Cara Mengurai Kalung yang Kusut, Peniti dan Permukaan Rata Berperan Penting

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika mengambil kotak perhiasan, kita menemukan kalung yang kusut atau tersangkut dengan sekumpulan kalung lainnya. Hal ini bisa membuat frustrasi, tetapi hal ini terjadi pada hampir semua pecinta perhiasan.

Jika kamu tengah mengalami hal itu, berikut tips mengurai rantai kalung yang kusut menurut George “George The Jeweler” Khalife, dikutip dari Real Simple, Kamis, 26 Oktober 2023.

Cara Mengurai Kalung Satu Rantai

1. Letakkan rantai di permukaan yang rata dan keras, seperti dapur, meja, atau meja makan.

2. Temukan peniti, pin, atau benda tajam apa pun, serta pinset (peniti alis bisa digunakan).

3. Temukan bagian tengah simpul dan mulailah mengetuk dengan pin. Ketuk di antara rantai dan simpul sebenarnya, bukan langsung pada rantai.

4. Ulangi proses ini dengan menggunakan kekuatan ringan hingga sedang, berhati-hatilah agar tidak merusak rantai. Anda akan mulai melihat simpulnya bergeser dan mengendur. Lanjutkan mengetuk.

5. Setelah Anda cukup mengendurkannya untuk memasukkan pinset, gunakan pinset untuk membuka simpul lebih jauh hingga Anda dapat melepaskannya.

6. Jika simpulnya membandel, tahan keinginan untuk memutuskannya. Terus ketuk dan pertimbangkan untuk mencari pin yang lebih tajam jika perlu.

Cara Mengurai Kalung Banyak Rantai

1. Gunakan metode mengetuk yang sama pada permukaan keras, dimulai dengan simpul yang lebih besar terlebih dahulu.

2. Ketuk dengan pin untuk melonggarkan simpulnya, dan gunakan pinset untuk membuka simpul dan sisir dari simpul ke arah luar untuk menariknya keluar.

3. Perlakukan rantai seperti Anda memperlakukan rambut Anda (ingatlah untuk tidak menggunakan terlalu banyak tenaga karena rantai itu halus). 

4. Jika Anda masih kesulitan, cobalah berfokus pada satu rantai di satu waktu, mulai dengan rantai yang lebih mudah untuk diurai. Kemudian lanjutkan ke yang berikutnya.

5. Jika semuanya gagal, dan Anda sudah melakukannya cukup lama, bawalah ke toko perhiasan terdekat untuk mendapatkan bantuan, sehingga Anda tidak merusak rantainya.

Cara Menghindari Kalung yang Kusut

1. Pisahkan kalung yang lebih tipis dan mungil, terutama jika jenis rantainya berbeda. Rantai lebih cenderung kusut karena perbedaan berat.

2. Lepaskan liontin dari kalung saat menyimpannya.

3. Simpan kalung di dalam kotak tempatnya atau di dalam kantong plastik kecil. 

4. Biarkan pengait kalung menggantung di luar kotak guna mencegah terbentuknya simpul dan kusut jika pengait lebih berat daripada rantai.

Pilihan Editor: Mengulik Koleksi Kalung Mutiara Kamala Harris, Ada yang Senilai Rp 114 Juta

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."