Pameran Seni Seanergy, Kolaborasi Perdana Ria Miranda dan Seniman Mulyana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer modest, Ria Miranda berkolaborasi dengan Mulyana dalam pameran Seanergy. Ini merupakan kali pertama Ria berkolaborasi dengan seorang. Dan, Ria pula yang meminang seniman asal Bandung itu.

“Saya melihat banyak yang bisa dieksplorasi dari karya Mang Moel (sapaan akrab Mulyana) untuk diterapkan dalam ready to wear (busana siap pakai) dan aksesoris RiaMiranda, dengan tema biota laut yang kaya akan ragam warna yang menarik. Karya Mang Moel juga menyadarkan saya untuk pentingnya menjaga lingkungan terutama biota bawah laut,” ujar Ria Miranda dalam siaran pers yang diterima Cantika, Jumat, 13 Oktober 2023.

Mulyana atau yang lebih akrab disapa Mang Moel, dikenal mengangkat kehidupan laut yang penuh misteri dan rahasia dalam setiap karyanya. 

"Saya memang membuat karya dengan bentuk visual biota laut sebagai ekosistem dari Monster Gurita. Kemudian saya merespon energi positif yang muncul dari bentuk-bentuk karya RiaMiranda," kata Mulyana.

Dikutip dari Antara, poses kreatif mereka dari merencanakan hingga memproduksi karya Seanergy berlangsung selama satu tahun.

Ada Apa Saja di Seanergy?

Inspirasi nama Seanergy dalam kolaborasi Ria dan Mang Moel dari kata "sinergi" dan diartikan sebagai bentuk kolaborasi yang saling memberikan manfaat.

Pameran seni “Seanergy” menghadirkan beragam instalasi karya, dengan visual biota laut sebagai ekosistem monster gurita khas Mang Moel, serta dipadukan dengan karya fashion feminin dari Ria Miranda.

Menariknya, pameran “Seanergy” terdiri dari empat bagian eksplorasi karya yang didominasi oleh warna merah muda dan kuning, warna yang cukup jarang digunakan dalam sebuah pameran seni.

“Mang Moel bikin satu surprise buat Ria Miranda karena belum pernah ada instalasi warna pink sebelumnya, itu sesuai dengan brand-nya Ria Miranda,” kata perempuan yang telah memulai bisnisnya sejak tahun 2009 ini.

Dalam pameran seni ini, Ria Miranda menghadirkan sekitar 15 koleksi pakaian yang dirancang khusus dengan sentuhan material tile, bordir, dan desain serta paduan warna yang disesuaikan dengan konsep bawah laut.

Desainer berdarah Minang itu juga membuat beberapa bros untuk kolaborasi ini dengan desain ikan “Iwang” dan ubur-ubur.

Untuk instalasi seni yang menjadi latar belakang pameran ini, Mang Moel membuat ragam kerajinan tangan yang berasal dari benang sisa salah satu pabrik pakaian di Bandung. Sekitar 80 persen bahan dan benang yang digunakan untuk membuatnya berasal dari bahan sisa tidak terpakai.

Sementara itu, Mang Moel merasa cukup tertantang saat menerima tawaran ini karena ia belum pernah berkolaborasi dengan jenama busana muslim sebelumnya. Meski demikian, ia merasa tidak menemukan hambatan selama proses pengerjaan instalasi seni berlangsung dan merasa senang karena kolaborasi ini dapat berjalan baik hingga saat ini.

Mengenal Mulyana alias Mang Moel

Mulyana dikenal sebagai seniman yang menggunakan media benang dan kain dalam proses berkaryanya. Dia merupakan lulusan dari Departemen Seni Rupa dan Kerajinan, Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung pada tahun 2012.

Gagasan repurposing atau penggunaan material sisa industri dan pengembangan model karya yang modular memberikan efek penciptaan nilai, efek perilaku dan persepsi, serta efek identitas yang dimunculkan pada setiap karya Mulyana.

Hingga tahun 2023 Mulyana aktif mengadakan pameran, baik tunggal maupun pameran bersama seperti “Fragile Ecologies”, Sapar Contemporary - New York USA 2022; “Water in Asian Arts”, Fukuoka Asian Art Museum, Fukuoka - Japan 2023; “Modular Utopia”, USC LA Fischer Museum, Los Angeles - USA 2023.

Selain itu Mulyana juga mengerjakan karya komisi seperti: “Sea Remembers”, ARTJOG 11, Yogyakarta - Indonesia 2018; Window Display HERMES di Singapura, Seoul, dan Shanghai pada tahun 2019 dan 2022, serta melakukan kegiatan residensi seniman di Cheongju Korean Design and Craft, Korea Selatan 2021 dan Fukuoka Asian Art Museum, Fukuoka - Jepang 2022.

Pameran seni bertajuk Seanergy kolaborasi Ria Miranda dan Mulyana berlangsung dari 12 hingga 27 Oktober 2023 di D'Gallerie, Jakarta Selatan.

Pilihan Editor: 3 Fakta Menarik Ria Miranda Annual Show 2022, Nuansa Colorful dan Vibrant

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."