Ketahui Manfaat Stretching untuk Tubuh, Mengurangi Kekakuan Otot hingga Meningkatkan Aliran Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melakukan peregangan atau stretching. Foto: Freepik/Racool_studio

Ilustrasi wanita melakukan peregangan atau stretching. Foto: Freepik/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Peregangan atau stretching yang baik tidak hanya memberi Anda energi, tetapi juga membuat tubuh lebih nyaman. Para ahli merekomendasikan peregangan yang baik bahkan ketika Anda berada di tengah hari yang sibuk untuk membantu anggota tubuh Anda yang lelah beristirahat sambil membantu Anda mengembalikan fokus. Karena itu, ketika ahli gizi klinis, Suchita A Mukerji menyebutkan peregangan yang baik terasa begitu enak.

“Sudah menjadi rahasia umum bahwa peregangan pada umumnya baik untuk kita karena dapat memperbaiki postur dan sirkulasi darah, mencegah cedera, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit! Jadi mengapa rasanya enak sekali melakukan peregangan dan mengapa kita merasa enak setelahnya," ujar Mukerji dikutip dari Indian Express, 9 Agustus 2023.

Manfaat lain stretching juga melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengatasi rasa sakit serta depresi. 

"Endorfin 'menyembunyikan' rasa sakit dan membuat Anda merasa nyaman. Itulah fungsi utama mereka. Mereka menghambat transmisi sinyal rasa sakit dan juga dapat menghasilkan perasaan euforia,” kata Mukerji.

Dia mengungkapkan luangkanlah waktu untuk melakukan peregangan dan Anda akan merasa lebih baik dalam waktu singkat.

Sensasi kelegaan dan kesenangan setelah peregangan dapat dikaitkan dengan respons bawaan tubuh terhadap pelepasan ketegangan, tegas Dr Khushali Lalcheta, dokter konsultan, Rumah Sakit HCG Rajkot, India.

Sementara itu, Dr Lalcheta menganjurkan melakukan peregangan teratur ke dalam rutinitas Anda. Sebab itu tidak hanya bermanfaat bagi otot dan persendian Anda, tetapi juga memelihara kesehatan mental dan emosional Anda.

“Peregangan meningkatkan aliran darah ke otot, meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi kekakuan otot. Pelepasan fisik ini juga memicu pelepasan endorfin, bahan kimia 'rasa nyaman' alami tubuh, yang berkontribusi pada rasa relaksasi dan kesejahteraan, ”kata Dr Lalcheta.

Berikut adalah beberapa peregangan yang dapat dilakukan setiap hari untuk membantu meningkatkan kelenturan dan juga mengurangi ketegangan otot.

- Peregangan leher: Miringkan kepala Anda ke satu sisi dengan lembut, dekatkan telinga ke bahu Anda. Tahan selama 15-20 detik, lalu ganti sisi.

- Peregangan bahu: Letakkan satu tangan di dada dan gunakan tangan yang berlawanan untuk menekan lengan dengan lembut ke arah tubuh Anda. Tahan selama 15-20 detik dan ganti sisi.

- Peregangan hamstring: Duduklah di lantai dengan satu kaki diluruskan dan kaki lainnya ditekuk, telapak kaki rata dengan paha bagian dalam. Raih ke depan ke arah kaki Anda yang terentang, jaga agar punggung Anda tetap lurus. Tahan selama 15-20 detik per kaki.

Penting untuk diingat peregangan atau stretching secara perlahan dan lembut, tanpa kekuatan berlebihan.

Pilihan Editor: Rekomendasi 7 Gerakan Peregangan selama Mudik, Menurut Dokter Spesialis Olahraga

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."