7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Ada Brokoli hingga Kuning Telur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi brokoli. Foto: Freepik.com/8photo

Ilustrasi brokoli. Foto: Freepik.com/8photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata, termasuk menjadwalkan janji temu dengan dokter mata secara teratur, memakai kacamata hitam di bawah terik sinar matahari, hingga mengonsumsi makanan. Terkait asupan, ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata.

“Meskipun orang mungkin tidak menyadarinya, makanan yang Anda makan dapat berdampak pada kesehatan mata dan, tentu saja, juga kesehatan secara keseluruhan,” kata Roxana Ehsani, ahli diet terdaftar yang berbasis di Miami, Amerika, dikutip dari Real Simple, 22 September 2023.

“Mengonsumsi makanan yang seimbang dapat membantu memerangi kondisi dan penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia, katarak, dan mata kering,” lanjutnya. Beberapa nutrisi secara khusus ditujukan untuk mendukung kesehatan mata. 

Hampir semua nutrisi penting baik untuk kesehatan Anda dalam beberapa hal, tetapi beberapa di antaranya bekerja lembur untuk mata dan penglihatan. Anda harus berusaha mengonsumsi berbagai macam makanan padat nutrisi, namun jika Anda ingin tahu mana yang terbaik untuk penglihatan Anda, berikut beberapa di antaranya.

Nutrisi-nutrisi Penting untuk Kesehatan Mata

Asosiasi Optometri Amerika (AOA) dan Asosiasi Medis Profesional Dokter Mata (AAO) merekomendasikan sederet nutrisi penting untuk mendukung kesehatan mata:

1. Lutein dan zeaxanthin

Antioksidan yang terutama ditemukan dalam sayuran berdaun gelap yang dapat mengurangi risiko katarak dan penyakit mata kronis lainnya.

2. Vitamin C

Antioksidan yang ditemukan dalam banyak buah-buahan (dan sayuran) yang dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia dan hilangnya ketajaman penglihatan.

3. Vitamin E

Antioksidan yang ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan, dan sayuran seperti ubi jalar yang melindungi jaringan mata yang sehat dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Zinc

Mineral penting yang ditemukan dalam makanan laut dan kacang-kacangan ini dapat melindungi dari gangguan penglihatan dan katarak.

5. Asam lemak omega-3

Asam lemak esensial yang juga ditemukan pada ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang juga penting untuk kesehatan mata dan mendukung perkembangan penglihatan dan kelenjar air mata.

6. Antioksidan

Antioksidan adalah nutrisi terbaik untuk kesehatan mata. “Mata sensitif terhadap stres oksidatif,” kata Kim Kulp, ahli diet terdaftar di San Francisco. “Stres oksidatif dapat menyebabkan penyakit mata, sehingga antioksidan dapat membantu melindungi kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit seperti glaukoma dan retinopati diabetik.”

Umumnya dikaitkan dengan kesehatan otak, asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) juga penting untuk kesehatan mata, dan ikan salmon kaya asam tersebut.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."