4 Rutinitas Pagi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang bermeditasi. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang bermeditasi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda kerap bangun pagi terlambat, kemudian terburu-buru untuk mandi, berpakaian, sarapan, dan berangkat kerja? Meskipun Anda mungkin bisa melakukannya untuk saat ini, rutinitas pagi yang penuh stres dan serba cepat ini mungkin merugikan Anda dalam jangka panjang. Bila itu yang tengah Anda rasakan, pertimbangkan menerapkan rutinitas pagi yang sehat sekaligus berkomitmen (tidak harus terlalu lama) untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan. Dengan begitu, Anda bisa melanjutkan hari dengan pikiran jernih sepanjang sisa hari. Berikut ini empat rutinitas pagi yang perlu diterapkan menurut dokter medis Mark Hyman.

1. Dapatkan Sinar Matahari Alami setelah Bangun Tidur

Setelah bangun tidur, pastikan mata Anda tidak terkena cahaya biru dari ponsel Anda. Tinggalkan telepon dan keluarlah untuk memaparkan mata Anda pada cahaya pagi yang alami. Mendapatkan paparan sinar matahari di pagi hari membantu mengatur ulang jam tidur internal tubuh Anda.

Saat Anda mendapat cahaya terang di pagi hari, hal ini dapat membantu Anda merasa lebih waspada di siang hari. Selain itu, sinar matahari meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh yang dibutuhkan untuk memproduksi melatonin di malam hari. Ini membantu Anda merasa mengantuk di malam hari dan tertidur tepat waktu di malam hari.

2. Meditasi

Meditasi membantu mengurangi stres, kecemasan, depresi dan meningkatkan daya ingat, kesadaran emosional, fokus dan kebahagiaan secara keseluruhan, menurut dokter. Pastikan Anda menjadikan meditasi sebagai bagian dari rutinitas pagi Anda, meskipun hanya selama 20 menit.

Meditasi tidak harus menjadi praktik yang rumit dan tidak ada cara tunggal untuk bermeditasi. Anda dapat mencoba gaya berbeda dan melihat mana yang cocok untuk Anda.

3. Olahraga

Berolahraga adalah kunci penuaan yang sehat. Anda dapat menggabungkan kardio, latihan kekuatan, dan yoga untuk menciptakan rutinitas olahraga yang sehat. Ide untuk kardio termasuk berjalan kaki atau bersepeda.

Untuk latihan kekuatan, Anda dapat melakukan latihan beban tubuh atau menggunakan peralatan atau mesin berdasarkan akses dan ketersediaan Anda. Yoga hadir dengan manfaat kesehatan yang tiada habisnya. Jika Anda baru mengenal salah satu latihan teknis yang disebutkan di atas, pastikan Anda melakukannya di bawah pengawasan ahlinya untuk mencegah cedera.

4. Makanlah Sarapan yang Rendah Glikemik

Artinya sarapan yang tinggi protein dan rendah pati. Menurut dokter, ini akan membantu menstabilkan gula darah Anda sepanjang hari. Ini termasuk biji-bijian seperti oat, apel, jeruk, beri, persik, pir, dan plum. Susu dan yogurt adalah pilihan rendah glikemik yang bagus. Kacang-kacangan yang bisa Anda makan termasuk buncis, buncis, lentil, dan kacang tanah.

Pilihan Editor: 7 Rutinitas Pagi untuk Menjaga Kadar Gula Darah Stabil

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."