Pantai dan Pegunungan Objek Wisata Favorit Wisatawan Korea di Indonesia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi - Peselancar saat mengikuti event Aceh Surfing International Championship di Pantai Matanurung, Pulau Simeulue, Kabupaten Simeulue, Aceh. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Ilustrasi - Peselancar saat mengikuti event Aceh Surfing International Championship di Pantai Matanurung, Pulau Simeulue, Kabupaten Simeulue, Aceh. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf Raden Wisnu Sindhutrisno mengatakan ada beberapa ikon yang menarik hati para wisatawan Korea di Indonesia. Hal itu adalah kawasan pantai, pegunungan dan aktivitas wisata olahraga. "Jadi mereka sebenarnya mencari pantai, mencari udara hangat ya," katanya pada pembukaan K Travel Korea Culture & Travel Festival 2023 1 September 2023. 

Wisnu mengatakan wisata gunung di Indonesia pun cukup banyak disukai para wisatawan Korea. Ia menilai walau suhu gunung di Indonesia cukup sejuk, namun suhu itu masih tergolong nyaman untuk warga Korea. "Suhu di gunung kita juga tidak terlalu dingin bagi mereka, sehingga nyaman," katanya. 

Wisatawan Korean juga terkenal sangat menyukai olahraga air. "Mereka itu suka wisata olahraga, baik olahraga air maupun golf," katanya.

Wisnu mengatakan golf dianggap salah satu kegiatan yang sangat bagus untuk kesehatan bagi warga Korea. "Orang Korea suka golf. Karena golf itu olahraga yang bagus buat mereka kan. Di sana juga relatih tidak terlalu mahal" katanya. 

Karena kesukaan mereka itu, wisatawan Korea suka sekali datang ke Batam. Di Batam, ada banyak sekali pilihan lapangan golf bertaraf internasional. 

Wisnu mencoba untuk memberikan daya tarik sendiri kepada destikasi prioritas Indonesia dengan mengutamakan wisata olahraga. Hal ini tidak hanya untuk menarik hati wisatawan Korea, namun juga wisatawan internasional. "Lombok dengan Mandalika dan olahraga airnya menjadi salah satu destinasi yang dipromosikan," katanya.

K-Travel Expo dalam rangkaian acara Korea Culture & Travel Festival 1 September 2023/KTO

Wisatawan Korea pun suka datang ke Bali. Karena di Pulau Dewata itu, ada banyak sekali pilihan olahraga air. Wisatawan bisa menikmati olahraga seperti scuba diving, atau menyelam atau bahkan bermain jet ski. 

Tidak hanya itu, wisatawan Korea, seperti halnya wisatawan asal India, kerap menganggap Bali senagai tempat untuk melakukan bulan madu dan pernikahan. 

Kesukaan warga Korea Selatan itu pun terlihat dari jumlah rute pesawat langsung antara Indonesia- Korea. Menurut Wisnu, saat ini dalam sepekan ada 9 kali penerbangan langsung dari Korea ke Bali. Ia pun memprediksi bahwa kunjungan wisatawan Korea ke Bali akan terus meningkat. Hal itu jauh dibandingkan pesawat langsung dari Jakarta - Korea yang hanya sebanyak 3 kali dalam sepekan. 

Saat ini, pemerintah sedang menawarkan lebih banyak pilihan destinasi wisata yang kira-kira cocok untuk masyarakat Korea. Harapannya ke depan akan lebih banyak rute pesawat langsung dari Korea ke berbagai wilayah di Indonesia. "Kami akan coba tawarkan ke Yogyakarta, Manado dan Batam lebih banyak lagi. "Surprisingly, mereka mau ke Manado," kata Wisnu.

Korea Tourism Organization menyelenggarakan acara Korea Culture & Travel Festival 2023 dalam rangka memperingati hubungan diplomatik antara Korea - Indonesia yang ke-50 tahun. Ada sejumlah rangkaian acara yang akan diselenggarakan dalam festival tersebut, yaitu K-Travel Mart & Night 2023, K-Travel Expo 2023 dan K-Culture Popup Square 2023. 

Selain memperingati hubungan diplomatik antara Korea- Indonesia yang berlangsung setengah abad itu, acara ini pun diharapkan bisa menjadi kampanye Visit Korea Year 2023 – 2024, dan kampanye Busan World Expo 2030. "Rangkaian acara besar ini berlangsung selama sepuluh hari di tiga tempat yang berbeda," kata Direktur Korea Tourism Organization Jakarta Office, Yang Su Bae.

Wisnu dan Yang SU Bae hadir dalam pembukaan K-Travel Expo yang akan diadakan pada tanggal 1 – 3 September 2023 di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Pada ajang ini, masyarakat yang berencana berkunjung ke Korea, bisa menikmati berbagai promosi menarik yang ditawarkan para maskapai seperti Asiana Airlines, hingga Garuda Indonesia. Pengunjung juga bisa mendapatkan penawaran spesial untuk paket wisata melalui 10 agen pariwisata pilihan yang hadir di Food Society Kota Kasablanka. Pengunjung yang ingin mendapatkan informasi lebih mengenai wisata dan kegiatan di Korea dapat mendatangi stan kantor pariwisata regional Korea di Grand Atrium. 

Pilihan Editor: Hal yang Paling Tasya Kamila Suka dari Korea Selatan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."