5 Tips Membeli Perhiasan secara Online yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perhiasan bernuansa hijau. Freepik.com

Ilustrasi perhiasan bernuansa hijau. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan kenyamanan belanja secara daring atau online, membeli perhiasan menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Bagi sejumlah orang, membeli perhiasan secara online menarik karena kemudahan akses dan pembayaran, variasi desain, serta harga yang terjangkau. Selain itu, generasi muda, terutama yang berusia antara 16 hingga 30 tahun, lebih memilih membeli perhiasan secara online daripada pergi ke toko, memanfaatkan layanan internet, pilihan pembayaran digital yang cepat, dan kemudahan berbelanja dari rumah.

Jika kamu tertarik atau kali pertama membeli perhiasan secara online, Sumit Dassani mitra dari toko perhiasan Dassani Brothers di India, mengungkapkan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar pengalaman belanja Anda aman dan memuaskan, dikutip dari Hindustan Times, pada Selasa, 11 April 2023.

Berikut tips membeli perhiasan secara online menurut Dassani.

1. Cek Kredibilitas Situs Web

Sebelum melakukan pembelian apa pun termasuk perhiasan secara online, cek kredibilitas situs web. Seharusnya bukan blogger anonim, tetapi  merek tepercaya dengan latar belakang autentik. Teliti riwayat dan reputasi merek, baca ulasan dari pelanggan sebelumnya, dan periksa apakah situs web tersebut memiliki cara pembayaran yang aman.

2. Detail Perhiasan

Memperhatikan detail perhiasan yang ingin Anda beli secara online juga penting. Perhatikan gambar produk dengan seksama dan baca deskripsi produk secara menyeluruh. Jika perlu, mintalah lebih banyak gambar atau video perhiasan untuk lebih memahami desain, kualitas, dan penampilan produk secara keseluruhan.

3. Cek Harga

Pastikan bahwa merek tersebut tidak membebani Anda terlalu mahal untuk perhiasan tersebut dan Anda mendapatkannya dengan harga asli. Juga, periksa opsi pembayaran dan harga di situs web terkenal lainnya perbandingan harga mana yang paling sesuai untuk anggaran Anda.

4. Sertifikat

Periksa jaminan pembelian kembali perhiasan dan pastikan bersertifikat atau tidak bersertifikat untuk menghindari penipuan.

5. Kebijakan Penukaran atau Pengembalian

Terakhir, pastikan situs web memiliki kebijakan pengembalian dan penukaran yang jelas jika perhiasan tidak memenuhi harapan Anda atau jika ada kerusakan selama pengiriman. Selalu simpan faktur dan tanda terima pembelian, karena akan diperlukan jika terjadi pengembalian atau penukaran.

Membeli perhiasan secara online dapat menawarkan kemudahan dan akses ke desain yang khas, terutama untuk perhiasan yang ringan dan memberi hadiah. Namun, penting untuk mempertimbangkan kredibilitas situs web dan merek, harga, dan detail perhiasan.

"Pembeli juga harus memahami jenis perhiasan yang ingin dibeli, apakah cocok untuk belanja online atau lebih baik mengunjungi toko fisik. Oleh karena itu, pembeli dapat memastikan pengalaman membeli perhiasan secara online yang aman dan positif dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut," tutup Sumit.

Pilihan Editor: Cara Membersihkan Perhiasan di Rumah, dari Perak, Emas hingga Batu Permata

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."