Mengenal Peran Konsultan Laktasi untuk Ibu Menyusui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menyusui. MomJunction

Ilustrasi menyusui. MomJunction

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda seorang ibu baru yang kesulitan menyusui? Merasa kewalahan dan tidak yakin apakah Anda melakukannya dengan benar? Mungkin ada baiknya mempertimbangkan mencari bantuan konsultan laktasi. Sebab konsultan laktasi dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang tak ternilai selama masa penting dalam perjalanan Anda sebagai ibu menyusui.

“Satu tanda yang jelas bahwa Anda dapat memperoleh manfaat dari konsultan laktasi adalah jika Anda mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan selama sesi menyusui. Menyusui seharusnya tidak menyakitkan, dan jika ya, mungkin ada masalah mendasar yang perlu ditangani,” jelas Dr Pratima Thamke, Konsultan Obstetri dan Ginekolog di Motherhood Hospital di Kharghar, India, dikutip dari Hindustan Times, Minggu, 13 Agustus 2023.

Dia juga menekankan konsultan laktasi dapat menilai pelekatan dan posisi bayi Anda untuk mengidentifikasi masalah apa pun dan menawarkan solusi untuk meningkatkan pengalaman bagi Anda berdua. Selain itu, jika berat badan bayi tidak bertambah seperti yang diharapkan atau tampak tidak puas setelah menyusu, berkonsultasi dengan ahlinya dapat membantu memecahkan masalah penyebab potensial.

Tanda-tanda Ibu Menyusui Membutuhkan Konsultan Laktasi

Dr Pratima Thamke mengatakan menyusui adalah cara yang alami dan indah untuk memberi makan bayi Anda, tetapi itu tidak selalu mudah. Banyak ibu baru berjuang dengan menyusui di beberapa titik, dan di situlah konsultan laktasi bisa menjadi pengubah permainan ke arah lebih baik. Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda berikut, mungkin sudah waktunya untuk mencari bimbingan konsultan laktasi.

“Jika Anda kesakitan saat menyusui, itu bisa menunjukkan masalah mendasar yang memerlukan intervensi profesional. Puting yang sakit atau pecah-pecah, nyeri menusuk di payudara Anda selama sesi menyusui, atau ketidaknyamanan yang terus-menerus adalah tanda bahaya. Konsultan laktasi dapat menilai teknik pelekatan Anda dan membantu mengidentifikasi potensi masalah seperti ikatan lidah pada bayi Anda atau posisi yang salah yang mungkin menyebabkan rasa sakit,” katanya.

Manfaat Mengunjungi Konsultan Laktasi

Menurut Dr Pratima Thamke, menyusui juga dapat menghadirkan banyak tantangan, membuat ibu baru merasa kewalahan dan frustrasi dan disinilah peran konsultan laktasi menjadi sangat berharga.

“Salah satu manfaat utama memiliki konsultan laktasi adalah dukungan pribadi yang mereka berikan. Para profesional ini sangat terlatih dalam semua aspek menyusui dan dapat menawarkan panduan yang disesuaikan dengan keadaan unik setiap individu," imbuhnya.

Konsultan laktasi bertindak sebagai pemandu bagi ibu baru, memastikan mereka memiliki akses ke informasi dan sumber daya berbasis bukti yang diperlukan untuk keberhasilan menyusui.

"Mereka memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai teknik menyusui, posisi, masalah pelekatan, masalah pembengkakan, dan bagaimana menangani masalah umum seperti mastitis atau suplai ASI yang rendah,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa memiliki konsultan laktasi menawarkan dukungan emosional selama waktu yang luar biasa. Mereka memahami tantangan dan frustrasi yang datang dengan menyusui, dan kehadiran mereka yang meyakinkan dapat membuat semua perbedaan dalam meningkatkan kepercayaan diri ibu baru.

Konsultan laktasi juga menciptakan ruang yang aman di mana para ibu dapat mengajukan pertanyaan tanpa merasa dihakimi atau tidak mampu. Dukungan emosional ini sangat penting dalam membangun harga diri ibu dan meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi.

Selain itu, konsultan laktasi berperan penting dalam mengidentifikasi potensi masalah atau masalah kesehatan terkait menyusui. Mereka dilatih untuk mengenali masalah umum seperti lidah kaku atau suplai Air Susu Ibu (ASI) rendah sejak dini, memungkinkan intervensi dan perawatan tepat waktu jika diperlukan.

"Keahlian mereka memungkinkan mereka memecahkan masalah yang muncul di sepanjang jalan dan mencegah komplikasi yang berdampak negatif terhadap keberhasilan menyusui,” tuturnya.

Mengunjungi konsultan laktasi memiliki banyak manfaat bagi ibu menyusui. Dari memberikan nasihat ahli tentang teknik menyusui hingga menawarkan dukungan emosional yang sangat dibutuhkan, para profesional ini meningkatkan pengalaman keperawatan secara keseluruhan sambil mempromosikan kesejahteraan ibu.

Pilihan Editor: Pekan ASI Sedunia, Berikut Hal yang Perlu Dilakukan dan Dihindari Ibu Menyusui

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."