12 Teh Herbal untuk Meredakan Perut Kembung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh chamomile. Foto: Freepik.com

Ilustrasi teh chamomile. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perut kembung menimbulkan rasa tidak nyaman yang menganggu keseharian. Salah satu cara alami untuk meredakan perut kembung adalah menyeruput teh herbal. Mengapa demikian?

Menurut Rachelle Robinett, ahli herbal terdaftar (AHG), pendiri Pharmakon Supernatural dan HRBLS, ramuan herbal dapat mengendurkan otot-otot di saluran pencernaan untuk meredakan kram dan kembung, serta mendorong pencernaan, penyerapan, dan motilitas yang baik. Dia juga merekomendasikan ramuan dan akar pahit untuk mendukung pencernaan yang sehat. 

“Apa pun yang pahit lebih baik daripada tidak sama sekali—bahkan mengunyah daun arugula sebelum makan pun bisa membantu saat perut kembung,” katanya dikutip dari Real Simple, 26 Oktober 2023.

Berikut deretan teh herbal untuk meredakan perut kembung

1. Teh Chamomile 

Teh kamomil atau chamomile adalah salah satu pilihan teh herbal yang membantu mengatasi gangguan gastrointestinal (GI) sebagai agen anti-inflamasi yang kuat.

2. Teh Earl Grey  

Selain memberikan rasa dan aroma yang khas, kandungan minyak bergamot dalam teh Earl Grey dapat membantu meredakan perut kembung.

3. Teh Wormwood

Wormwood adalah salah satu tambahan umum pada campuran teh dan membantu meredakan kembung. Faktanya, penelitian menunjukkan wormwood efektif melawan sejumlah masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, gastritis (radang lapisan lambung), sakit perut, gas, yang semuanya dapat menyebabkan gejala kembung.

4. Teh Peppermint  

Baik itu minyak peppermint, ekstrak, atau daun utuh, bahan populer ini juga dapat membantu mengatasi kembung. Teh peppermint telah terbukti menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk gejala dan nyeri yang terkait dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) menurut meta -analisis tahun 2019.

Dan meskipun IBS mungkin bukan penyebab utama kembung Anda, pereda gejala pada saluran pencernaan ini menjadi pertanda baik bagi siapa pun yang berjuang melawan kembung dan nyeri yang terkait dengannya. Lebih lanjut, meta-analisis tahun 2020 menemukan bahwa peppermint menenangkan usus besar selama prosedur kolonoskopi, yang dapat meredakan kembung jika akar penyebabnya adalah iritasi usus besar.

5. Teh Akar Dandelion  

Sebagai minuman pahit lainnya, teh akar dandelion adalah pilihan yang bagus untuk meredakan kembung. Sebuah studi tahun 2022 menemukan ramuan ini efektif mengurangi peradangan di seluruh saluran pencernaan.

Faktanya, para peneliti mencatat kemanjurannya dalam mengatasi refluks asam, gangguan pencernaan, maag, maag, dan radang usus besar (atau radang usus besar)—penyebab umum di balik perut kembung.

6. Teh Adas  

Selain populer sebagai sayuran, adas juga terbukti bermanfaat meredakan perut kembung, dan benar-benar dapat dikonsumsi dalam bentuk teh untuk mendapatkan manfaat ini. Sayuran aromatik ini telah digunakan sebagai obat untuk segala keluhan usus seperti kembung selama beberapa dekade.

Penelitian pada ayam broiler menemukan bahwa suplementasi adas berdampak positif terhadap integritas lapisan usus, menunjukkan adanya mekanisme yang dapat membantu meredakan kembung

7. Teh Akar Burdock  

Akar burdock adalah salah satu bahan pahit yang dapat menghilangkan rasa tidak nyaman pada saluran cerna seperti kembung. Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa ekstrak akar burdock cukup mengurangi produksi asam lambung. Artinya, jika Anda menderita refluks asam atau sakit maag, di mana produksi asam berlebih memicu gejala kembung, teh akar burdock bisa menjadi tambahan yang bermanfaat.

Sementara itu, uji klinis pada tahun yang sama menemukan bahwa burdock dapat membantu melawan infeksi H. pylori, penyebab umum sakit maag dan peradangan umum pada lapisan lambung yang dapat menyebabkan perut kembung.

8. Teh Kayu Manis  

Kayu manis adalah rempah yang bisa membantu meredakan kembung dan dapat dengan mudah disiapkan untuk dibuat teh.

Untuk membuat teh kayu manis buatan sendiri yang cepat untuk meredakan perut kembung, cukup campurkan air panas dengan kayu manis bubuk atau rebus batang kayu manis dalam air selama 10 hingga 15 menit. Manfaatnya akan lebih besar jika Anda juga mencampurkan kayu manis dengan satu atau dua ramuan lain dalam daftar ini.

9. Teh Lemon 

Teh lemon telah digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan selama beberapa dekade, dengan sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa lemon dapat membantu meningkatkan motilitas usus yang sehat, yakni membantu memindahkan makanan yang tidak tercerna penyebab kembung dan ketidaknyamanan melalui saluran pencernaan.

Ulasan lain mencatat bahwa lemon memiliki sifat anti-inflamasi yang kuar untuk meredakan nyeri di usus sekaligus menenangkan jaringan sistem organ penting ini. 

10. Teh Thyme

Thyme merupakan bahan teh anti kembung yang mudah ditemukan dengan sifat karminatif, membantu meredakan ketegangan otot pada saluran pencernaan. Jika Anda berada dalam keadaan darurat, tambahkan beberapa tangkai thyme segar atau bahkan thyme kering ke dalam secangkir air panas dan minumlah hingga Anda merasa lega.

11. Teh Jahe  

Jahe dan produk turunan jahe, seperti ginger ale, teh jahe , dan jahe kunyah, merupakan saran yang terkenal untuk meredakan sakit perut. Ada begitu banyak penelitian yang mendukung penggunaan jahe sebagai obat rumah tangga anti-inflamasi yang umum.

Jahe terbukti menenangkan perut, terutama saat timbul gejala seperti mual dan muntah. Temuan ini tergambar dalam meta-analisis tahun 2019 pada pasien pasca kemoterapi, analisis tahun 2022 pada ibu hamil, dan review pada pasien pasca operasi. Efek jahe yang menenangkan secara umum pada saluran pencernaan juga dapat membuat perbedaan besar pada gejala kembung.

12. Teh Akar Gentian  

Sebagai obat pahit pencernaan, akar gentian telah digunakan dalam praktik pengobatan tradisional selama bertahun-tahun untuk meredakan sakit perut dan mendukung pencernaan. Hal ini sebagian disebabkan oleh kuatnya sejumlah senyawa tumbuhan bioaktif yang dikandungnya, yang mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk di dalam saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan kembung dan gas.

Tips Membuat Teh Herbal untuk Meredakan Perut Kembung

Ketika memilih atau membuat teh herbal untuk meredakan kembung, pastikan bahan-bahan yang Anda gunakan berkualitas baik. Anda juga bisa mencampurkan beberapa bahan herbal untuk menciptakan campuran yang lebih kuat. Oiya, rendam ramuan herbal Anda selama sekitar 15 menit untuk mendapatkan teh yang lebih efektif.

JIka Anda sedang mengalami perut kembung, pertimbangkan untuk mencoba salah satu dari teh herbal di atas. Semoga Anda menemukan yang cocok dan merasa lebih baik dalam waktu singkat.

Pilihan Editor: 5 Teh Herbal untuk Redakan Stres

IVANA FELYSITASWATI PALLA | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."