4 Manfaat Minyak Alpukat untuk Rambut dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Minyak Alpukat. Freepik.com/Freepic.diller

Minyak Alpukat. Freepik.com/Freepic.diller

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam minyak nabati yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, termasuk minyak alpukat. Menurut Ahli Kimia Kosmetik, Krupa Koestline minyak alpukat cocok untuk semua jenis rambut karena relatif ringan dan tidak berminyak. Selain melembapkan, minyak alpukat juga bermanfaat menambah kilau. Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat minyak alpukat untuk rambut yang perlu kita ketahui bersama.

Manfaat Minyak Alpukat untuk Rambut

1. Melembapkan Rambut

Minyak alpukat kaya akan asam lemak, terutama asam oleat, yang membantu menutrisi dan melembapkan rambut, kata Koestline. Kandungan itu bagus untuk rambut itu sendiri, tetapi minyak alpukat juga mengandung potasium dan magnesium, yang kemudian membantu mengunci kelembapan ke dalam batang rambut dan juga memiliki manfaat perlindungan, catat pakar rambut Tatum Neill, direktur kreatif Elevate Hair dan Aveda Arts and Sciences Institut.

2. Membantu Mencegah Kerusakan Rambut

Kandungan asam lemak yang tinggi di minyak alpukat memiliki manfaat lain juga. “Pelumasan dari asam lemak juga membantu mencegah kerusakan pada helai rambut,” jelas Koestline, dikutip dari Real Simple, Jumat, 18 Agustus 2023.

3. Membantu Pertumbuhan Rambut Sehat

Vitamin K dan Vitamin B adalah dua komponen penting lainnya dari minyak alpukat. “Vitamin K membantu mencegah pengapuran pada kulit kepala, yaitu saat kalsium menumpuk, mencegah pertumbuhan rambut,” kata Koestline.

Minyak alpukat juga mengandung tiga jenis vitamin B (vitamin B5, B6, dan folat), yang semuanya membantu menghasilkan pertumbuhan rambut yang sehat juga.

4. Kaya Antioksidan

Anda mungkin sudah tahu bahwa antioksidan baik untuk kulit Anda, dan itu juga berlaku untuk kulit kepala Anda. Lebih khusus lagi, minyak alpukat mengandung Vitamin C dan E, yang mencegah kerusakan radikal bebas pada folikel rambut, kata Koestline. Dan folikel rambut yang sehat sangat penting untuk kesehatan rambut.

5. Menembus Ke Batang Rambut untuk Manfaat Maksimal

“Minyak alpukat memiliki potensi yang luar biasa untuk menembus batang rambut,” kata Neill. Itulah bagian dari alasan mengapa sangat bagus untuk menggunakannya dalam produk yang dipasangkan dengan bahan lain yang baik untuk rambut Anda, catatnya.

Itu juga alasan mengapa, sesuai poin Koestline sebelumnya, minyak alpukat tidak akan memberatkan atau membuat rambut Anda terasa berminyak.

Cara Menggunakan Minyak Alpukat untuk Rambut

Pertama dan terpenting, ingatlah bahwa tidak semua minyak alpukat diciptakan sama. Koestline menyarankan untuk mencari minyak alpukat murni yang diperas dingin, ini adalah jenis yang paling halus dan akan memiliki profil nutrisi yang paling utuh.

Cara favoritnya untuk menggunakan minyak alpukat, oleskan dua hingga tiga sendok makan minyak alpukat ke bola kapas lalu tekan ke kulit kepala Anda. Pijat dengan ujung jari Anda selama lima hingga 10 menit, lalu biarkan selama setidaknya satu jam sebelum dicuci. Sementara itu, Koestline menambahkan bahwa sangat bagus untuk mencari minyak alpukat dalam perawatan rambut dan kondisioner tanpa bilas.

Produk minyak alpukat yang Anda pilih sebagian besar merupakan masalah preferensi pribadi, meskipun perlu diingat bahwa Anda akan menuai lebih banyak manfaat dalam produk tanpa bilas daripada produk yang dicuci, seperti sampo, kata Koestline. Dan pastikan bahwa minyak alpukat tercantum di bagian atas daftar bahan, tanda bahwa sebenarnya ada cukup minyak di dalam produk untuk memberikan efek optimal.

Pilihan Editor: 4 Manfaat Tea Tree Oil untuk Rambut dan Efek Sampingnya

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."