Kamila Andini Ungkap Cerita Menarik di Balik Serial Gadis Kretek, Terkesan pada Peracik Saus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kamila Andini/Foto: Instagram/Kamila Andini

Kamila Andini/Foto: Instagram/Kamila Andini

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSerial Gadis Kretek besutan Kamila Andini sudah tayang di platform streaming Netflix pada Kamis, 2 November 2023. Melalui konferensi pers, Kamila Andini menceritakan kesannya saat menyutradarai serial yang dibintangi oleh Dian Sastro dan Ario Bayu ini.

Menurut Kamila, waktu pertama kali membaca novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala yang diperkenalkan oleh Ifa Isfansyah -yang juga menjadi sutradara- beberapa tahun lalu. Pada waktu Kamila membacanya ia sangat terkesn karena begitu kaya. Ada kisah cinta yang epik, peliknya drama keluarga, dan ambisi industri kretek yang luar biasa.

"Rasanya seperti membawa saya ke dunia baru, ternyata di belakang industri kretek ada yang namanya pekerjaan peracik saus. Dan, kehidupan Jeng Yah sebagai peracik saus ini sangat luar biasa. Karena begitu kaya, akhirnya yang awalnya film berkembang jadi serial," ucap Kamila Andini saat konferensi pers serial Gadis Kretek, Rabu, 1 November 2023 di Jakarta. 

Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu dalam serial Gadis Kretek. Dok. Netflix

Selain itu, Kamila juga sangat terpukau dengan karakter Dasiyah atau Jeng Yah yang diperankan dengan apik oleh Dian Sastro. "Saya seperti melihat sosok Kartini di industri kretek dalam diri Jeng Yah. Saya melihat ada spirit dan perjalanan dia yang penuh dengan tragedi," ucap Kamila.

Namun, Kamila tidak ingin terjebak pada tragedi yang menjadikan perempuan sebagai korban, tetapi ia ingin membangkitkan spirit yang harus diteruskan dari masa lalu untuk masa kini.  

Kekuatan perempuan yang dikatakan Kamila menjelma dalam peran Dasiyah dan Arum dalam waktu berbeda. tetapi memiliki tantangannya masing-masing. "Spirit Dasiyah di sini digambarkan sangat kuat dan teguh dengan pendiriannya, begitu pula dengan Arum di zaman yang berbeda," imbuh Kamila.

Sebagai informasi, Gadis Kretek juga didukung oleh sederet aktor ternama lainnya seperti Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

Pilihan Editor: Cara Putri Marino Dalami Peran Arum di Serial Gadis Kretek, Dengarkan Lagu Tenda Biru

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."