4 Kebiasaan Orang yang Bantu Umur Panjang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi perempuan tidur. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan tidur. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seorang penulis dan peneliti yang mempelajari tentang manusia umur panjang di sejumlah negara Zona Biru, Dan Buettner, membeberkan empat kebiasaan manusia-manusia tersebut yang menyebabkan mereka hidup lebih lama, seperti dilaporkan Times of India, Selasa 15 Agustus 2023.

Zona Biru (Blue Zones) adalah proyek Quest Network, Inc, yang mempelajari wilayah-wilayah di dunia di mana penduduknya hidup lebih lama dan sehat. Ilmuwan mengklasifikasikan tempat-tempat ini berdasarkan kemampuan penduduk hidup lebih lama daripada penduduk lain di dunia.

Lima Zona Biru yang telah ditemukan adalah Okinawa (Jepang), Loma Linda (California, AS), Semenanjung Nicoya (Kosta Rika), Ikaria (Yunani), hingga Sardinia (Italia), di mana manusia ditemukan di sebuah desa pegunungan hidup mencapai usia 100 tahun.

Sekecil apapun kebiasaan sehari-hari kita, ternyata sangat memainkan peran besar dalam menentukan kesehatan, kebahagiaan, bahkan jangka waktu hidup. Ini termasuk bagaimana kita memilih untuk menghabiskan pagi, siang, sore, dan bahkan malam hari. Berikut empat kebiasaan malam orang Zona Biru:

1. Pertahankan jadwal tidur yang konsisten

Memiliki jadwal tidur yang konsisten, yang melibatkan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, ternyata dapat membantu seseorang hidup lebih lama.

2. Tidur malam penuh

Menurut Zona Biru, jika seseorang ingin panjang umur, mereka harus tidur sekitar 8 hingga 10 jam setiap malam untuk membantu merevitalisasi otak dan tubuh. Tidur yang cukup akan meningkatkan fungsi otak, kekebalan tubuh, dan tingkat energi.

3. Luangkan waktu bersantai

Meluangkan waktu untuk bersantai dapat memberi pikiran dan tubuh istirahat yang sangat dibutuhkan setelah beraktivitas sepanjang hari. Cara melakukannya bervariasi dari orang ke orang, dan dari satu Zona Biru ke Zona Biru lainnya.

Orang Ikaria (Yunani) bersantai dengan tidur siang, orang Sardinia (Italia) pergi ke bar atau cafe, dan orang Okinawa (Jepang) mengambil waktu sejenak untuk menghormati leluhur mereka. Kita dapat mengambil ide dari mereka atau membuat ritual sendiri untuk bersantai di malam hari. Berjalan-jalan, membaca buku, atau minum secangkir teh hangat. Habiskan waktu dengan diri sendiri untuk bersantai, sehingga tidak membawa stres ke tempat tidur.

4. Tidak boleh ngemil larut malam 

Diet juga memainkan peran kunci dalam memengaruhi umur panjang. Ketika datang ke rutinitas malam hari, orang-orang yang tinggal di Zona Biru biasanya makan malam dengan porsi kecil dan menghindari segala jenis ngemil larut malam. Makan dengan penuh perhatian juga meningkatkan hubungan mereka dengan makanan, dan membantu mereka mempertahankan berat badan yang sehat. Sangat ideal untuk makan sarapan besar atau makan siang, dan menjaga porsi makan malam tetap kecil.

Pilihan editor: Studi: Berbuat Baik kepada Orang Lain Cegah Peradangan dan Bikin Umur Panjang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."