Dari Kue Putu hingga Lapis Legit, Kue Indonesia Terbaik Versi TasteAtlas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kue Putu. Shutterstock

Kue Putu. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kuliner tradisional salah satu kekayaan dan ciri khas suatu bangsa. Untuk negeri kita tercinta Indonesia, kuliner tradisional yang populer dan mendunia seperti sate, rendang atau rawon. Eits, bukan itu saja, ada sejumlah kue tradisional yang juga menjadi primadona seperti lapis legit, kue putu, hingga kue lapis. Dan ternyata, ketiga kue itu dinobatkan sebagai kue Indonesia terbaik menurut TasteAtlas, platform daring yang fokus pada makanan autentik dan tradisional dari seluruh dunia.

Untuk menyegarkan ingatan kita kembali, berikut fakta terkait tiga kue tersebut

1. Kue Putu 

Biasanya dijual di pedagang kaki lima, kue kukus ini diolah dari tepung ketan yang diberi aroma dan warna dari daun pandan.

Adonannya dikukus secara tradisional dalam tabung bambu, bagian tengah kuenya diisi gula aren. Setelah dikukus, kue ini biasanya ditaburi kelapa parut segar saat disajikan.

Kue putu dan variasi serupa dari makanan ringan berwarna hijau ini juga ditemukan di Malaysia dan Filipina. Banyak orang percaya bahwa kue tersebut mungkin terinspirasi oleh puttu, makanan ringan serupa yang berasal dari India.

Di TasteAtlas, kue ini mendapat rating 4,3 dari 5.

2. Kue Lapis

Kue lapis atau kuih lapis mendapat rating 4,1 dari 5 dari TasteAtlas. Makanan penutup tradisional Indonesia ini juga populer di Malaysia, Suriname, Brunei, dan Singapura.

Kue lapis seperti puding berlapis lembap, terbuat dari dari tepung beras, sagu, gula pasir, garam, santan, dan pewarna makanan merah, hijau, atau merah muda.

Kue lapis basah, salah satu kudapan manis yang dijual di Pasar Senen, Jakarta Selatan, Senin dinihari, 4 Juni 2018. (Foto: Tempo/Francisca Christy Rosana) 

Kue ini dikukus selapis demi selapis dengan adonan warna-warni hingga mencapai ketinggian tertentu. Hasil akhirnya mirip puding berlapis.

Sebelum dipotong dan disajikan, kue lapis dibiarkan hingga benar-benar dingin. Jika disiapkan dengan benar, makanan penutup ini akan memiliki tekstur yang kenyal, lengket, dan lembap.

3. Lapis Legit

Lapis legit adalah kue lapis tradisional yang konon dapat pengaruh dari masakan Belanda. Kue ini terdiri dari 18 hingga 30 lapisan kuning telur, gula, tepung, mentega, dan rempah-rempah seperti bunga pala, pala, cengkeh, dan kayu manis, yang dipanggang secara terpisah.

Kue lapis legit merupakan pertemuan budaya kuliner Belanda -Indonesia, yang dibuat selapis demi selapis. Foto: The Lapis Place Singapore

Ini pada dasarnya adalah kue lidah Eropa versi Indonesia – namun, kue ini tidak dipanggang di panggangan berputar, melainkan di loyang berbentuk persegi. Meski namanya mirip kue lapis, lapis legit berbeda. Jika kue lapis dikukus, lapis legit dipanggang.

Di antara tiga kue Indonesia versi TasteAtlas, mana favorit kamu?

Pilihan Editor: 2 Kreasi Resep Kue Cubit yang Enak dan Lembut, Tertarik Mencoba?

MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."