Cara Merawat Rambut Keriting, Jangan Lupa Gel dan Minyak Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan rambut keriting. Foto: Freepik.com/lookstudio

Ilustrasi perempuan rambut keriting. Foto: Freepik.com/lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap jenis rambut mempunyai perawatan rambut tersendiri termasuk pemilik rambut keriting. Salah satu cara merawat rambut keriting yang perlu diperhatikan adalah dibasahi dengan air dan minyak saat pagi hari. Hal itu diungkapkan oleh pendiri UMKM produk perawatan rambut “Kriwil Indonesia,” Gracia Indriani.

"Pagi-pagi (setelah bangun tidur) basahin pakai air, kasih minyak rambut sedikit, balurin," kata Gracia dalam acara “Peluncuran Fitur AR Tokopedia” di Jakarta, Rabu, 24 Mei 2023.

Saat keramas, usahakan gosok rambut hingga kulit kepala bersih. Gunakan sampo yang tidak menimbulkan iritasi dan cocok untuk rambut, lalu bilas hingga busa sampo hilang.

Setelah itu, dalam kondisi rambut masih basah, tuangkan kondisioner secukupnya dan balurkan ke seluruh rambut. Basuh kembali dengan air bersih, lalu balurkan kembali kondisioner untuk kedua kalinya pada rambut, dan bilas kembali.

Selesai keramas dan menggunakan kondisioner, balurkan gel rambut khusus untuk rambut keriting secukupnya hingga merata ke seluruh rambut. Terakhir, tuangkan minyak rambut agak banyak ke seluruh rambut, lalu remas-remas rambut hingga tekstur rambut terlihat.

Gracia juga mengimbau agar tidak menyisir rambut keriting saat rambut dalam keadaan kering. Sisir rambut dalam keadaan basah, lalu remas-remas rambut ke arah atas agar tekstur rambut tetap terjaga.

Dia juga mengatakan pemakaian minyak rambut tidak terbatas pada minyak berbahan dasar kelapa saja. Minyak rambut dengan bahan lain, seperti minyak kemiri juga dapat digunakan untuk menjaga rambut tetap sehat. Baginya, perawatan rambut keriting tidak sulit asalkan teknik yang digunakan tepat.

Hindari penggunaan catok rambut berlebihan karena panas dari alat tersebut dapat merusak rambut. Bahkan, rambut keriting yang terlalu sering terpapar panas catokan dapat menjadi kering dan rusak. Rambut keriting sebaiknya tidak diluruskan secara terus-menerus dengan catok rambut agar pertumbuhannya tidak terhambat.

Pilihan Editor: 6 Cara Merawat Rambut Keriting, Keramas dengan Air Dingin

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."