5 Tips Membuat Kontur Wajah, Buat Bayangan di Tepi Garis Rahang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi contouring makeup. Freepik.com

Ilustrasi contouring makeup. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Selain foundation dan concealer, bagian yang tidak kalah penting ialah mengaplikasikan kontur wajah agar makeup terlihat presisi. Namun, membuat kontur wajah juga membutuhkan tips atau langkah-langkah yang tepat. 

Berikut lima tips membuat kontur wajah 

1. Pilih Produk yang Tepat

Kontur yang bagus pada akhirnya bergantung pada pemilihan produk yang tepat, baik dari segi konsistensi dan warna. Untuk pemakaian jangka panjang, pertimbangkan untuk menggunakan formula krim atau cair dengan bedak. Mungkin yang lebih penting dari konsistensi adalah menemukan shade yang tepat. Meskipun secara teknis Anda bisa menggunakan bronzer untuk membentuk wajah, ada alasan mengapa keduanya dianggap sebagai langkah terpisah. 

Meskipun bronzer dimaksudkan untuk menghangatkan kulit, kontur dimaksudkan untuk meniru dan mempertegas bayangan alami wajah. Hasilnya, bronzer cenderung lebih hangat dengan warna dasar oranye, sedangkan kontur seharusnya lebih dingin, dengan lebih banyak warna dasar abu-abu. 

2. Ukir Tulang Pipi

Mulai tepat di atas tulang pipi, atau di sekitar tempat dimulainya cambang, gambarlah garis diagonal ke bawah, dan berakhir di tengah pipi. Gunakan tekanan ringan—Anda selalu dapat menambah warnanya nanti, dan garis-garis yang kasar dan parah sangat sulit untuk dibaurkan. Selain itu, pastikan kontur tetap berada di sisi pipi Anda, berhenti sebelum mengenai iris mata; lebih jauh lagi dan Anda berisiko merusak ilusi tersebut.

Ratakan kontur Anda, gosok perlahan hingga tidak ada garis kasar. Menurut penata rias Dani Parkes, gunakan sapuan ke atas untuk mengangkat wajah dan hindari menyeret kontur Anda ke bawah. Dan ingat, selalu lebih baik melakukan overblend daripada underblend. Ulangi di sisi lain.

3. Tentukan Garis Rambut

Mendefinisikan garis rambut dapat memanjangkan atau memperpendek wajah tergantung pada teknik Anda. Untuk memperpendek wajah, aplikasikan kontur pada dahi, sapukan produk maju mundur di sepanjang garis rambut Anda dari satu pelipis ke pelipis lainnya dalam bentuk U terbalik. Tingkatkan warna secara ringan dengan sentuhan ringan, gunakan sentuhan yang lebih ringan di bagian tengah dahi dan sepanjang pelipis. Untuk menciptakan hasil akhir yang benar-benar alami dan tanpa cela, padukan sedikit hingga ke garis rambut.

Untuk memanjangkan wajah, aplikasikan kontur pada kedua sisi garis rambut tanpa menyambungkannya di tengah. Pastikan untuk menggunakan gerakan menyapu ringan dan membaurkan sedikit ke garis rambut agar terlihat lebih alami. Kemudian, tambahkan garis diagonal pendek di pelipis, di sekitar ujung alis, hingga ke garis rambut.

4. Pahat Garis Rahang

Dengan menggunakan garis pendek dan sapuan ringan, buat bayangan tepat di bawah atau di sepanjang tepi garis rahang—sekali lagi, ini sebagian besar didasarkan pada preferensi pribadi, jadi coba-coba penempatannya sampai Anda menemukan yang Anda suka. Mulailah dari pangkal rahang hingga ke dagu (dan kemudian kembali ke pangkal rahang di sisi yang berlawanan) dan ratakan ke bawah, rentangkan produk sedikit ke bawah leher.

5. Memahat Hidung dan Mata

Pembuatan kontur selalu bersifat opsional, tetapi langkah ini khususnya demikian—saya biasanya membentuk bagian mata, tetapi tidak menggunakan bagian hidung.  Untuk membentuk hidung, Parkes menyarankan untuk mengikuti garis lipatan dari kelopak mata bagian dalam, tepat di bawah alis, ke hidung, dan menggunakannya sebagai pedoman imajiner. Jangan mengaplikasikan produk melewati ujung hidung. 

Semakin dekat garis Anda ke pangkal hidung, semakin kuat efeknya. Ulangi pada mata yang lain dan sisi hidung yang lain. Jika Anda ingin membentuk ujung hidung, gunakan kuas Anda untuk membuat garis horizontal tipis yang menghubungkan dua garis sejajar tepat di atas ujungnya.

Pilihan Editor: Mau Perawatan Kontur Wajah, Waspadai Dokter Sales

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."