6 Fakta Unik Gala Dinner KTT ASEAN ke-43, Dipuji Kamala Harris

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Video mapping dengan tema KTT ASEAN 2023 di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Rabu, 6 September 2023. Video Mapping tersebut menampilkan sejumlah ikon dari negara-negara ASEAN yang ditampilkan pada saat berlangsungnya Gala Dinner KTT ASEAN 2023 . TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Video mapping dengan tema KTT ASEAN 2023 di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Rabu, 6 September 2023. Video Mapping tersebut menampilkan sejumlah ikon dari negara-negara ASEAN yang ditampilkan pada saat berlangsungnya Gala Dinner KTT ASEAN 2023 . TEMPO / Hilman Fathurrahman W

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaGala Dinner KTT ASEAN 2023 menjadi sorotan. Ajang persahabatan antara pemimpin Asia Tenggara dan juga beberapa negeri sahabat itu berhasil memukau tamu undangan bahkan masyarakat Indonesia. Pesta di jantung kota Jakarta itu pun menjadi pemberitaan di berbagai media. 

Simak 6 fakta unik gala dinner yang berlangsung di Hutan Kota by Plataran di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, pada Rabu, 6 September 2023. 

1. Jalan Sudirman ditutup 

Untuk memastikan pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 aman pada 5-7 September 2023, pemerintah melakukan rekayasa lalu lintas baik di pagi maupun di sore hari. Beberapa jalan utama, salah satunya, jalan Sudirman pun ditutup sehingga kondisinya sangat kosong. Lagi pula, beberapa tamu undangan pun memasuki kawasan gala dinner melalui pintu Sudirman. 

Video mapping dengan tema KTT ASEAN 2023 di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu, 6 September 2023. Video Mapping tersebut menampilkan sejumlah ikon dari negara-negara ASEAN yang ditampilkan pada saat berlangsungnya Gala Dinner KTT ASEAN 2023 . TEMPO / Hilman Fathurrahman W

2.  Video Mapping di 4 Gedung 

Salah satu penampilan yang memukau adalah adanya video mapping di 4 gedung di Jakarta. Keempat gedung itu adalah dua gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) atau IDX Tower dan dua gedung Mandiri Tower. Gedung tersebut seolah mejadi kanvas besar untuk menampilkan pertunjukan seni sebagai latar panggung utama di GBK. Video tersebut pun menarik perhatian pengguna jalan di kawasan Sudirman Jakarta, sehingga panorama tersebut pun sempat viral di media sosial.

3. Gandeng Chef Arnold dan Chef Degan untuk Persiapan Hidangan

Dalam video kanal YouTube Sekretariat Presiden, beberapa koki (chef) ternama turut bekerja sama untuk menyukseskan Gala Dinner KTT https://www.tempo.co/tag/asean ke-43, di antaranya Arnold Poernomo dan Degan Septoadji. Chef Arnold pun diketahui juga pernah diminta menyiapkan sajian kuliner selama Gala Dinner KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 10 Mei lalu. 

Chef Arnold menjelaskan, terdapat perbedaan antara prosesi persiapan Gala Dinner di Jakarta dengan Labuan Bajo. Dia kali ini dibantu dengan tim yang terdiri dari beberapa tukang masak spesial untuk kelas VVIP, salah satunya guest star chef Hans Christian. “Request-nya yang pasti makanan harus mewah, megah, nikmat, dan enak,” ucapnya. 

Chef Arnold Poernomo. Instagram/arnoldpo

Sementara itu, juru masak Degan Septoadji menuturkan bahwa menu hidangan untuk Gala Dinner KTT ASEAN ke-43 adalah masakan Indonesia. Tujuannya, kata dia, untuk menunjukkan masakan Indonesia yang sudah dikenal di kancah internasional. 

“Masakan Indonesia zaman sekarang sudah bisa go internasional dari segi penampilan, dari segi rasanya tetap otentik, tetapi penampilan dan teknik memasaknya juga harus bisa sama dengan standar internasional,” ujar Degan. 

Chef Degan atau Degan Septoadji. Instagram

Dalam Instagramnya, Presiden Joko Widodo mengatakan ada beberapa hidangan lezar dari berbagai daerah Indonesia yang disiapkan dalam jamuan makan malam itu. Menu khas Indonesia dari Sumatra Utara, Jawa, hingga Ibu Kota Nusantara disajikan dengan citarasa yang otentik. "Beberapa hidangan unggulan termasuk salad kepiting dengan saus rempah Andaliman, daging wagyu khas Lampung dengan saus kemiri, serta berbagai jenis buah-buahan segar. Kuliner khas ini menjadi bukti nyata keanekaragaman budaya Indonesia," tulis Jokowi. 

4. Pertunjukan dengan 4 Tema

Berbagai tokoh seni tanah air ikut meramaikan pertunjukan dalam jamuan makan malam KTT ASEAn ke-43. Beberapa di antaranya adalah Dira Sugandi, Yura Yunita, Saykoji, dan Afghan. Masih melalui akun Instagramnya, Jokowi mengatakan ada 4 tema utama dalam pertunjukan seni pada jamuan makan malam itu. "Empat tema utama, yaitu 'The Sound of Indonesia', 'The Soul of ASEAN', 'The Wave of Tomorrow', dan 'The Epicentrum of Growth'. Para hadirin dan penonton di rumah, yang menikmati melalui layar kaca, ikut menikmati perpaduan seni musik, tarian, dan teknologi yang menginspirasi. Pertunjukan ini mewakili keragaman budaya ASEAN dan visi masa depan yang cerah.

5. Dess Code Batik

Para tamu KTT ASEAN ke-43 tampil dengan mengenakan batik. Jokowi mengatakan motif yang dikenakan para tamu adalah tumpal pucuk rebung. Motif itu menggambarkan keselarasan hidup manusia dengan alam. Batik ini memberikan sentuhan budaya Indonesia yang kaya dan memancarkan pesan perdamaian dan kerukunan. Terlihat Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris tampil menawan dengan batik bernuansa bumi. Ia tampak anggun sekaligus gagah saat mengenakan batik berwarna coklat dengan motif bunga matahari di beberapa bagiannya. Meskipun tanpa riasan atau perhiasan yang menonjol, penampilannya cukup menarik perhatian.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan putranya Xavier Trudeau menghadiri jamuan makan malam pada KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, Rabu, 6 September 2023. Sejumlah tamu terlihat mengenakan kemeja batik dalam acara gala dinner. MAST IRHAM/Pool via REUTERS

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menghadiri Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN. Justin datang didampingi putranya, Xavier Trudeau, mengenakan batik. Dalam layar kaca terlihat Trudeau mengenakan batik lengan panjang bernuansa merah, cokelat, serta celana hitam. Sedangkan Xavier memakai batik bercorak hijau dan krem dengan dipadupadankan celana cokelat muda. Hadirin dan petinggi lain pun mengenakan batik di acara ramah tamah tersebut.

6. Apresiasi dari Kamala Harris

Wishnutama dalam akun Instagramnya membagikan video ungkapan pujian Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris atas malam gala dinner yang dinilai sangat bagus. "Terima kasih atas kepemimpinan Anda dalam memimpin ASEAN tahun ini, Bapak Presiden," katanya. 

Kamala Harris pun mengungkapkan bahwa pertunjukan pada gala dinner ini nyaris menyaingi Hollywood. "Jamuan makan, produksi dan hiburannya hampir melebihi apapun yang bisa ditampilkan Hollywood. Jadi saya ucapkan selamat kepada Anda dan semua yang telah bekerja keras untuk malam yang indah serta pekan yang baik dan produktif," kata Kamala Harris.

Wakil Presiden AS Kamala Harris tiba untuk gala dinner KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, 6 September 2023. MAST IRHAM/Pool via REUTERS

Dalam keterangan video itu, Wishnutama pun berterima kasih kepada Jokowi atas kesempatan, keperayaan, dan apresiasi kepada dia dan timnya dalam membuat perhelatan KTT ASEAN ke-43. "Terima kasih banyak ibu Wakil Presiden Amerika Serikat @kamalaharris atas apresiasinya terhadap kerja keras dan upaya kami semua untuk menyukseskan #KTTASEAN2023 di Indonesia. Majulan Kreativitas Indonesia," tulis Wishnutama. 

KTT ASEAN 2023 bukan hanya menjadi ajang diplomasi tingkat tinggi, tetapi juga merayakan keindahan budaya Indonesia, kekayaan kuliner, dan keragaman ASEAN. Acara ini menjadi sebuah wadah yang sempurna untuk memperkuat kerja sama regional dan mempromosikan perdamaian serta persatuan di kawasan ASEAN.

Pilihan Editor: Pidato di KTT ASEAN 2023, Choi Siwon Fokus pada Masalah Tumbuh Kembang Anak

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

IVANA FELYSITASWATI PALLA | YOUTUBE | INSTAGRAM | BERBAGAI SUMBER | MT

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."