Cara Mudah Kenalkan Konsep Uang pada Anak Menurut Pakar Finansial

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi menabung. Thefiscaltimes.com

Ilustrasi menabung. Thefiscaltimes.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Orang tua terkadang malas membicarakan soal uang dengan anak karena berpikir mereka masih terlalu kecil untuk memahami soal keuangan. Sebagian lain merasa tak nyaman membahas uang dengan anak sehingga menghindari topik ini.

Orang tua memang tak perlu menjelaskan panjang lebar soal finansial pada murid taman kanak-kanak. Tapi ada cara yang lebih mudah dimengerti untuk mengenalkan si kecil pada konsep keuangan. Pakar keuangan pun memberi saran bagaimana cara mengenalkan konsep tersebut pada anak.

"Memahami nilai uang berarti mengerti bagaimana mendapatkan uang dan mengontrolnya," ujar Bola Sokunbi, pendiri dan CEO Clever Girl Finance kepada HuffPost.

Untuk mengajarkan hal ini kepada anaknya, Sokunbi membiarkan mereka membuat kesalahan sendiri dengan uang yang telah ia berikan. "Contohnya jika langsung menghabiskan uang saku untuk membeli permen, mereka tak punya uang lagi untuk ditabung dan membeli apa yang mereka mau," katanya. 

Menurutnya, edukasi keuangan tak hanya untuk orang kaya. Apapun bisa dijadikan cara untuk mengedukasi anak, misalnya saat berbelanja di pasar swalayan. Anak dibiarkan menghitung berapa jenis barang yang akan dibeli dengan jumlah uang yang disiapkan. Jika ada uang sisa belanja, mereka bisa menggunakannya untuk hiburan atau untuk tabungan

Pengaruh uang dan kehidupan

Ramona Ortega, kreator penasihat keuangan berbasis kecerdasan buatan, WealthBuild, juga menyarankan belanja digunakan untuk mengajarkan keuangan keluarga pada anak bagaimana uang bekerja. "Jujur soal keuangan sangat penting, terutama pada keluarga dengan anggaran yang kecil," ujarnya.

Orang tua perlu menjelaskan pada anak bagaimana uang bisa mempengaruhi hidup mereka dan terus memperbanyak jumlahnya bukan tujuan utama. 

"Dengan memiliki tujuan jelas, kita bisa mengelola keuangan dengan efektif. Kita mesti memprioritaskan hubungan yang sehat antara anak dan uang, memastikan mereka memahami nilainya untuk menggapai impian," paparnya.

Pilihan Editor:

Ajarkan Kelola Uang Sejak Dini Ala Caca Tengker

YAYUK WIDIYARTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."