Mengenal Griselda Sastrawinata-Lemay, Animator Indonesia yang Berkarier di Disney sejak 2015

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Griselda Sastrawinata-Lemay, Associate Production Designer Disney Animation Studios ditemui di Four Seasons, Jakarta Selatan, Jumat, 29 September 2023. Foto: TEMPO/Marvela

Griselda Sastrawinata-Lemay, Associate Production Designer Disney Animation Studios ditemui di Four Seasons, Jakarta Selatan, Jumat, 29 September 2023. Foto: TEMPO/Marvela

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Animator, Griselda Sastrawinata-Lemay mengatakan bergabung ke Walt Disney Animation Studios atau Disney pada tahun 2015 adalah impian yang menjadi kenyataan. Semasa kecilnya dulu, dia bermimpi suatu hari nanti bisa menggambar karakter Disney Princess alias Putri Disney yang memikat hatinya. Sleeping Beauty dan Cinderella adalah film Disney Princess favoritnya.

"Suka nonton Cinderella dan Sleeping Beauty dari kecil. Dari kecil, aku juga bermimpi mau bekerja di Disney," kata Griselda di Jakarta Selatan, Jumat, 29 September 2023.

"Disney princess is wonderful (Putri Disney sangat indah), tapi passion (minat) saya lebih ke menggambar," sambung perempuan kelahiran 1982 itu.

Bagi Griselda kecil, menggambar adalah ekspresi diri karena dia pemalu. Lewat menggambar, dia menuangkan rasa dan ekspresi yang ingin disampaikannya.

"Saya waktu kecil itu very shy (sangat pemalu). Saya menggambar sendiri, dan itu cara saya untuk mengekspresikan diri," jelasnya.

Griselda juga mengatakan dia suka menggambar dari karakter yang dia lihat dari bacaan favoritnya.

"Saya langganan majalah Bobo waktu kecil, saya suka gambar-gambar kelinci, sama dari majalah Nina. Saya mencoba menggambar dari situ. Dari kecil, saya suka menggambar, saya ingin menciptakan sesuatu," ungkapnya.

Baru Gabung ke Disney setelah 10 Tahun Lulus Kuliah

Griselda diketahui pernah tinggal di Jakarta selama 15 tahun sebelum menetap di Amerika. Lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Griselda sempat memilih jurusan akuntansi di kampus. Namun panggilan hatinya lebih kuat untuk menggambar, sehingga dia memutuskan pindah jurusan ke seni. 
Dia diketahui lulusan Art Center College of Design, Pasadena, Amerika Serikat.

Griselda mengawali karier sebagai animator magang di suatu perusahaan hiburan  ternama. Baru kemudian dia bergabung ke Disney di tahun 2015. 

"10 tahun kemudian setelah saya lulus kuliah baru bisa masuk ke Disney. My wish come true (harapan saya terwujud)," katanya.

Dia pun menunjukkan bakat menggambarnya sebagai salah satu anggota visual deveploment artist di film Moana (2016), Frozen 2 (2019), dan Rayya The Last Dragon (2021). Yang teranyar dalam film Wish yang bakal tayang November 2023, Griselda bertindak sebagai Associate Production Designer Disney Animation Studios, yang artinya dia yang membuat desain kostum setiap karakter film tersebut.

(Paling kiri) Griselda Sastrawinata-Lemay, Associate Production Designer Disney Animation Studios ditemui di Four Seasons, Jakarta Selatan, Jumat, 29 September 2023. Foto: TEMPO/Marvela

Dua Prinsip Kerja Griselda di Disney

Dalam mempertahankan eksistensi kariernya hingga saat ini, Griselda mengatakan ada dua prinsip kerja yang selalu dijaganya. Dan, itu sudah dia terapkan sedari awal terjun ke dunia profesional. Apa itu? Melakukan pekerjaan dengan baik dan menjadi pribadi yang menyenangkan untuk diajak kerja sama. 

"Prinsip yang selalu saya jalankan do good work and be nice. Good work artinya mempelajari dasar-dasar animasi, tahu detail cara membuatnya, agar kamu bisa menciptakan sesuatu yang kreatif. Ketika kita tahu dasar-dasarnya, kita bisa menciptakan karya yang mungkin belum pernah diciptakan," ujarnya.

Menurut dia, penting untuk memperhatikan ciri khas dalam berkarya dan tak melupakan jati diri sebagai anak bangsa. 

"Kita mesti bangga jadi orang Indonesia karena budaya kita benar-benar bagus," imbuhnya.

Prinsip kerja kedua yang diterapkan Griselda adalah menjadi sumber daya manusia yang mudah diajak kerja sama. "Be nice, jadi semua orang mau kerja sama dengan kamu," tambahnya.

Cara Griselda Membangkitkan Semangat dalam Bekerja

Dalam hal tantangan bekerja, Griselda mengatakan tantangan dalam pekerjaan apa pun akan selalu ada. Dia lebih menyoroti bagaimana cara dia berpikir saat dihadapkan dengan tantangan. 

"Saya rasa tantangan sama seperti semua pekerjaan, ada hari-hari baik dan hari-hari buruk. Jika hari-hari baik, nikmati momen itu. Bila hari Anda buruk, ingatlah semua pasti berlalu dan teruslah bergerak," katanya.

"just keep going, try, trying again until it works (teruslah bergerak dan mencoba lagi untuk menemukan cara yang berhasil)," ucapnya.

Sama seperti kita, Griselda pun kerap mengalami situasi buntu dalam bekerja, khususnya menggambar. Ketika ide-ide kreatif itu tidak keluar, dia memancingnya dengan memanggil kembali memori indah mengapa dia jatuh cinta dengan menggambar. 

"Saya nonton lagi film-film yang ada di library (perpustakaan) kantor. Saya mengingatkan diri saya lagi apa yang saya cintai dari kecil, apa yang menginspirasi saya," tandas Griselda Sastrawnita-Lemay.

Pilihan Editor: Disney Gandeng 100 Kreator di Kampanye Global Create 100, Termasuk Prilly Latuconsina dan Chintya Akemi Keirayuki

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."