10 Tips Membeli Perhiasan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMembeli perhiasan adalah pengalaman pribadi yang menyenangkan, entah itu membeli perhiasan untuk diri sendiri atau sebagai hadiah untuk seseorang yang spesial. Saat membeli perhiasan, pastikan Anda mendapatkan nilai terbaik dari uang Anda. Bukan cuma itu, ada sederet tips membeli perhiasan yang perlu diperhatikan menurut perancang perhiasan, Archana Aggarwal.

1. Tetapkan Anggaran

Sebelum Anda mulai membeli perhiasan, tentukan anggaran Anda terlebih dahulu. Ini akan membantu dalam mempersempit pilihan dan mencegah pengeluaran yang berlebihan.

Ingat, kualitas tidak selalu harus dibarengi dengan harga yang mahal, jadi pastikan untuk menjelajahi berbagai opsi dalam kisaran anggaran Anda.

2. Lakukan Riset 

Luangkan waktu untuk mempelajari tentang berbagai jenis perhiasan termasuk emas, batu permata, berlian, logam, dan indikator kualitasnya. Misal, pahami 4C dalam berlian (cut, color, clarity, dan carat weight) dan pelajari tentang karakteristik batu permata lain yang mungkin Anda minati. Pengetahuan ini akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang tepat.

3. Pilih Merek Perhiasan Terpercaya

Saat membeli perhiasan, sangat penting untuk memilih toko perhiasan yang bereputasi baik dengan rekam jejak yang nyata. Cari sertifikasi yang menjamin keaslian dan kualitas batu permata. Baca ulasan, cari rekomendasi, dan kunjungi toko perhiasan terkemuka untuk memastikan pengalaman membeli yang dapat dipercaya.

4. Pertimbangkan Gaya Hidup Anda

Pikirkan bagaimana perhiasan yang akan dibeli cocok dengan gaya hidup Anda. Jika Anda menjalani gaya hidup aktif, Anda mungkin ingin memilih perhiasan yang lebih kokoh mengingat dipakai sehari-hari.

Di sisi lain, jika Anda membeli perhiasan untuk acara-acara khusus, Anda dapat berfokus pada desain yang lebih halus dan rumit.

5. Utamakan Kualitas

Alih-alih membeli banyak barang murah, pertimbangkan untuk membeli beberapa perhiasan berkualitas tinggi. Perhiasan berkualitas bertahan lebih lama, mempertahankan nilainya, dan seringkali dilengkapi dengan garansi. Cari barang yang dibuat dengan baik dengan memperhatikan detail, jepitan yang kokoh, dan pengaturan yang aman.

Baca juga: 5 Tips Membeli Perhiasan secara Online yang Perlu Kamu Ketahui

Tips selanjutnya, jangan lupa mencoba sebelum membeli perhiasan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."