8 Tren Fashion dari London Fashion Week 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Koleksi David Koma Spring/Summer 2024. Foto: Instagram/@davidkomalondon

Koleksi David Koma Spring/Summer 2024. Foto: Instagram/@davidkomalondon

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pekan mode London atau London Fashion Week 2024 telah ditutup pada Selasa, 19 September 2023. Selama sepekan, ibu kota Inggris menjadi panggung busana para desainer mancanegara menunjukkan koleksi mereka di musim semi/panas atau spring/summer 2024. Dari lebih 100 peragaan busana atau fashion show, terlihat tren fashion dari banyak pemilihan warna lebih kalem, penggunaan motif bunga berukuran besar, hingga celana model pinggang rendah atau low-rise.

Label-label mode asal London mulai beralih dari warna-warna yang mencolok seperti pink Barbie dan merah tua yang menjadi ciri khas musim semi/panas tahun ini beralih ke warna-warna yang lebih kalem seperti baby blue hingga kuning lembut. Ada pula corak bunga berukuran besar. Yuk, kita simak kurasinya dari berbagai sumber.

1. Corak Bunga Berukuran Besar

Sejumlah desainer menampilkan motif bunga yang besar, berani, dan benar-benar inovatif di LFW 2024. Simone Rocha menempelkan rangkaian bunga mawar asli pada kulit model di bawah lapisan tulle tipis khas merek tersebut, sedangkan Mithridate dan Susan Fang menggunakan manik-manik dan applique yang rumit untuk menumbuhkan tunas yang mengalir dari cup bra, di sepanjang tulang selangka, dan bahkan dililitkan di sekitar tubuh model.

Yang paling mencolok? Erdem, Richard Quinn, dan Paul Costello menghiasi model dengan cetakan grafis mulai dari motif bunga yang tidak serasi hingga desain hitam-putih yang lebih gelap.

Sementara itu, David Koma mengadopsi tren ini dengan ciri khas keseksian gadis keren dari merek tersebut. Corak mawar berkilauan muncul dari siluet bodycon sederhana, didesain menjalar ke atas lalu turun ke leher mereka seperti perhiasan, disulam pada tulle tipis dalam pola seperti jaring, dan mekar dengan berani dengan warna hitam pekat dalam neon.

2. Celana Capri

Entah Anda menyukai atau membencinya saat tumbuh dewasa, celana capri yang hits di era 2000-an kembali disuguhkan di LFW 2023. Menurut para desainer musim ini, tidak ada satu cara atau cara yang tepat untuk mengenakan tren celana cropped.

Chopova Lowena dan Supriya Lele mendesain celana capri yang dihiasi dengan perangkat keras dan bulu, sementara Susan Fang dan Yuhan Wang menawarkan tampilan yang lebih unik dengan hiasan renda, dan desain yang terinspirasi dari pelaut. Johanna Parv dari Fashion East membuat segalanya tetap sederhana dan ramping.

3. Sentuhan Keliman Tahun 2010

Musim ini, para desainer terobsesi dengan lingkar pinggang dan keliman yang populer di tahun 2010-an. Ada beberapa model drop waist yang tak terhitung jumlahnya, rok model hoop, dan model peplum. Beberapa desainer bersenang-senang dengan desain tersebut seperti KWK by KAYKWOK, rok fiksi ilmiah berbentuk lingkaran yang dramatis mengambil bentuk surealis yang mengingatkan pada piring terbang.

Natasha Zinko menambahkan tambahan lucu pada konsep utilitariannya dalam bentuk jas hujan hijau khaki yang dramatis dengan ujung gelembung dan motif kamuflase. Yuhan Wang menawarkan rok gelembung untuk tren Strawberry Girl.

Perpaduan yang paling dapat dikenakan dari tren ini — model drop hem yang chic dan sesuai untuk kantor, serta peplum yang siap untuk pesta koktail — ditampilkan di Eudon Choi, Tolu Coker, Huishan Zhang, dan Tove.

4. Warna Hijau Mint

Pada bulan Juli lalu, pencipta mode dan analis tren Mandy Lee (alias @oldloserinbrooklyn) mengatakan bahwa warna favorit dari tahun 2010-an, hijau mint, akan kembali populer. Hal itu pun terlihat dari sejumlah koleksi di LFW 2024, mulai dari hijau pistachio pudar di Mithridate, hijau seafoam lembut di JW Anderson hingga pola hijau cerah di Chet Lo dan Ahluwalia.

5. Kelembutan Baby Blue

Palet warna musim semi 2024 jauh lebih kalem daripada musim semi tahun ini. Meskipun cenderung ke warna pastel (bahan pokok), warnanya tidak terasa semanis biasanya — warna ini hampir lebih lembut. Itu sebabnya ada pilihan warna biru di Eudon Choi, Sinéad O'Dwyer, Yuhan Wang dan banyak lagi, lebih seperti kebangkitan vintage.

6. Celana Model Pinggang Rendah

Model celana pinggang rendah atau low-rise termasuk tren fashion di London Fashion Week 2024. Supriya Lele menunjukkan pakaian dalam dengan celana dan rok tipis berlapis halus yang berhasil terlihat elegan dan feminin, sementara Masha Popova menyuguhkan celana potongan pinggul yang indah. KNWLS juga memberikan stempel persetujuan pada jeans low-rise yang memperlihatkan tulang pinggul dipadukan dengan bodysuit.

7. Tas-tas Berukuran Besar

Dari Tove hingga Molly Erdem, tas-tas berukuran besar tersebar di London Fashion Week 2024. Tapi ini bukan tas jinjing berukuran jumbo biasa. SRVC menampilkan tas denim berbentuk bulan, sementara Erdem memadukan tas tangan lipat berumbai dengan mantel yang sama-sama menarik perhatian, dan 16Arlington melengkapi tasnya dengan penggunaan ikat pinggang yang inovatif.

8. Bot Setinggi Lutut

Bot setinggi lutut banyak diminati para desainer di London Fashion Week dalam padu padan busana dan alas kaki. Sepatu ini cocok dipadukan dengan rok mini atau rok midi. Untuk menghindari tampilan yang terlihat terlalu musim dingin selama musim semi dan musim panas, pilihlah bot yang berwarna-warni dan bermotif seperti yang terlihat di peragaan busana Ahluwalia, David Koma, dan Feben.

Pilihan Editor: Kendall Jenner Tampil dengan Rambut Blonde di London Fashion Week

REFINERY29 | FASHIONISTA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."