Ada 32 Kategori Penghargaan di Tokopedia Beauty Awards 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi skincare pouch atau makeup pouch. Freepik.com

Ilustrasi skincare pouch atau makeup pouch. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perusahaan teknologi, Tokopedia kembali menghadirkan Tokopedia Beauty Awards 2023 dengan membuka fase voting pertama terhadap merek kecantikan dan perawatan tubuh favorit lewat aplikasi Tokopedia hingga Minggu, 5 November 2023. Fase voting kedua akan berlangsung sepanjang 6-19 November 2023.

Oiya ada 32 kategori penghargaan di Tokopedia Beauty Awards 2023 dari Best Toner/Essence, Best Serum, Best Moisturizer, Best Face Cleanser hingga Best Sun Care. Deretan kategori tersebut termasuk produk perawatan kulit alias skincare.

Sementara untuk produk body care, ada kategori Best Body Wash, Best Body Care, Best Hair Care, Best Hair Grooming, Best Shampoo, hingga Best Women's Fragrance. Selain produk favorit, kamu juga memilih Best Newcomer hingga Fastest Growing Brand untuk Vote Brand Terbaik.

“Tokopedia Beauty Awards adalah ajang penghargaan tahunan sekaligus upaya Tokopedia untuk mengapresiasi dan mendorong produk dari brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh agar makin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia," kata Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli dalam siaran pers yang diterima Cantika, Jumat, 3 November 2023.

Menurut Stefanie, pada Tokopedia Beauty Awards 2022 lalu, antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam melakukan voting, terbukti dengan ratusan ribu votes dari masyarakat di seluruh Indonesia. Hal itulah yang mendorong Tokopedia untuk kembali menghadirkan Tokopedia Beauty Awards 2023.

Hasil pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023 akan diumumkan pada malam penganugerahan pada Desember 2023 mendatang.

“Para pemenang akan mendapat berbagai keuntungan untuk menunjang usaha, mulai dari badge Tokopedia Beauty Awards untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, peluang untuk mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia secara eksklusif, modal untuk pemasaran, dan masih banyak lagi,” jelas Stefanie.

Tokopedia Beauty Awards 2023. Foto: Dok. Tokopedia

Tren Belanja Online Produk Kecantikan

Tren belanja daring atau online semakin diminati di era digital. Produk kebutuhan dasar seperti pangan hingga perawatan diri bisa dibeli via daring. Nah, kali ini kita mengulik tren belanja online produk kencantikan di Tokopedia yang eksis sejak 14 tahun silam.

Tokopedia mencatat berbagai data menarik seputar tren belanja online produk kecantikan dan perawatan tubuh, selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi.

“Jumlah transaksi pada kategori produk Perawatan Wajah naik hampir 2 kali lipat di semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi. Sedangkan, jumlah transaksi pada kategori produk Perawatan Tubuh naik hampir 3 kali lipat,” kata Stefanie.

“Dari segi jumlah penjual, pada periode yang sama, kategori produk Perawatan Tubuh mengalami kenaikan jumlah penjual hampir 2 kali lipat. Sedangkan dari segi jumlah pembeli, kategori produk Kecantikan mencatat lonjakan jumlah pembeli hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, jumlah pembeli pada kategori produk Perawatan Tubuh naik lebih dari 4 kali lipat,” tambah Stefanie.

“Selama semester I 2023 kami mencatat beberapa produk yang paling laris. Misalnya di kategori produk Perawatan Wajah serta Kecantikan, produk yang paling laris adalah cleanser wajah, serum wajah dan krim wajah, sedangkan produk yang paling laris di kategori produk Perawatan Tubuh yaitu sabun mandi, sampo,, dan parfum,” ujar Stefanie.

Tokopedia juga mencatat temuan menarik di berbagai daerah. Misalnya, Sumatera Selatan, Bali dan Sulawesi Selatan merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di kategori produk Perawatan Wajah selama semester I 2023 pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 3 kali lipat.

Di sisi lain, Riau, D.I. Yogyakarta dan Bali tercatat sebagai beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di kategori produk Perawatan Tubuh, pada periode yang sama, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 4 kali lipat.

Sedangkan Lampung, Sulawesi Selatan dan Bali menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di kategori produk Kecantikan, masih dalam periode yang sama, dengan peningkatan rata-rata lebih dari 2,5 kali lipat.

Pilihan Editor: Tokopedia Sebut Penjualan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di Yogyakarta Naik 9,5 Kali Lipat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."