Chelsea Islan Bakal Rilis Merek Perhiasan Sol et Terre, Fokus pada Berlian Keberlanjutan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Chelsea Islan/Foto: Instagram/Chelsea Islan

Chelsea Islan/Foto: Instagram/Chelsea Islan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Chelsea Islan secara bertahap merealisasikan minat dan impiannya. Setelah akting dan aktivis lingkungan, kini dia merambah bisnis perhiasan berlian. Bersama Veronica Pranata, Chelsea bakal meluncurkan Sol et Terre (baca: solitaire), merek sustainable luxury (berkelanjutan dan mewah) yang fokus kepada penggunaan lab grown diamond untuk perhiasan. Berlian tersebut diklaim berlian sustainable (berkelanjutan) yang memiliki dampak negatif yang sangat minim terhadap kelestarian lingkungan dan kesejahteraan manusia.

Terlahir karena perpaduan kecintaan kedua pendirinya akan seni gemologi dan perkembangan teknologi, Sol et Terre memberikan alternatif baru kepada pecinta perhiasan yang ingin memiliki perhiasan bersematkan berlian.

Produk-produk perhiasan Sol et Terre dirancang dengan emas berkualitas internasional 18 karat dan berlian kualitas terbaik yang telah disertifikasi GIA (Gemological Institute of America) dari Amerika Serikat dan IGI (International Gemological Institute) dari Belgia. Selain menghadirkan berlian berkualitas dan sustainable, koleksi perhiasan Sol et Terre juga terjangkau.

Apa Itu Lab Grown Diamond?

Federal Trade Commission mengatakan bahwa lab grown diamond (berlian yang dibuat di laboratorium) telah masuk dalam kategori berlian asli, sama dengan berlian hasil tambang. Walau memiliki tempat dan durasi pembentukan yang berbeda, tapi keduanya memiliki sifat optik, fisik, dan kimia yang sama.

Pembuatan lab grown diamond yang berlangsung di laboratorium membutuhkan presisi dan perhatian khusus saat menyimulasikan kondisi alam untuk menghasilkan berlian yang berkualitas tinggi. 

Lab grown diamond dikurasi menggunakan standar parameter yang sangat ketat, sehingga hanya 0,5 persen dari berlian kualitas perhiasan yang kemudian dipilih oleh Sol et Terre untuk disematkan dalam produk-produk perhiasan mereka.

"Telah menjadi impian saya untuk mewujudkan dan mendukung perhiasan yang sustainable dan berkualitas tinggi. Lab grown diamond diproduksi tanpa menimbulkan dampak buruk seperti yang ditimbulkan oleh berlian hasil tambang terhadap lahan, satwa liar, dan penduduk setempat," kata Chelsea dalam siaran pers yang diterima Cantika, Kamis, 28 September 2023.

"Saya mendirikan Sol et Terre sebagai langkah nyata dalam menangani dampak lingkungan dari industri pertambangan berlian. Saya percaya dan berkomitmen terhadap gaya hidup yang berkelanjutan. Mari menjaga lingkungan dan melestarikan Bumi kita bersama,” tambah aktivis lingkungan yang juga SDG Mover dari UNDP Indonesia untuk poin Life Under Water dan Life On Land pada 2017

Faktanya, selama ini proses penambangan berlian memang telah membawa kerusakan besar bagi lingkungan, terutama di lokasi penambangan berlangsung. Hasil dari sebuah studi yang dilakukan oleh Frost & Sullivan telah mengungkapkan bahwa proses penambangan berlian menggunakan sumber daya air, lahan, dan energi dalam jumlah besar, serta menghasilkan limbah mineral dan polusi udara yang signifikan.

Oleh karena itu, kehadiran lab grown diamond bisa menjadi inovasi yang revolusioner dalam industri batu mulia. Berlian ini juga dapat menjadi pilihan konsumen modern yang mengutamakan cara yang bertanggung jawab dan dampak lingkungan yang minim terkait sumber. 

Sol et Terre bakal resmi dirilis pada Jumat, 6 Oktober 2023 di ajang Bridestory Market, BSD, Tangerang Selatan. 

Pilihan Editor: Karakter Zodiak Gemini Seperti Chelsea Islan; Social Butterfly, Humoris, dan Suka Hal Baru

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."