6 Kebiasaan Kencan yang Sehat untuk Kelanggengan Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Membangun hubungan yang aman dan langgeng didambakan dalam berkencan. Untuk mencapai hal itu, ada beberapa kebiasaan kencan yang sehat yang perlu diterapkan. Kebiasaan ini menghasilkan rasa percaya, saling pengertian, dan kedekatan emosional yang melampaui sensasi ketertarikan dan kegilaan pertama. Dari komunikasi yang efektif hingga mendorong kerentanan, termasuk kebiasaan sehat yang merupakan langkah pertama menuju hubungan yang langgeng.

Berikut ini beberapa kebiasaan kencan yang sehat menurut Rose Viggiano, Spesialis Hubungan dan Keterikatan, idikutip dari Hindustan Times, 13 Agustus 2023.

1. Latih Komunikasi yang Terbuka dan Jujur sejak Awal

Bagikan pemikiran, perasaan, dan kekhawatiran Anda. Komunikasi yang efektif membangun keamanan, dan hubungan emosional membantu menyelesaikan konflik. Ini tidak berarti mengatakan semua yang ada di pikiran Anda setiap saat. Gunakan ketajaman.

2. Dapat Diandalkan, Terbuka, dan Transparan

Berikan apa yang Anda janjikan untuk disampaikan. Jika Anda mengatakan akan melakukan sesuatu, lakukan, atau jelaskan mengapa Anda tidak bisa. Jangan berjanji berlebihan karena takut akan tanggapan mereka. Belajarlah untuk mengatakan "Tidak" saat Anda membutuhkannya sehingga jawaban "ya" Anda autentik.

3. Validasi Pendapat atau Emosi Pasangan

Meskipun Anda tidak setuju dengan perasaan pasangan kencan, tunjukkan empati dan berikan dukungan emosional. Menjadi orang yang muncul di saat-saat baik maupun saat-saat sulit. Ciptakan ruang yang aman di mana setiap orang merasa dipahami dan diterima.

4. Terapkan Batasan

Menghormati batasan satu sama lain termasuk kebisaan kencan yang sehat demi kelanggengan hubungan. Hormati batasan orang lain termasuk belahan jiwa Anda. Ini berarti tidak mencoba memaksakan agenda Anda sendiri ke apa yang telah mereka katakan mereka butuhkan.

Kita masing-masing bertanggung jawab untuk menjaga batasan kita sendiri. Jangan mengatur diri Anda sendiri untuk situasi di mana batasan Anda mungkin dilanggar.

5. Jangan Menghindar dari Konflik

Lihat bagaimana Anda berdua menavigasi cinta sejak dini. Itu sering kali merupakan pertanda baik dari kecocokan hubungan. Pelajari cara yang sehat untuk mengatasi konflik melalui mendengarkan secara aktif, berbagi dari hati, dan beristirahat saat keadaan memanas. Temukan resolusi yang saling menguntungkan. Hindari serangan pribadi, sikap defensif, atau menutup diri

6. Dorong Pertumbuhan Pribadi

Dukung aspirasi dan tujuan pasangan Anda, dan komunikasikan agar pasangan melakukan hal yang sama. Saling memberi ruang untuk mengejar kepentingan individu dan mempertahankan rasa identitas dalam hubungan. Mengharuskan setiap orang bekerja pada diri mereka sendiri serta hubungan.

Pilihan Editor: 5 Hal yang Dibutuhkan dalam Membangun Hubungan Sehat

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."