5 Suplemen untuk Tampilan Kulit Glowing

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita merawat kulit. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita merawat kulit. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain menggunakan produk perawatan kulit secara eksternal atau dari luar, mengonsumsi suplemen kulit juga memengaruhi tampilan kulit bercahaya atau glowing. Menurut para ahli, memasukkan suplemen tersebut ke dalam rutinitas harian Anda dapat menutrisi tubuh sekaligus mendukung kesehatan kulit, termasuk kulit glowing.

Menurut Mihir Gadani, salah satu Pendiri lini kecantikan OZiva, berikut beberapa suplemen yang dapat membantu kulit glowing.

1. Pembangun Kolagen

Kolagen adalah protein dalam tubuh manusia yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan kulit, efek anti penuaan, dan menjaga elastisitas kulit. Sayangnya, produksi kolagen alami menurun setelah usia 25 tahun karena berbagai faktor termasuk paparan sinar ultraviolet (UV) dan polusi.

Hal ini menyebabkan pentingnya suplementasi kolagen atau penggunaan pembangun kolagen untuk menjaga tingkat kolagen yang optimal. Meskipun sumber kolagen tradisional seringkali berasal dari laut dan tidak cocok untuk vegetarian, kemajuan dalam pemahaman ilmiah telah mengarah pada pengembangan pilihan ramah vegetarian seperti pembangun kolagen dan peptida protein pro-kolagen.

Alternatif ini menggunakan bahan-bahan seperti Acai Berry, Acerola Cherry, dan Sea Buckthorn, yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, dan asam lemak omega yang dibutuhkan untuk perbaikan dan peremajaan kulit.

Peran kolagen dalam kekuatan kulit, elastisitas dan kohesi sel sangat penting. Pembangun kolagen nabati diformulasikan untuk penyerapan yang efektif, mendukung manfaat anti-penuaan bila dikonsumsi secara konsisten selama delapan minggu. Beberapa makanan kaya kolagen adalah kacang-kacangan, kacang-kacangan, buah beri dan buah jeruk.

2. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu rahasia untuk mendapatkan kulit glowing. Ini adalah antioksidan efektif yang memainkan peran penting dalam produksi kolagen dan melindungi kulit dari efek merusak radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Vitamin C membantu menghidrasi kulit dan kapsul nabatinya sempurna untuk detoksifikasi kulit. Membantu mencerahkan kulit, memudarkan flek hitam, dan membuat warna kulit lebih merata.

Dengan memasukkan Vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulit, seseorang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan alami kulit dan mencapai penampilan yang lebih sehat dan bercahaya. Bisa juga ditemukan pada buah jeruk, stroberi, brokoli, dan kentang.

3. Vitamin E

Vitamin E adalah nutrisi penting lainnya untuk kulit glowing. Sebagai antioksidan kuat, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan radiasi UV.

Vitamin E juga membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit, sehingga kulit tampak terhidrasi dan sehat. Cobalah suplemen vitamin E berbahan dasar tumbuhan yang mengandung aloe vera, argon, dan minyak bunga matahari yang membantu kulit glowing secara alami, membuat kulit lebih elastis, mengurangi kerutan, mengencangkan pori-pori serta memberikan penyerapan yang lebih baik dibandingkan Vitamin E sintetis. Vitamin E lainnya sumbernya adalah kacang almond, kacang tanah, bayam, dan labu

4. Zinc

Zinc merupakan mineral yang berperan penting dalam kesehatan kulit. Dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan sereal. Mineral ini berperan penting dalam kesehatan kulit dengan berkontribusi terhadap pertumbuhan sel, produksi kolagen, dan menjaga keseimbangan produksi sebum.

Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasinya yang kuat membantu menenangkan kulit yang teriritasi, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengatasi kondisi seperti jerawat.

Zinc juga memiliki antioksidan dan mengurangi stres oksidatif di kulit. Ini juga melindungi kulit dari kerusakan dan meningkatkan penyembuhan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen secara alami.

Integrasikan suplemen zinc nabati ke dalam makanan Anda dengan multivitamin esensial, mineral, dan ekstrak herbal Ayurveda untuk kekebalan yang lebih baik, pengendalian jerawat, anti-peradangan, dan perbaikan kulit.

5. Biotin

Biotin atau vitamin B7 telah mendapatkan banyak perhatian di komunitas perawatan rambut untuk meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin B adalah kunci untuk pembentukan Sel Darah Merah yang membawa oksigen ke jaringan.

Biotin juga berperan sebagai bagian penting dari enzim yang memecah lemak, karbohidrat, dan zat lainnya dan dapat ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, nasi, jamur, dan pisang.

Selain mengonsumsi suplemen-suplemen di atas, untuk mendapatkan kulit glowing dan sehat, kita perlu rutin berolahraga sekitar 30 menit, mengonsumsi air putih 7-8 gelas, dan tidur 8 jam setiap hari.

Pilihan Editor: 8 Minuman untuk Wajah Glowing, Ada Jus Wortel hingga Teh Hijau

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."