Perawatan sebelum Menikah, Berikut 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Menurut Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam persiapan dilakukan sebelum pernikahan. Mulai dari tempat pernikahan, katering, busana pengantin, undangan, suvenir hingga perawatan sebelum menikah. Penting untuk merencanakan perawatan kecantikan agar tampil terbaik di hari H. Apa pun jenis perawatan yang Anda pilih baik di salon atau klinik kecantikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut dr. Kashish Kalra, Ahli Kulit dan  Kepala Departemen di Max Smart Hospital, New Delhi, India.

"Hari pernikahan Anda adalah hari ketika Anda tidak hanya mengikrarkan cinta, tetapi juga memancarkan kecantikan luar dan dalam. Mempersiapkan hari yang luar biasa ini memerlukan perencanaan yang cermat, dan di antara segudang detailnya, perawatan kecantikan pranikah Anda layak mendapat sorotan tersendiri," jelasnya dikutip dari Hindustan Times, Jumat, 20 Oktober 2023.

Yuk, kita simak sederet hal-hal yang perlu diperhatijan saat menjalani perawatan sebelum menikah

1. Rencanakan Perawatan Jauh-jauh Hari

"Banyak calon pengantin datang kepada kami di saat-saat terakhir dengan masalah kulit seperti jerawat, pigmentasi, dan tanda-tanda penuaan, mencari solusi cepat dalam waktu satu bulan," kata dr. Karla.

Faktanya untuk mengatasi permasalahan tersebut secara efektif, lanjut dr. Karla, penting untuk membuat rencana terlebih dahulu. Idealnya, mulailah perjalanan perawatan kulit Anda setidaknya lima hingga enam bulan sebelum pernikahan Anda.

Waktu tunggu ini memberikan banyak kesempatan untuk merawat kondisi kulit dan mencapai kilau pengantin yang didambakan.

2. Hindari Bereksperimen di Menit-menit Terakhir

Aturan emas dalam perawatan kecantikan pranikah adalah menghindari bereksperimen dengan perawatan baru sebelum pernikahan Anda. Ini berlaku untuk segala hal mulai dari produk perawatan kulit hingga waxing atau laser. Selalu uji pengobatan atau produk baru terlebih dahulu untuk mencegah reaksi atau masalah yang tidak terduga.

3. Berinvestasi dalam Perawatan Berkualitas

Dalam hal perawatan kecantikan, kualitas harus selalu mengalahkan kuantitas. Carilah dokter kulit bersertifikat atau profesional perawatan kulit yang dapat memberi Anda panduan dan perawatan terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda.

Meskipun perbaikan cepat seperti perawatan wajah mungkin menggoda, berinvestasi dalam perawatan seperti PRP wajah, filler, atau penguat kulit dapat memberikan hasil yang lebih tahan lama dan efektif.

4. Pantau Respons Kulit

Kulit setiap individu itu unik. Apa yang berhasil bagi satu orang belum tentu berdampak sama pada orang lain. Sebelum menjalani perawatan apa pun, lakukan uji tempel.

Tindakan pencegahan ini memastikan kompatibilitas dengan pengobatan yang dipilih dan meminimalkan kemungkinan reaksi yang merugikan.

5. Hindari Eksfoliasi Berlebihan

Dalam upaya mendapatkan kilau pengantin, tidak jarang calon pengantin jatuh ke dalam perangkap pengelupasan kulit yang berlebihan. Langkah ini sering terjadi ketika mereka menginginkan hasil yang lebih cepat, sehingga mendorong sesi yang lebih sering dengan interval yang lebih pendek.

Namun, pendekatan ini dapat menyebabkan hasil yang berbahaya, kulit menjadi terlalu terkelupas dan menjadi sensitif. Meskipun para profesional medis memberikan panduan yang bijaksana, beberapa orang memilih klinik atau salon kecantikan, karena risiko melakukan pengelupasan kulit secara berlebihan sangat besar.

Ingat, moderasi adalah kunci kulit bercahaya, bukan pengelupasan kulit berlebihan.

6. Mulailah dengan Lembut 

Perjalanan kecantikan Anda harus mengikuti perkembangan bertahap. Mulailah dengan perawatan yang lembut, tingkatkan intensitas sesuai kebutuhan di fase tengah, lalu kembali ke perawatan yang lebih lembut saat mendekati tanggal pernikahan Anda.

Hal ini memastikan Anda tidak mengambil risiko komplikasi di menit-menit terakhir seperti memar atau pembengkakan berlebihan.

7. Lakukan Perawatan Khusus

Ingat, tidak ada pendekatan yang universal dalam perawatan kulit. Carilah saran yang dipersonalisasi dari dokter kulit berkualifikasi yang dapat merancang rencana perawatan yang disesuaikan dengan jenis dan permasalahan kulit unik Anda.

Hindari penawaran kecantikan pengantin yang sudah dikemas sebelumnya, karena mungkin tidak memenuhi kebutuhan spesifik Anda.

8. Kurangi Produk Susu dan Karbohidrat

Pola makan turut berperan penting dalam kesehatan kulit Anda. Pada bulan-bulan menjelang pernikahan Anda, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi produk susu dan karbohidrat. Sebab kandungan tersebut dapat menyebabkan jerawat dan memengaruhi kualitas kulit Anda secara keseluruhan.

9. Jangan Hanya Fokus Merawat Wajah

Meskipun wajah Anda layak mendapat perhatian, jangan abaikan bagian tubuh Anda yang lain. Busana pernikahan seringkali memperlihatkan berbagai bagian tubuh Anda, seperti punggung, leher, dan lengan.

Manjakan diri Anda dengan perawatan tubuh untuk memastikan kulit Anda tampak bercahaya dan tanpa cela dari ujung kepala hingga ujung kaki.

10. Jangan Berlebihan

Meskipun wajar jika Anda ingin menyempurnakan fitur Anda untuk hari besar Anda, ingatlah untuk menjadi diri sendiri. Hindari melakukan perawatan berlebihan yang dapat membuat Anda terlihat sangat berbeda atau tidak alami.

Percayai saran dokter kulit Anda untuk mendapatkan tampilan yang seimbang dan elegan yang meningkatkan kecantikan alami Anda.

Perawatan sebelum menikah bisa menjadi cara yang bagus untuk mempersiapkan hari istimewa Anda, namun penting untuk melakukan perawatan dengan hati-hati, terencana, dan ahli. Dengan mengikuti hal-hal yang perlu diperhatikan, Anda dapat memastikan bahwa Anda akan berjalan menuju pelaminan dengan percaya diri dan bercahaya, tampil dan merasakan yang terbaik. Selalu berkonsultasi dengan dokter kulit ahli untuk memandu Anda dalam memilih perawatan yang tepat.

Pilihan Editor: Ketahui Perawatan kulit Minimalis Atau Skinminimalism, Kandungan Bahan Lebih Efektif dan Maksimal

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."