Wali Kota Mojokerto, Ika Puspita Sari Raih Apresiasi Bidang Pariwisata Berkarakter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang memenangkan apresiasi kategori pariwisata berkarakter/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang memenangkan apresiasi kategori pariwisata berkarakter/Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

1. Kategori Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan

Kategori ini menghadirkan daerah-daerah yang terus berupaya meningkatan kemajuan melalui aksesibilitas pendidikan, bantuan pembiayaan pendididkan, hingga menyiapkan lulusan siap
kerja. Sejalan dengan itu, Indeks Pembangunan Manusia atau IPM di daerah-daerah ini juga naik, seiring dengan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Agam
Kabupaten Lombok Tengah
Kota Cilegon
Kota Surabaya
Kota Gorontalo

2. Kategori Percepatan Infrastruktur

Ketersediaan infrastruktur adalah langkah awal untuk membangun perekonomian. Dengan infrastruktur yang memadai, maka mobilitas orang dan barang akan lebih mudah, cepat, efisien, dan berimplikasi positif pada sektor-sektor yang lain.

Ada tujuh pemerintah daerah yang menggenjot percepatan infrastruktur. Dalam hal ini, infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, pelabuhan, bandara, membuka konektivitas, dan memudahkan aksesibilitas bagi daerah di sekitarnya.

Provinsi DKI Jakarta
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Kalimantan Timur
Provinsi Kalimantan Utara
Kabupaten Tapanuli Utara
Kabupaten Musi Rawas
Kota Banjarmasin

3. Kategori Pariwisata Berkarakter

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang banyak menyerap tenaga kerja, menggerakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berdampak langsung kepada masyarakat.

Setiap daerah ini mampu mengangkat ciri khas atau karakter yang berbeda. Ada yang memiliki situs peninggalan zaman megalitik, punya daya tarik wisata alam bersama hiu paus, event pariwisata, hingga mengoptimalisasi fasilitas sebagai hub daerah pariwisata.
Provinsi Bali
Provinsi Sulawesi Tengah
Kabupaten Bone Bolango
Kabupaten Banyuwangi
Kota Mojokerto
Kota Semarang

4. Kategori Pengembangan Digitalisasi

Sekarang adalah era digital. Termasuk untuk pelayanan publik yang dapat dirasakan masyarakat hanya dalam genggaman.

Ada lima pemerintah daerah yang menunjukkan pencapaian digitalisasi yang signifikan dalam hal pelayanan publik, membayar pajak, pemberdayaan ekonomi, hingga gerakan cinta rupiah
dengan menggunakan pembayaran non-tunai.

Ada pula Indeks Elektronifikasi Transaksi Keuangan Daerah yang dilansir Bank Indonesia melalui kantor-kantor perwakilannya di berbagia daerah, yang menunjukkan daerah ini sudah meningkat dari kategori maju menjadi digital.

Kota Medan
Kota Malang
Kota Tarakan
Kota Makassar
Kota Padang Panjang

5. Kategori Pendorong Ekonomi Kerakyatan

Pemerintah daerah ini mendukung sektor perekonomian kerakyatan, seperti pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, koperasi, hingga usaha mikro, kecil, dan menengah. Intervensi pemerintah dalam produktivitas pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, koperasi, hingga UMKM begitu berarti di era globalisasi saat ini.

Dengan memberikan dorongan kepada sektor-sektor ini, maka masyaraat dapat langsung merasakan manfaatnya untuk meningkatkan kesejahteraan.

Kabupaten Lamongan
Kabupaten Keerom
Kabupaten Bandung
Kabupaten Dairi
Kabupaten Tabalong
Kabupaten Sumba Barat Daya
Kabupaten Gorontalo

6. Kategori Pembangunan Daerah 3T

Daerah 3T membutuhkan perhatian dan perlakuan khusus karena karena memiliki tantangan geografis yang berbeda dari wilayah lainnya. Ada yang merupakan daerah pemekaran, ada yang berbatasan dengan negara lain. Dan ada pula yang berusaha keluar dari status desa sangat tertinggal, hingga akhirnya sekarang tidak ada lagi desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

Kabupaten Buru Selatan
Kabupaten Tanah Laut
Kabupaten Kepulauan Talaud

7. Kategori Penjabat Kepala Daerah Inovatif

Daerah-daerah yang memasuki masa transisi dipimpin oleh penjabat kepala daerah. Mereka pun berinovasi meski masa jabatannya hanya sebentar. Mereka tetap berupaya semaksimal mungkin untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi masyarakat.

Ada penjabat bupati yang menghadirkan inovasi pengolahan limbah kelapa menjadi produk bernilai. Penjabat kepala daerah yang berupaya mendorong daya tarik pariwisata, meningkatkan pendapatan dengan membebaskan denda pajak, dan bercita-cita membuat mal pelayanan publik.

Kabupaten Jayapura
Kota Jayapura
Kota Payakumbuh
Kota Pekanbaru
Kabupaten Musi Banyuasin

8. Kategori Penggerak Kemajuan Daerah Berciri Kepulauan

Indonesia adalah negara maritim. Daerah ini memiliki perairan yang lebih luas dari daratan. Keadaan tersebut tentu membutuhkan upaya tersendiri dalam pembangunan konektivitas antar-pulau, aksesibilitas lewat jalur laut dan udara menjadi kunci pertumbuhan daerah berciri kepulauan.

Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi NTB
Provinsi NTT
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pilihan Editor: Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Ungkap Tantangan Tersulit jadi Kepala Daerah sekaligus Ibu

TEMPO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."