Tinjau Posko Stunting Kalimantan Barat, Ketum Bhayangkari Pastikan Pencegahan Tengkes Maksimal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo melakukan peninjauan posko stunting di Kalimantan Barat pada Senin 14 Agustus 2023/Istimewa

Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo melakukan peninjauan posko stunting di Kalimantan Barat pada Senin 14 Agustus 2023/Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo melakukan peninjauan posko stunting di Kalimantan Barat pada Senin 14 Agustus 2023. Dalam kunjungan di posko stunting RS Bhayangkara Tk III tersebut, Juliati memastikan pemeriksaan terhadap anak stunting dan ibu hamil berisiko tinggi stunting dilakukan secara maksimal.

Data pasien di posko tersebut menunjukkan, di seluruh wilayah Kalimantan Barat untuk anak usia 0-2 tahun terdapat 149 anak severly stunting  dan 302 positif stunting. Kemudian, anak usia 2-5 tahun terdapat 137 severly stunting dan 400 positif stunting. Sedangkan, untuk data ibu hamil yang kekurangan energi dan berpotensi melahirkan anak stunting berjumlah 110 orang. Terakhir, pemeriksaan terhadap ibu menyusui sebanyak 1.669 orang.

“Posko Presisi Stunting ini memang kita dirikan untuk membantu program pemerintah dalam pengentasan stunting,” ujar Juliati pada Selasa 15 Agustus 2023.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil berisiko tinggi stunting, pemeriksaan kesehatan anak stunting, edukasi orang tua guna mencegah anak stunting, dan pemberian makanan bergizi bagi stunting. “Kami juga memberikan 2.000 paket bantuan makanan tambahan bergizi untuk anak stunting dan ibu hamil resiko tinggi stunting,” kata Juliati.

Dari acara tersebut, salah satu ibu yang anaknya menjalani pemeriksaan merasa bersyukur adanya program Bhayangkari Peduli ini. Dengan pemeriksaan kesehatan terhadap anaknya, ia merasa jadi mengetahui kondisi perkembangannya. “Terima kasih ibu atas diselenggarakannya acara ini. Mudah-mudahan ke depan anak-anak kita sehat dan baik perkembangannya,” ujar Desi.

Hal serupa diutarakan Ida, warga Pontianak Barat, yang merasa senang karena dari pemeriksaan ini ia bisa lebih tahu bagaimana gizi yang baik bagi perkembangan anaknya. Ia berharap, acara seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. “Mudah-mudahan semua merata mendapatkan, sama-sama menikmati bantuan dan senang bisa kedatangan Ibu Kapolri dari Jakarta,” katanya.

Pilihan editor: Pentingnya Pendampingan Ibu Hamil Demi Tekan Angka Kematian Ibu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."