4 Langkah Mudah untuk Menemukan Bentuk Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengetahui bentuk wajah dapat membantu gaya riasan atau makeup yang cocok dengan Anda. Bukan cuma itu, potongan rambut pun bisa disesuaikan dengan fitur wajah Anda. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki bentuk wajah oval, lonjong, persegi, bulat, atau hati, berikut cara menemukannya dalam empat langkah mudah. Yuk, kita simak bersama.

Cara Mengetahui Bentuk Wajah

Untuk mengetahui bentuk wajah, Anda perlu menilai beberapa poin penting yakni dahi, pipi, garis rahang, dan panjang keseluruhan wajah Anda.

Langkah 1: Tarik rambut Anda ke belakang dan perhatikan di mana letak bagian terluas wajah Anda. Jika dahi dan wajah lebih panjang, berarti Anda memiliki wajah oval.

Jika dahi adalah bagian terluas dari wajah Anda dan Anda memiliki dagu yang lancip, maka Anda memiliki wajah berbentuk hati.

Langkah 2: Jika tidak satu pun dari deskripsi tersebut sesuai dengan bentuk wajah Anda, selanjutnya lihat pipi Anda. Jika itu adalah bagian terluas dari wajah dan memiliki garis rahang yang lebih lembut dan melengkung, Anda memiliki wajah bulat.

Jika pipi Anda lebar dan rahang lebih kuat serta bersudut, kemungkinan besar Anda memiliki wajah persegi.

Langkah 3: Masih belum mengidentifikasi bentuk yang tepat? Perhatikan lebih dekat panjang wajah Anda. Jika lebih panjang daripada lebarnya dan Anda mengidentifikasi beberapa fitur yang dijelaskan untuk wajah persegi (misalnya, garis rahang yang kuat dan bersudut), maka Anda memiliki wajah lonjong atau persegi panjang.

Langkah 4: Dan terakhir, jika Anda memiliki dahi yang lebih besar dan dagu yang lebih kecil, namun Anda kurang mengidentifikasi diri Anda memiliki wajah berbentuk hati, lihatlah tulang pipi Anda. Apakah mereka tinggi? Bagaimana jika wajah Anda lebih sempit? Anda mungkin memiliki wajah berlian.

Tip Opsional: Untuk cara cepat dan mudah mengetahuinya, ambil pensil bibir atau eyeliner, dan berdirilah di depan cermin kamar mandi Anda. Dengan menggunakan pensil, telusuri garis luar wajah Anda dan mundur selangkah untuk benar-benar menganalisis apakah bentuknya paling menyerupai lingkaran (bulat), telur (oval), hati, persegi atau persegi panjang. 

Tips Makeup dan Gaya Rambut sesuai Bentuk Wajah

1. Bentuk Wajah Bulat

Chrissy Teigen. Instagram.com/@chrissyteigen

Ciri-ciri utama: Pipi dan tulang pipi Anda adalah bagian terlebar dari wajah Anda, panjang dan lebar wajah Anda cukup seimbang, dan Anda memiliki garis rahang yang lebih lembut dan dagu yang membulat tanpa sudut atau tepi yang tajam pada wajah Anda.

Gaya rambut yang perlu dipertimbangkan: Poni tirai panjang yang jatuh di kedua sisi wajah Anda dan lebih bervolume di bagian atas. 

Tips makeup: Oleskan perona pipi lebih tinggi pada pipi daripada pada bagian yang paling berdaging (alias apel) dan jaga agar alis Anda tetap penuh dan melengkung di ujungnya untuk membingkai wajah Anda dengan lebih baik dan menciptakan simetri.

Selebriti dengan wajah bulat: Chrissy Teigen, Ginnifer Goodwin, Emma Stone,dan Elizabeth Olsen.

2. Bentuk Wajah Oval

Meghan Markle saat menjadi pembicara di "The Power of Women: An Evening with Meghan, The Duchess of Sussex" di Indianapolis Marriott Downtown, Selasa 29 November 2022. Instagram.com/@_duchess_of_sussex

Ciri-ciri utama: Panjang wajah cukup proporsional dengan lebarnya, dagu membulat, dan kontur wajah lembut tanpa sudut tajam.

Gaya rambut yang perlu dipertimbangkan: Gaya rambut ditarik ke belakang yang ramping, poni lembut dan tumpul yang memotong lurus ke seluruh wajah Anda. 

Tips makeup: Lewati kontur yang tebal dan aplikasikan warna secukupnya. Bayangkan semburat perona pipi di bagian atas pipi Anda dan sedikit highlighter krim di sepanjang bagian atas tulang pipi Anda.

Selebriti dengan wajah oval: Meghan Markle, Halle Berry, Olivia Munn, dan Kelly Rowland.

3. Bentuk Wajah Lonjong

Jessica Alba, aktris asal Amerika Serikat kelahiran 28 April 1981. Foto: Instagram/@jessicaalba

Ciri-ciri utama: Wajah Anda lebih panjang daripada lebarnya, dagu Anda biasanya membulat, dan garis rahang Anda cukup kuat.

Gaya rambut yang dipertimbangkan: Tonjolkan poni dan teksturnya. Panjang, miring ke samping atau keriting, poni apa pun akan menyanjung bentuk wajah Anda dan membantu menyeimbangkan panjangnya. Tekstur bergelombang atau ikal menambah lebar fitur Anda, sedangkan gaya lurus dapat semakin memanjangkan wajah Anda.

Tips makeup: Oleskan perona pipi pada bagian atas pipi Anda dan ratakan warnanya ke arah sisi wajah Anda untuk menciptakan ilusi lebih lebar.

Selebriti dengan wajah lonjong: Alexa Chung, Jessica Alba, dan Julianne Moore.

4. Bentuk Wajah Persegi

Tampilan makeup Olivia Wilde di Met Gala 2023 yang terinspirasi Choupette, kucing Karl Lagerfeld. Instagram.com/@missjobaker

Ciri-ciri utama: Dahi dan tulang pipi Anda memiliki lebar yang hampir sama (mirip dengan wajah bulat), namun Anda memiliki garis rahang yang lebih kuat dengan sudut yang tajam.

Gaya rambut yang perlu dipertimbangkan: Potongan yang tepat di bawah garis rahang Anda (misalnya bob panjang), poni samping, volume di bagian akar, tekstur acak-acakan untuk menambah kelembutan pada keseluruhan fitur Anda.

Tips makeup: Fokuskan perona pipi pada bagian atas pipi Anda untuk membulatkannya, dan haluskan sekeliling wajah Anda dengan sedikit kontur dalam warna yang satu hingga dua warna lebih gelap.

Selebriti dengan wajah persegi: Zendaya, Olivia Wilde, Lucy Liu, dan Cameron Diaz.

5. Bentuk Wajah Hati

Lili Reinhart. Instagram.com/@lilireinhart

Ciri-ciri utama: Dahi Anda lebih besar dan lebar, dagu Anda lancip (seperti hati) dan garis rahang Anda bersudut serta tegas.

Gaya rambut yang perlu dipertimbangkan: Poni panjang dengan sapuan ke samping cocok untuk wajah berbentuk hati karena membantu menyeimbangkan dahi dan dagu.

Tips makeup: Sapukan bronzer di sepanjang garis rambut dan di sisi dahi, dan sorot bagian atas pipi dan di bawah tulang alis.

Selebriti dengan wajah berbentuk hati: Reese Witherspoon, Lili Reinhart, Constance Wu, dan Kerry Washington.

6. Bentuk Wajah Berlian

Jennifer Lopez (Instagram/@jlo)

Ciri-ciri utama: Mirip dengan wajah berbentuk hati, hanya saja dahi Anda lebih kecil dan tulang pipi Anda lebih tinggi.

Gaya rambut yang perlu dipertimbangkan: Rambut panjang dengan lapisan, bagian samping yang dalam, kepenuhan di bagian bawah rambut untuk menyeimbangkan bagian bawah wajah Anda.

Tips makeup: Tonjolkan fitur tajam Anda dengan sedikit kontur di sepanjang pelipis dan tepat di bawah tulang pipi. Tambahkan highlighter pada bagian atas wajah Anda untuk menarik perhatian ke atas dan ke luar.

Selebriti dengan wajah berbentuk berlian: Jennifer Lopez, Scarlett Johansson, Tyra Banks, dan Eiza González.

Pilihan Editor: 7 Tips Makeup Flawless ala Artis Korea

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."