Cerita Maudy Ayunda dan Patricia Davina Merintis Skincare Lokal, Riset Mendalam jadi Kunci

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Maudy Ayunda meluncurkan From This Island, merek perawatan kulit lokal yang terbuat dari bahan-bahan asli Indonesia yang dipadukan dengan science dan teknologi terkini di Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023/Foto: Ecka Pramita

Maudy Ayunda meluncurkan From This Island, merek perawatan kulit lokal yang terbuat dari bahan-bahan asli Indonesia yang dipadukan dengan science dan teknologi terkini di Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023/Foto: Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menggandeng Patricia Davina, aktris dan penyanyi Maudy Ayunda merilis produk skincare lokal atau perawatan kulit yang diambil dari kekayaaan flora tanaman lokal di Indonesia. Terdiri dari empat produk unggulan - Java Black Tea Soothing Gel Cleanser, Mangosteen Brightening Serum, Tropical Guava Barrier Moisture Gel, dan Papua Red Fruit Plumping Cream. 

Maudy mengatakan proses persiapan skincare lokal yang mereka namai dengan From This Island ini butuh waktu yang tidak sebentar dan memulainya dari riset mendalam. "Untuk prosesnya kita lumayan masih panjang sampai pada ingredients yang memang cocok untuk bahan utama. Karena buat aku fresh bangun pagi setelah membersihkan muka di malam hari dengan ingredients alami rasanya sangat menyenangkan."

"Jadi waktu itu kita mau masuk ke skincare, setelah kita banyak riset, inspirasinya datang dari Indonesia sebagai pulau terbesar di dunia, dan kalau kita ngomongin kekayaan alam yang bahannya unik, ya, cuma ada di Indonesia," ucap Maudy saat peluncuran From This Island, Jumat, 27 Oktober 2023. 

"Karena kami benar-benar pengen mengangkat tentang hal unik yang ditemukan di Indonesia dan juga cerita-cerita kearifan lokal. Kami juga ceritakan tentang bagaimana tanaman-tanaman kita ini sudah digunakan secara turun temurun, itu cerita yang membuat aku personally penting sekali untuk diangkat." 

Maudy Ayunda melunciurkan From This Island, merek perawatan kulit lokal yang terbuat dari bahan-bahan asli Indonesia yang dipadukan dengan science dan teknologi terkini di Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023/Foto: Doc. From This Island

Maudy mengatakan untuk peluncuran seri pertama ini mereka menggunakan botani yang ada di Indonesia, setiap Hero Ingredients bisa ditelusuri kembali di komunitas petani petani yang ada di pulau-pulau di Indonesia.

"Nah, karena aspirasi dan ambisinya seperti ini, aku sama tim ngasih tahu oke kita membutuhkan expertis. Jadi kita itu membutuhkan expert khusus formulasi, expert untuk riset, dan juga spesialis expert segmentasi konsumen," papar Maudy. 

Tidak setengah-setengah, Maudy dan Patricia memulainya dari Sabang sampai Merauke dengan meneliti atau riset dulu botani apa saja yang bisa dipakai sebagai bahan utama atau hero ingredients. "Kami kayak enggak mau random cuma dari ekstraknya saja, tetapi memang tumbuhan itu punya manfaat untuk pembuatan utama bahan skincare."

Termasuk, lanjut Maudy pada penelitian buah merah asal Papua yang Maudy rasakan sangat intens dan menantang, karena belum banyak dipakai sebagai bahan utama skincare. 

"Kami juga kombinasikan dengan secara sintetis dengan standar yang lebih tinggi, mulai dari konsul sama expert bagaimana men-develop produk yang aman. Yang bener-bener ada uji klinisnya sebenarnya karena itu banyak semua produk kita itu yang safety skin. Dari ingredients-nya sendiri sangat save dan efektif," tambah pelantun Perahu Kertas ini. 

Selain itu, kedepannya Maudy juga akan senantiasa mengedepankan riset dan teknologi melalui kerjasama dengan pemerintah dan akademisi dalam meneliti tanaman lokal Indonesia untuk kosmetik untuk produk selanjutnya.

Pilihan Editor: Cerita Maudy Ayunda Soal Percintaan, Punya Prinsip dan Batasan saat Menjalin Hubungan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."