Ketahui Fungsi Air Purifier Sebelum Memutuskan Membeli, Ini Imbauan Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
CARTRIDGE Air Purifier Coway. (dok. PT Coway International Indonesia)

CARTRIDGE Air Purifier Coway. (dok. PT Coway International Indonesia)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cukup banyak pertanyaan tentang penggunaan penjernih udara atau air purifier dalam ruangan dalam masa polusi udara sekarang ini. Kementerian Kesehatan hari ini juga sudah memberikan edukasi masyarakat dalam bentuk 6M + 1S. dimana M ketiga adalah menggunakan penjernih udara dalam ruangan. 

Di satu sisi maka tentu anjuran ini agar kita di dalam ruangan akan dapat menghirup udara yang lebih baik, tapi di sisi lain bukan tidak mungkin akan ada berbagai jenis penjernih udara yang ditawarkan dan masyarakat tentu tidak mudah memilihnya. 

Menurut Ketua Majelis Kehormatan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Prof Yoga Adi Tjandra jika mengutip laman website pemerintah Amerika Serikat US Environmental Protection Agency  memberi beberapa patokan umum yang penting. Pertama, tidak ada penjernih ruangan atau filter apapun yang dapat menghilangkan seluruh polusi udara di dalam ruangan atau rumah Anda. Kedua, semua filter yang dijual pasti memerlukan penggantian secara berkala. Lalu, kita tahu bahwa polusi udara terdiri dari partikel dan gas. 

"Nah, untuk menyaring partikel maka pilihlah penjernih ruangan portabel yang memiliki “clean air delivery rate (CADR)” yang cukup besar yang sanggup mencakup luas ruangan yang ada. Kalau untuk  menyaring gas maka maka pilihlah penjernih ruangan portabel yang punya sistem activated carbon filter atau sistem lain yang khusus didesain untuk menghilangkan gas. Disebutkan juga bahwa secara umum makin tinggi kecepatan kipas angin dan makin lama penggunaannya akan makin meningkatkan jumlah udara yang disaring," ucap Prof Yoga melalui siaran pers, Senin, 28 Agustus 2023. 

Sementara itu, laman AirNow Department of State menjelaskan ada beberapa panduan yang dapat dipakai sebagai acuan. Pertama, gunakan penjernih ruangan yang menghilangkan partikel yang mencakup high-efficiency mechanical filters dan juga electronic air cleaners, seperti juga electrostatic precipitators. Kedua, sebaiknya jangan gunakan penjernih ruangan yang bekerja dengan menghasilkan ozon atau generating ozone yang akan mungkin meningkatkan polusi dalam ruangan.

Menurut Prof Tjandra penjernih ruangan adalah salah satu upaya yang tentu tidak menjamin sepenuhnya bahwa udara akan bersih. Yang paling utama adalah upaya pemerintah dan kita bersama agar situasi polusi di udara dapat segera di kendalikan. Masyarakat perlu punya persepsi yang tepat tentang peran alat-alat penjernih udara ruangan ini, jangan malah jadi pemahaman yang berkeliaran.

Pilihan Editor: 4 Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Membeli Air Purifier

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."