3 Cara Memperbaiki Potongan Rambut yang Salah, Terlalu Pendek atau Terlalu Tipis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita potong rambut. Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi wanita potong rambut. Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Anda mengalami datang ke salon dengan harapan potongan rambut baru yang kece, tapi hasilnya tak sesuai harapan? Jika iya, kamu tidak sendirian. Sekali dalam seumur hidup kita pernah mengalami potongan rambut yang salah. Jika hal itu terjadi baru-baru ini,  jangan terlalu risau. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki beberapa potongan rambut yang salah menurut para penata rambut.

1. Potongan Rambut Terlalu Banyak Lapisan atau Layer

Menurut Cassandsra Olivia, penata rambut, ahli warna rambut, dan kosmetologis bersertifikat, jika Anda masih ragu dengan seberapa banyak lapisan atau layering yang Anda inginkan, pastikanlah sebelum meninggalkan salon. Sebab Anda tidak disarankan memperbaiki layering sendiri di rumah.

"Jika Anda sudah meninggalkan salon, mohon jangan mencoba menambahkan lapisan atau bahkan menghilangkannya di rumah. Hal itu akan memperburuk masalah. Sebaliknya, kembalilah ke penata rambut asli Anda atau cari penata rambut baru untuk membantu memperbaiki masalah ini," jelasnya dikutip dari Purewow, 23 Agustus 2023.

Jika Anda memiliki terlalu banyak lapisan, ini berarti lebih banyak rambut Anda yang panjangnya lebih pendek dari yang diharapkan, jadi Anda harus menunggu hingga rambut Anda tumbuh kembali dan secara bertahap memangkas bagian yang paling panjang untuk secara perlahan menutup celah di antara lapisan tersebut. potongan yang lebih pendek, menurut Tom Smith, penata rambut selebriti dan Direktur Kreatif Warna Internasional untuk Evo Hair.

Untuk sementara, Anda juga dapat bereksperimen dengan gaya baru. Salah satu perbaikan cepat untuk menyamarkan bagian layering yang lebih pendek adalah dengan mempertimbangkan gaya setengah ke atas, yang akan menarik lapisan yang lebih pendek dan membiarkan bagian yang terpanjang tetap di bawah.

2. Terlalu Tipis

“Memotong bagian yang paling tipis dapat langsung membuat rambut Anda terlihat lebih penuh lagi, tetapi jika Anda tidak ingin menjadi lebih pendek, pertimbangkan untuk menata ujungnya dengan gelombang atau kibasan, yang akan mengalihkan perhatian dari fakta bahwa rambut tersebut menipis,” kata Smith.

Pastikan juga untuk menggunakan pelindung panas yang berkualitas saat menata rambut, terutama pada rambut yang terlalu tipis, yang akan lebih rentan terhadap kerusakan akibat panas, imbau Smith.

Untuk memperbaiki potongan rambut yang terlalu tipis, Olivia juga merekomendasikan penggunaan produk yang dirancang untuk menambah volume guna mempercantik rambut yang masih Anda miliki dan mengoptimalkan kesehatan kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan baru.

"Saat menata helai rambut Anda, produk yang tepat—baik itu krim atau semprotan gelombang—dapat langsung menciptakan lebih banyak tekstur," tambah Howard McLaren, Co-Founder dan Direktur Kreatif R+Co.

Produk yang memberi tekstur sangat bagus untuk ujung rambut yang menipis karena dapat menambah kepenuhan di seluruh bagian rambut (yang dapat membantu memadukan bagian yang tidak rata dengan sisa rambut Anda) dan jika Anda memiliki saat-saat yang membutuhkan lebih banyak penataan rambut, dia merekomendasikan untuk mengeritingkan rambut Anda.

"Rol panas bekerja dengan cepat dan memberikan kilau serta pergerakan pada rambut yang lebih panjang. Pada rambut yang lebih pendek, gunakan pengering rambut dan alat pengeriting rambut," kata McLaren.

Trik lain yang disarankan McLaren adalah memakai topi jenis beanie untuk sementara saat Anda bersiap-siap. Ini akan membantu menghaluskan rambut Anda saat bagian atasnya terlalu menggembung.

3. Terlalu Pendek

Semua pakar sepakat bahwa salah satu taktik jitu untuk mengatasi potongan rambut yang lebih pendek dari yang diinginkan adalah dengan menggunakan aksesori.

"Ikat kepala yang lucu dapat membantu mengalihkan perhatian dari potongan rambut yang buruk saat rambut itu tumbuh," kata Redway. Anda juga dapat menggunakan jepit rambut.

Selain pemakaian aksesori, Anda juga dapat mempertimbangkan sentuhan highlight. Anda bisa mencoba menerapkan highlight lembut pada bagian tidak rata yang ingin Anda sembunyikan.

Cara Menghindari Potongan Rambut yang Salah

1. Bawalah foto model rambut yang Anda inginkan. "Saya selalu meminta klien saya membawa tiga foto orang yang berbeda dengan gaya rambut sama, sehingga saya benar-benar dapat memahami getaran yang mereka sukai," kata Smith.

Lalu, penting untuk mendiskusikan secara spesifik apa yang Anda sukai dari setiap foto dan mengaitkan referensi tersebut kembali ke fitur wajah Anda sendiri.

"Ingatlah, semuanya memiliki jarak yang berbeda antara mata dan tulang pipi serta panjang leher yang berbeda," imbuh Smith

2. Mintalah waktu tambahan dari awal. Beri tahu penata rambut Anda bahwa Anda memerlukan waktu tambahan untuk meninjau foto bersama mereka sebelum memulai janji temu. Dengan begitu, saat resepsionis membuatkan janji temu, mereka dapat menambahkan waktu konsultasi pada janji temu tersebut, sehingga Anda tidak merasa terburu-buru.

3. Tanyakan kepada penata rambut Anda apakah potongan yang Anda cari sesuai dengan jenis rambut, kepadatan dan panjang rambut Anda, serta bentuk wajah Anda.

Bersikaplah terbuka terhadap penata rambut yang memberikan saran profesionalnya, tetapi jangan takut untuk angkat bicara jika Anda merasa mereka mengarah ke arah yang tidak Anda sukai.

Pilihan Editor: Perlukah Keramas Sebelum Potong Rambut? Ini Kata Hair Stylist

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."