6 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mengeriting Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan rambut keriting. Pixabay.com/Jonas Svidras

Ilustrasi perempuan rambut keriting. Pixabay.com/Jonas Svidras

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tertarik mengeriting rambut dalam waktu dekat ini? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengeriting rambut. Mengeriting rambut tidak hanya melibatkan proses kimia yang hampir bersifat ilmiah, tetapi juga mengubah tekstur rambut Anda. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak penjelasan para pakar rambut.

1. Apa itu Mengeriting Rambut?

Menurut Aaron Grenia, salah satu pendiri IGK Hair Care, mengeriting rambut adalah salah satu metode populer dalam penataan atau styling rambut yang menambahkan tekstur, volume, dan bentuk. Menurut dia, Pengeritingan rambut modern tidak serumit seperti tren pada tahun '70-an dan '80-an, dan juga lebih ramah terhadap rambut.

"Umumnya lebih ringan dan tidak merusak jika dibandingkan dengan formula lama, waktu pemrosesan mengeriting rambut juga lebih singkat," ujar Grenia, dikutip dari Real Simple, 17 Agustus 2023.

Dari segi peralatan mengeriting rambut juga telah mengalami perkembangan pesat. "Pengeritingan rambut modern menawarkan berbagai ukuran dan bentuk batang, yang memungkinkan untuk menciptakan keriting atau gelombang yang lebih sesuai dan tampak lebih alami," tambahnya.

Sementara itu, teknik pengeritingan di masa sering menghasilkan keriting yang seragam dan kadang-kadang terlalu kencang.

2. Proses Pengeritingan Rambut

Proses membuat pengeritingan rambut bisa memakan waktu beberapa jam, jadi pastikan Anda memiliki banyak waktu luang dalam jadwal Anda sebelum membuat janji. Dan lakukan riset sebelumnya, pilihlah salon yang mengkhususkan diri dalam pengeritingan rambut. Jangan ragu untuk memeriksa hasil pekerjaan calon penata rambut Anda untuk memastikan Anda menyukai dan mempercayai hasil kerjanya.

Setelah berdiskusi dengan penata rambut tentang hasil yang Anda inginkan, rambut Anda akan dicuci dengan teliti untuk menghilangkan produk perawatan, minyak, atau kotoran sebelum dibagi menjadi beberapa bagian dan dililitkan di sekitar batang pengeriting atau rol, ungkap Grenia

Ukuran dan jenis batang pengeriting yang digunakan akan mempengaruhi ukuran dan jenis keriting atau gelombang yang akan terbentuk. Rambut akan dililit dengan erat untuk menciptakan keriting yang lebih kecil dan lebih kencang, atau lebih longgar untuk gelombang yang lebih besar dan lebih lemah.

Setelah rambut dililit di batang, penata rambut akan mengaplikasikan solusi kimia.

"Ini akan memecah ikatan disulfida dalam rambut, yang menentukan bentuk alami rambut," terang Grenia.

Setelah itu, Anda akan menunggu sambil rambut Anda diproses, yang waktunya berbeda tergantung pada jenis rambut Anda. Rata-rata, proses ini memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit, menurut Grenia.

Setelah waktu pemrosesan selesai, penata rambut akan melepas batang pengeriting dan kemudian membilas rambut Anda untuk memastikan tidak ada sisa larutan kimia. "

Larutan netralisasi akan diaplikasikan untuk mengunci bentuk keriting yang baru terbentuk," kata Andrew Zumbo, penata rambut dan duta dari American Crew.

Langkah netralisasi ini sangat penting karena mengatur ulang ikatan rambut dalam bentuk keriting atau gelombang baru yang Anda inginkan.

Terakhir, rambut Anda akan dibilas sekali lagi oleh penata rambut dan batang pengeriting akan dilepas. "Rambut kemudian akan dibilas dengan lembut sekali lagi, dan mungkin akan diterapkan perawatan pelembap untuk mengembalikan kelembapan dan menjaga kesehatan rambut," ungkap Grenia.

3. Yang Paling Cocok Mengeriting Rambut

Menurut Grenia, pemilik rambut alami lurus atau bergelombang ringan paling cocok melakukan pengeritingan rambut.

"Rambut yang sudah sangat keriting mungkin tidak akan merespons larutan pengeritingan dengan baik dan bisa menghasilkan keriting yang terlalu kencang atau rambut yang sulit diatur," jelasnya.

Jika rambut Anda dalam kondisi tidak sehat, maka sebaiknya hindari melakukan pengeritingan rambut.

"Jika rambut Anda rusak, terlalu sering diwarnai, atau memiliki banyak ujung rambut yang bercabang, Anda mungkin bukan kandidat yang cocok untuk pengeritingan rambut," imbaunya.

Sebab zat kimia dalam larutan pengeritingan dapat lebih memperparah kerusakan rambut.

4. Berapa Lama Efek Pengeritingan Rambut?

Berapa lama efek dari pengeritingan rambut akan bertahan tergantung pada berbagai faktor, menurut Grenia. Ini termasuk jenis rambut, jenis keriting atau gelombang yang Anda pilih, rutinitas perawatan rambut, serta seberapa cepat rambut Anda tumbuh.

Rata-rata, efek pengeritingan rambut ini dapat bertahan antara dua hingga enam bulan sebelum memerlukan perbaikan atau sentuhan ulang.

5. Apakah Bisa Mengeriting Rambut Sendiri di Rumah?

Para penata rambut tidak menyarankan untuk mengeriting rambut sendiri di rumah. "Meskipun merias rambut sendiri bisa menjadi hal yang menyenangkan dan ekonomis, pengeritingan rambut melibatkan proses kimia yang kompleks dan memerlukan keahlian profesional untuk memastikan keselamatan dan hasil yang baik," imbuh Grenia.

"Potensi risiko dari pengeritingan rambut sendiri di rumah meliputi iritasi atau luka kimia, pemrosesan yang kurang tepat atau berlebihan, serta kerusakan pada rambut," tambahnya.

6. Jenis Pengeritingan Rambut

Pakar rambut mencatat bahwa jenis-jenis pengeritingan rambut berikut ini sangat diminati di masa sekarang.

Keriting Spiral 

Jenis pengeritingan ini cocok bagi mereka yang menginginkan keriting yang terdefinisi dan bertekstur, menurut Zumbo. Untuk mendapatkan tampilan ini, dia menjelaskan bahwa rambut akan "dililitkan di sekitar batang panjang dalam pola spiral" untuk menciptakan "keriting yang seragam yang dimulai dari akar dan merunduk ke bawah."

Keriting Body Wave

Jika Anda lebih suka gelombang yang lebih lembut dan alami, maka keriting body wave mungkin menjadi pilihan yang tepat. Menurut Zumbo, gaya ini melibatkan melilitkan bagian-bagian rambut di sekitar batang yang lebih besar untuk mencapai pola gelombang yang lebih besar dan alami. Berbeda dengan keriting yang kencang, pengeritingan gelombang tubuh memberikan tekstur yang lebih halus dan memberikan volume serta gerakan pada rambut.

Keriting Beach Wave 

Jika Anda menginginkan gelombang yang longgar dan kasual, seperti setelah seharian berada di tepi pantai, Zumbo merekomendasikan pengeritingan gelombang pantai untuk menciptakan tampilan yang lebih penuh dan bergerak.

Keriting Penambah Volume

Jika volume rambut adalah prioritas utama Anda, pertimbangkan untuk melakukan pengeritingan pada bagian akar rambut. Zumbo menekankan bahwa jenis pengeritingan ini didesain untuk menambahkan angkat dan volume pada rambut, sangat cocok bagi individu dengan rambut tipis atau halus.

Pilihan Editor: 6 Cara Merawat Rambut Keriting, Keramas dengan Air Dingin

IVANA FELYSITASWATI PALLA | REAL SILMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."