Begini Perjalanan Karier Yoo Ah In, Debut di Dunia Hiburan 20 Tahun Lalu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Yoo Ah In ketika menjalani pemeriksaan di kantor polisi di Seoul, Korea. Foto: KBS

Yoo Ah In ketika menjalani pemeriksaan di kantor polisi di Seoul, Korea. Foto: KBS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktor Korea Selatan, Yoo Ah In tengah tersandung kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Kasusnya bergulir sejak Februari 2023 hingga saat ini. Dalam rangkaian pemeriksaan, dia dinyatakan positif narkoba termasuk ganja, propofol, kokain hingga ketamine.

Kabar terakhir dikutip dari Media Korea Munhwa Ilbo pada Kamis, 2 November 2023, aktor berusia 37 tahun itu telah didakwa atas tuduhan mencoba menghancurkan barang bukti, penipuan, pelanggaran Undang-Undang Medis, dan penggunaan narkoba.

Bagi yang belum begitu mengenal Yoo Ah In, berikut sekilas perjalanan karier aktris kelahiran Dong Daegu.

Yoo Ah In, yang sekarang dikenal sebagai salah satu artis papan atas di Korea, telah mengerjakan beragam hal di dunia hiburan, mulai dari akting, menjadi direktur kreatif, hingga menulis. Namun, sebelum namanya mencuat, dia mengalami masa-masa sulit dan terisolasi di rumahnya di Seoul.

Lahir pada tahun 1986 dengan nama lahir Uhm Hong Sik, Yoo Ah In yang berbakat seringkali merasa kesepian dan berbeda dari teman-temannya. Dia mengejar impian menjadi selebriti, yang bertentangan dengan keinginan orang tuanya. Bungsu dari tiga bersaudara ini juga diketahui memutuskan meninggalkan sekolah.

Awal langkahnya di dunia hiburan, dia masuk lewat jalur musik. Namun rencana tak sesuai harapan, dia terpaksa berjuang untuk bertahan hidup di Seoul.

Setelah beberapa perjuangan, Yoo Ah In mendapati panggilan dalam dunia akting. Dia debut akting dalam drama Sharp yang dirilis tahun 2003. Sejak saat itu, tawaran pekerjaan terus mengalir. Meskipun awalnya tak siap untuk sorotan, Yoo Ah In mampu bangkit dan mendapatkan tempatnya dalam industri hiburan melalui karya-karya seperti Sungkyunkwan Scandal, Secret Affair, Veteran, dan The Throne. Karya-karya berikutnya seperti Burning dan Alive terus memperkuat posisinya sebagai aktor berbakat, bahkan Alive berhasil mencetak rekor di box office.

Untuk mendalami peran, Yoo Ah In diklaim aktor berdedikasi tinggi. Salah satu contohnya, dia menaikkan berat badan hingga 15 pound atau hampir 7 kilogram untuk karakter tertentu. Dia juga terkenal karena ketelitian dalam memilih peran dan kemampuannya untuk membawakan berbagai karakter dengan sempurna.

Tahun 2021, dia memerankan pemimpin sekte dalam serial Hellbound. Tahun ini, dijadwalkan dua proyek film yang dia bintangi The Match dan Goodbye Earth tayang. Namun, rencana itu ditunda melihat kasus yang dialami Yoo Ah In 

Dari sisi penghargaan, berkat perannya di film drama sejarah The Throne yang dirilis tahun 2015, Yoo Ah In menyabet penghargaan Aktor Utama Terbaik termuda dalam sejarah industri film Korea. Namun, di balik kesuksesan tersebut, Yoo Ah In mengakui bahwa masa syuting film ini merupakan salah satu masa tersulit dalam hidupnya.

Yoo Ah In juga meraih penghargaan Aktor Terbaik di Blue Dragon Film Awards 2020 berkat perannya di Voice Of Silence.

Selain perjalanan karier akting yang cemerlang, Yoo Ah In juga dikenal sebagai ikon gaya dan menjadi model pertama untuk kampanye global Diesel serta aktor Korea pertama yang menjadi duta merek alias brand ambassador Cartier.

 

Pilihan Editor: 10 Fakta Menarik Lee Do Hyun, Debut di Usia 22 Tahun dan Penuh Perhatian dengan Keluarga

IVANA FELYSITASWATI PALLA | KBIZoom | TEMPO.CO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."