Hadiri Upacara Bendera 17 Agustus di Istana, Sri Mulyani Pakai Baju Adat Soe NTT

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Sri Mulyani dan Suaminya dalam persiapan upcara bendera 17 Agustus 2023 di Istana Negara/Instagram@smindrawati

Sri Mulyani dan Suaminya dalam persiapan upcara bendera 17 Agustus 2023 di Istana Negara/Instagram@smindrawati

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenakan pakaian adat dari Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam menyambut upacara bendera di istana negara. "Me and my lovely.. bersiap menghadiri upacara peringatan HUT RI ke-78 hari ini..," tulisnya dalam akun Instagram pribadinya pada 17 Agustus 2023. 

Sri Mulyani mengenakan pakaian serasi dengan suaminya, Tonny Sumartono. Sri Mulyani mengenakan pakaian dasar biru, sementara Tonny mengenakan atasan berwarna merah terang. Namun kain tenun keduanya memiliki motif yang sama, yaitu bernuansa merah dan putih. Kain tenun itu bernama Nunkolo. Sri Mulyani menyematkan tenun itu sebagai selendang ke kedua pundaknya, sehingga kedua ujungnya menjuntai di belakang, sedang Tonny menyematkan Nunkolo di salah satu pundaknya. Sehingga satu ujungnya, menjuntai di depan, dan satu lagi menjuntai di belakang. 

Kesamaan lain adalah dalam aksesori kepala. Dengan rambut yang disanggul, Sri Mulyani menambahkan aksesori kepala khas NTT. Tonny pun begitu, ia mengenakan aksesori senada dengan Sri Mulyani di bagian kepalanya. Dalam unggahannya, Sri Mulyani dan Tonny terlihat mesra saling membantu memakainkan aksesori kepala mereka.

Dalam unggahannya, Sri Mulyani menyebut daerah asal baju itu adalah 'The Freezing City' atau kota yang sangat dingin. Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, kata Sri Mulyani memang terkenal memiliki cuaca lebih dingin dibandingkan kota lain di Pulau Timor.

Namun beruntung pada pagi hari dalam peringatan 17 Agustus 2023, cuaca cukup cerah. "Di hari yang cerah, mengenakan tenun “Nunkolo” bernuansa merah," kata Sri Mulyani memulai pantunnya. 

Ia melanjutkan bahwa senyum pun merekah dalam memulai hari yang istimewa ini. "Senyum merekah menyambut hari yang indah…Melihat Sang Saka Merah Putih berkibar gagah…," katanya. 

Di kolom komentar, masyarakat dari NTT terlihat bangga ketika melihat pakaian adat yang dikenakan Sri Mulyani. "Terima kasih Ibu dan Bapak, sudah mengenakan pakaian adat NTT-Soe. Kami turut berbangga. MERDEKA," tulis akun @mian_S***. 

Netizen lain dengan akun @delys_sio*** menuliskan tentang kain tenun yang dikenan Sri Mulyani dan Tonny. "Nunkolo, Timor Tengah, terima kasih sudah mengenakan pakaian adat Timor perempuan panutanku, salam dari Perempuan Timor," tulis akun tersebut. 

Bagaiman pendampilan Sri Mulyani menurut kamu? 

Pilihan Editor: Sri Mulyani Pilih Warna Pink Cetar di Sidang Tahunan MPR, Hingga Disindir Menteri Basuki

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."