7 Tren Perawatan Kecantikan Non-invasif di 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tren perawatan kecantikan non-invasif minimal seperti operasi laser dan bahan injeksi semakin meningkat belakangan ini, termasuk masa pandemi. Menurut analisis terbaru oleh Grand View Research, pasar perawatan estetika non-invasif diperkirakan bernilai USD53,8 miliar atau pada tahun 2021 dan diperkirakan akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 15,2 persen dari tahun 2022 hingga 2030. Dengan kata lain, lebih banyak orang membayar untuk jenis perawatan ini sekarang, dan lebih banyak lagi akan melakukannya dalam beberapa tahun mendatang.

Jika Anda berencana menjalani perawatan kecantikan non-invasif dalam waktu dekat ini, berikut beberapa prosedur yang sedang tren menurut Dr. Akanksha Sanghvi, Dokter Kulit Estetika dan Pendiri Oprava Aesthetics, dikutip dari Hindustan Times, Senin, 28 Agustus 2023.

1. Radiofrekuensi Pengencangan Kulit

Teknologi ini melibatkan pemanfaatan panas yang dihasilkan melalui gelombang radiofrekuensi untuk memanaskan jaringan kulit lebih dalam, yang membantu menyusutkan kulit dan merangsang pembentukan kolagen.

Ini menghasilkan kulit yang lebih kencang dan lebih rapat dengan garis dan kerutan yang berkurang, memberikan penyegaran kulit secara keseluruhan. Beberapa sesi selama beberapa bulan diperlukan untuk hasil yang lengkap. Perawatan ini membantu mengencangkan kulit di sekitar mata, mengurangi garis senyum, dan garis halus di leher secara efektif.

2. Ultrasonografi Tinggi

Ultrasonografi berfokus tinggi menggunakan gelombang ultrasonik yang menargetkan berbagai tingkat kulit, menghasilkan pengencangan kulit tanpa pembedahan dan pengangkatan wajah tanpa operasi. Perawatan ini merangsang pembentukan kolagen selama beberapa minggu ke depan dengan merangsang proses perbaikan pada sel-sel kulit.

Perawatan ini dapat digunakan untuk mengencangkan kulit leher, menonjolkan garis rahang, menghaluskan lipatan nasolabial, dan bahkan mengurangi lemak berlebih di wajah. Hasil akhirnya adalah wajah yang lebih berkontur dengan kerutan yang berkurang.

3. Pemutihan Kulit dengan Laser Q Switch

Pemutihan kulit dengan laser Q switch menggunakan panjang gelombang yang menargetkan sel-sel pembentuk pigmen dan melanin berlebih di kulit. Ini menghasilkan peningkatan pencahayaan kulit secara keseluruhan, dengan pengurangan warna kulit gelap, bintik usia, dan tahi lalat.

Perawatan ini juga membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan tekstur kulit dengan mengurangi ukuran pori-pori yang terbuka.

4. Yelllow Peel

Yellow peel adalah prosedur kimiawi yang melibatkan penggunaan krim berbasis retinol yang dioleskan ke kulit dan dibiarkan selama 6 hingga 8 jam. Kulit mulai mengelupas dengan proses pengelupasan yang terlihat selama beberapa hari berikutnya, untuk mengungkapkan kulit yang lebih halus, lebih cerah, dan baru di bawahnya.

Perawatan ini cocok untuk orang dengan bekas jerawat, kerusakan akibat sinar matahari, melasma, dan warna kulit yang tidak merata. Perawatan ini juga membantu mengatasi tanda-tanda awal penuaan dini dengan mengurangi keriput dan pori-pori yang terbuka.

5. Hydrafacial

Perawatan hydrafacial menggunakan mesin infus high-tech yang dapat membersihkan dan melembapkan kulit dengan bahan aktif seperti vitamin C, arbutin, asam glikolat, dan ekstrak tumbuhan yang menutrisi kulit. Perawatan ini menggunakan probe dengan teknologi jet tekanan yang membersihkan pori-pori dan menginfuskan bahan penguat yang kaya nutrisi ke dalam kulit untuk memberikan kilau nan lembut.

6. Terapi Plasma Fibroblast

Terapi plasma fibroblast melibatkan penggunaan perangkat berbentuk pena yang mengirimkan energi listrik pada frekuensi tertentu untuk menargetkan area-area kecil pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Teknik ini menyebabkan mikro-abrasi pada kulit yang merangsang fibroblas untuk membentuk kolagen dan elastin sebagai bagian dari proses penyembuhan alami kulit. Hasil akhirnya adalah kulit yang lebih muda dengan penampilan keriput yang berkurang. Perawatan ini juga dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan mata dan kelopak mata yang kendur tanpa harus melalui operasi.

7. Laser Pengurangan Rambut

Laser pengurangan rambut terbaru adalah salah satu perawatan paling populer di industri estetika yang telah dilakukan selama beberapa dekade. Tren terbaru dalam pengurangan rambut melibatkan penggunaan perangkat dengan berbagai panjang gelombang yang dapat mengobati berbagai jenis rambut di tubuh dengan lebih efektif dan aman. Hasil perawatan ini terbukti berhasil mengatasi rambut pada individu yang sebelumnya tidak berhasil dengan pengurangan rambut laser.

Pilihan Editor: Mengenal Sindrom Zoom Dsymorphia, Prosedur Perawatan Kecantikan Makin Digemari

IVANA FELYSITASWATI PALLA  HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."