Diduga Alami Baby Blues Syndrome, Ibu Bawa Bayi Dicegah Bunuh Diri di Stasiun KRL

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi depresi. Shutterstock

Ilustrasi depresi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Viral di media sosial video penyelamatan terhadap seorang ibu muda dan bayinya di Stasiun KRL Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam video tampak seorang petugas sedang memegangi si ibu dan seorang lainnya mendekap si bayi disaksikan banyak pasang mata penumpang KRL.

Video antara lain diunggah ke akun @updateinfojakarta, ada juga di @zoelfick. Dalam narasi video disebutkan bahwa perempuan itu hendak melempar atau membuang anaknya ke rel kereta api di stasiun tersebut. "Syukurlah petugas keamanan sigap menggagalkan rencana sang ibu," bunyi di antara cuitan akun itu.

Kapolsek Pasar Minggu Komisaris David Pratama Purba mengatakan video berasal dari peristiwa pada Minggu malam, 3 September 2023. Diduga, ibu tersebut sedang memiliki masalah sehingga timbul niat mengakhiri hidup.

"Dari informasi petugasnya, itu si ibunya percobaan bunuh diri, dan dia sudah bikin pernyataan tidak akan mengulangi lagi," ujar David saat dimintai konfirmasi, Senin 4 September 2023.

Dia menyebut kejadian dalam video tersebut tepatnya berada di peron 2 Stasiun Pasar Minggu. Si ibu, menurut David, diduga ingin mengakhiri hidupnya sendirian--meninggalkan anaknya di peron. Niat itu muncul lantaran sedang ada persoalan rumah tangga.

Bagaimana Menghadapi Ibu dengan Baby Blues Syndrome? 

Berbicara mengenai kemungkinan sang ibu mengalami baby blues syndrom atau depresi pascamelahirkan, seperti yang dilansir laman Health Partners sebanyak satu dari tujuh wanita mengalami depresi pasca melahirkan. Dan bahkan lebih banyak lagi - 1 dari 5 - mengalami kecemasan pascapersalinan. Dan jika seorang ibu mengalami depresi pascamelahirkan, maka pasangannya mempunyai kemungkinan 40 persen mengalami depresi juga.

“Memiliki bayi adalah perubahan besar dalam hidup. Dan kapan pun hidup kita terombang-ambing oleh sesuatu yang baru, kesehatan mental kita dapat terpengaruh,” kata psikolog Park Nicollet, Gabrielle Mauren, PhD, LP. “Seorang bayi membawa banyak penyesuaian terhadap rutinitas dan hubungan orang tuanya. Setiap hari saya melihat para ibu dan ayah merasa kewalahan dengan semua perubahan tersebut, meskipun di sisi lain, mereka sangat senang menjadi orang tua.”

Meskipun wajar jika ibu dan ayah menjadi sangat emosional setelah bayi lahir, depresi pascapersalinan adalah hal yang nyata. Dr. Mauren ingin Anda tahu bahwa keadaan ini bisa menjadi lebih baik, dan hal itu bisa terjadi jika mendapat dukungan yang tepat. Di sini dia menjelaskan 3 hal yang dapat Anda lakukan:

1. Bantu pasangan Anda mengenali perubahan yang Anda lihat pada dirinya

Luangkan waktu sejenak untuk mempelajari perbedaan baby blues dengan depresi dan kecemasan pascapersalinan. Anda juga dapat melihat seperti apa kuesioner skrining depresi pascapersalinan di sini. Itu adalah alat yang dapat digunakan dokter untuk menentukan apakah gejala pasangan Anda cocok dengan depresi pascapersalinan.

Jika menurut Anda pasangan Anda mungkin mengalami depresi atau kecemasan pascapersalinan, bantulah dia mengenali perubahan dalam kepribadian atau perilakunya. Penting untuk melakukan hal ini dengan contoh nyata. Misalnya, pasangan Anda biasanya menikmati percakapan telepon mingguan dengan saudara perempuannya, tetapi akhir-akhir ini dia melewatkannya untuk duduk berdua dengan bayinya. Dalam hal ini, Anda bisa berkata, “Aku lihat kamu sudah lama tidak berbicara dengan adikmu. Bagaimana perasaanmu?" Hal ini dapat membantu membuka percakapan dengan cara yang tidak menuduh.

2. Dorong pasangan Anda untuk berbicara dengan dokter

Cara terbaik agar penderita depresi atau kecemasan pascapersalinan menjadi lebih baik adalah dengan mendapatkan bantuan dari terapis atau psikiater. Dengan banyaknya mitos dan stigma seputar kesehatan mental, termasuk depresi, Anda mungkin perlu meyakinkan pasangan Anda bahwa itu bukanlah cacat karakter. Semakin cepat Anda membawa pasangan Anda menemui dokter, semakin cepat proses itu dimulai. OB-GYN atau bidan pasangan Anda dapat membantu merujuknya ke dokter jika diperlukan. Dan dokter anak bayi Anda juga bisa memberikan rujukan.

Jika pasangan Anda masih terlihat kewalahan, Anda bisa membantunya dengan mengatakan, “Ayo kita bicara ke dokter bersama.” Anda dapat bergabung dengannya pada pertemuan berikutnya untuk membahas topik tersebut dan memastikan dia diperiksa untuk mengetahui adanya depresi dan kecemasan pascapersalinan. Dan pasangan sering kali datang untuk janji temu kesehatan mental yang pertama. Merasa didukung oleh keluarga dan teman-temannya merupakan bagian penting bagi seorang ibu baru untuk menjadi lebih baik.

3. Tawarkan bantuan dengan cara tertentu

Bahkan dengan perawatan profesional, pasangan Anda tetap membutuhkan bantuan Anda untuk menjadi lebih baik. Semakin banyak dukungan yang diterimanya, semakin besar peluangnya untuk sembuh lebih cepat.

Ketika seseorang sedang berjuang melawan depresi, mereka mungkin akan lebih sulit mengambil keputusan. Dan seseorang dengan kecemasan mungkin ingin melakukan semuanya sendiri. Jadi tanyakan saja pada pasangan Anda, “Ada yang bisa saya bantu?” mungkin tidak berhasil.

Sebaliknya, buatlah rencana dan beri tahu pasangan Anda secara spesifik bagaimana Anda akan membantu. Katakan padanya, "Saya akan membawa bayi itu ke toko kelontong agar kamu bisa tidur siang." Atau, “Aku akan mengambilkan makan malam untuk kita malam ini dalam perjalanan pulang.” Ini akan memudahkan pasangan Anda menerima bantuan. Dan ini memberi Anda kesempatan untuk mengambil peran nyata dalam membantu seluruh keluarga Anda merasa lebih baik.

Begitu seseorang memulai pengobatan untuk depresi atau kecemasan pascapersalinan, mereka biasanya mulai merasa lebih baik dalam waktu sekitar enam minggu. Jadi fokuslah pada cahaya di ujung terowongan. Langkah-langkah yang Anda ambil untuk membantu pasangan Anda sekarang sangatlah penting. Pasangan Anda pasti akan menghargai bantuan Anda ketika mereka kembali merasa seperti sebelumnya. 

Catatan: Jangan remehkan depresi. Untuk bantuan krisis kejiwaan atau tindak pencegahan bunuh diri:

Dinas Kesehatan Jakarta menyediakan psikolog GRATIS bagi warga yang ingin melakukan konsultasi kesehatan jiwa. Terdapat 23 lokasi konsultasi gratis di 23 Puskesmas Jakarta dengan BPJS.

Bisa konsultasi online melalui laman https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id dan bisa dijadwalkan konsultasi lanjutan dengan psikolog di Puskesmas apabila diperlukan.

Pilihan Editor:

Jangan Abaikan Gejala Baby Blues Syndrome, Bisa jadi Pemicu Depresi

M. FAIZ ZAKI | ZACHARIAS WURAGIL | HEALTH PARTNERS 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."