Ketahui Manfaat dan Efek Samping Skin Cycling

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perawatan Wajah/Canva Premium

Ilustrasi perawatan Wajah/Canva Premium

IKLAN

Efek Samping Skin Cycling

Skin cycling dapat membantu mencegah potensi efek samping dari bahan-bahan seperti exfoliant dan retinoid karena istirahat memberi kesempatan pada kulit Anda untuk memperbaiki dirinya sendiri, kata dokter Wattenberg. Tetapi jika Anda belum menggunakan retinoid, Anda mungkin mengalami beberapa efek samping saat memulai.

“Retin-A dan retinol adalah dua bahan umum yang menyebabkan kekeringan, iritasi, dan bahkan peradangan saat Anda mulai menggunakannya,” kata Wattenberg.

Menurut Clinic Cleveland, retinol dapat membuat Anda lebih rentan terhadap sengatan matahari, membuat tabir surya menjadi lebih penting dari biasanya. Efek samping ini biasanya berkurang saat kulit Anda menyesuaikan dengan bahannya.

Untuk orang dengan kulit sensitif, Bowe menyarankan untuk menggunakan pelembap terlebih dahulu untuk menahan efek potensial retinoid, terutama di area sensitif seperti di sekitar mata dan sudut hidung, mulut, dan leher. Setelah kulit Anda terbiasa dengan retinoid, dia menyarankan untuk membalik urutannya dan mengoleskan retinoid terlebih dahulu kemudian pelembap.

Jika Anda memiliki eksim atau rosacea, Anda dapat menyesuaikan proses ini dengan menambahkan malam pemulihan tambahan.

Apakah Skin Cycling Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Pada umumnya, semua jenis kulit bisa memperoleh manfaat dari skin cycling, tetapi sekali lagi Anda dapat menyesuaikan sesuai jenis dan kebutuhan kulit.

"Jika Anda memiliki kulit berjerawat atau berminyak, Anda dapat mengurangi malam pemulihan sehingga siklus menjadi tiga malam: malam pengelupasan, malam retinoid, pemulihan, ulangi," kata Dr. Bowe.

"Anda juga dapat meningkatkan kekuatan retinoid dengan menggunakan retinoid resep seperti tretinoin atau tazorac," jelasnya.

Jika Anda memiliki kondisi kulit, seperti jerawat atau rosacea, Bowe menyarankan agar Anda berbicara dengan dokter kulit untuk mempersonalisasi rejimen skin cycling, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat resep untuk kulit Anda.

Dan seperti disebutkan di atas, jika Anda sudah menggunakan retinoid setiap malam dan ternyata kulit Anda dapat menoleransinya dengan baik, maka skin cycling mungkin tidak memberikan manfaat sebanyak yang Anda harapkan. Untuk orang-orang ini, Bowe menyarankan agar mereka tetap dengan rutinitas retinoid setiap malam. 

Rutinitas skin cycling mungkin juga tidak ideal untuk seseorang yang sudah menggunakan produk pengelupasan setiap hari tanpa mengalami iritasi (yang mungkin terjadi pada seseorang dengan kulit berminyak atau berjerawat, kata Bowe). Dalam hal ini, dia menyarankan untuk mengubah rutinitas skin cycling untuk memasukkan toner asam salisilat setiap pagi dan campuran asam pengelupas yang lebih kuat pada hari-hari pengelupasan.

Jika Anda  ragu apakah rutinitas skin cycling cocok untuk kulit Anda, tanyakan kepada dokter kulit Anda untuk tindakan terbaik Anda.

Pilihan Editor: 4 Manfaat Skin Flooding dan Cara Menerapkannya

IVANA FELYSITASWATI PALLA  | WOMEN'S HEALTH | EVERYDAY HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."