Gaya Parenting ala Dian Sastro, Bebaskan Anak Melakukan Kesalahan untuk Belajar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Gaya riasan Dian Sastro yang flawless saat menghadiri malam penganugerahan Festival Film Indonesia 2022/Foto: Instagram/Dian Sastro

Gaya riasan Dian Sastro yang flawless saat menghadiri malam penganugerahan Festival Film Indonesia 2022/Foto: Instagram/Dian Sastro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua memiliki style atau gaya parenting yang berbeda-beda, begitu pula dengan aktris Dian Sastrowardoyo yang akrab disapa Dian Sastro. Ibu dua anak ini menerapkan gaya parenting yang membebaskan anak untuk melakukan kesalahan dengan catatan anak tidak merasa overthinking dan insecure

Pengalaman Dian memiliki anak perempuan membuatnya paham bahwa ternyata anak perempuan suka tidak percaya diri kalau berbuat kesalahan. Padahal kalau kita belajar tidak perlu takut salah duluan, sebab semuanya bisa dicoba walaupun awalnya salah. 

"Pengalaman anak saya tuh yang perempuan pernah ngerasa insecure sampai mau nangis dan tekanan batin gitu pas belajar matematika, kaya udah overthinking duluan gitu kalau misal takut salah," ucap pemeran dalam film Aruna dan Lidahnya ini usai ditemui di acara Perempuan Inovasi, Selasa, 22 Agustus 2023 di Jakarta. 

Solusinya, lanjut Dian, ia sering mengajak anaknya untuk bermain games. Uniknya games yang Dian mainkan harus salah dulu. "Goals-nya ialah untuk mengubah mindset tidak apa-apa jika melakukan kesalahan, salah itu dibuat fun pandangannya bisa berubah soal salah dan benar," imbuhnya. 

Misalnya dalam kegiatan ekstrakurikuler tidak cocok juga boleh pindah, terpenting anak bisa mencoba dulu mana yang membuat mereka fun atau sebaliknya. Bagi Dian melakukan kesalahan bukanlah sesuatu yang buruk, sebab itu menjadi proses yang berlangsung sampai sekarang.  "Kaya dulu belajar matematika suka nangis, sekarang jadi lebih baik progressnya karena dia jadi lebih percaya diri," sambung Dian. 

Pilihan Editor: Ruang Kerja yang Nyaman bagi Dian Sastro: Gak Bisa Terlalu Rapi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."