awal Mula Karier Industri Musik

Pada 2004, BCL tampil sebagai featuring singer dari PAS Band dan Fikuistik pada salah satu acara panggung. Sejak saat itu, BCL memutuskan untuk fokus di industri musik dan mulai sering merilis lagu-lagu yang hit.

Lagu pertama yang dirilis oleh BCL adalah Saat Kau Pergi pada tahun 2005, sedangkan album pertamanya rilis pada tahun 2006 yang bertajuk Cinta Pertama. Album ini memuat lagu-lagu yang menjadi original soundtrack pada film debut BCL sebagai aktris, yaitu Cinta Pertama. Melalui album dan film Cinta Pertama, nama BCL mulai naik sebagai penyanyi sekaligus artis Indonesia.

Gebrakan Karier BCL

Selain aktif bernyanyi, BCL juga dapat memerankan tokoh pada sebuah film. Tahun 2012, BCL membuat gebrakan dengan berperan sebagai Ainun pada film Habibie dan Ainun, yang menceritakan kisah cinta Presiden Indonesia ke-3, B.J. Habibie dan sang istri. Film yang ia mainkan bersama Reza Rahardian sebagai Habibie, sukses meraih 4,6 juta penonton dan menjadi salah satu momen ikonik dalam sejarah karier BCL.

Pada 2017, BCL mengadakan konser tunggalnya yang bertajuk It's Me BCL, yang digadang-gadang sebagai konser dengan biaya produksi tertinggi sepanjang masa di Indonesia. Di konser ini, BCL berkolaborasi dengan pengarah kreatif asal Los Angeles, The Squared Division.

BCL juga sempat dipercayakan sebagai penyanyi salah satu lagu resmi Asian Games 2018 yang berjudul Dance Tonight. Berbagai karya ikonik dan prestasi membanggakan telah dicetak BCL sepanjang kariernya di industri hiburan, terutama musik, salah satunya Badai Telah Berlalu yang raih penghargaan AMI Awards 2023 bersama Diskoria dan laleimanino.

Pilihan Editor: Saat BCL dan Ariel Noah Duet di Circus Concerto, Antara Chemistry dan Atraksi

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."