5 Hal yang Memicu Salah Paham dalam Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bermasalah/bertengkar. Shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bermasalah/bertengkar. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah paham dalam hubungan dapat menyebabkan gesekan, ketidakpercayaan, dan jarak emosional antara pasangan. Banyak pasangan yang berpisah akan setuju bahwa salah paham yang dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan masalah besar. Jika tidak ditangani, hal itu menjadi racun dan bisa membuat hubungan kandas. Untuk membangun hubungan yang kuat, berikut hal yang bisa memicu salah paham dalam hubungan.

1. Menganggap Pasangan Memiliki Kemampuan Membaca Pikiran

Salah satu jebakan terbesar dalam hubungan adalah asumsi bahwa pasangan Anda harus tahu apa yang Anda butuhkan atau inginkan tanpa komunikasi. Mengharapkan pasangan menjadi pembaca pikiran dapat menyebabkan frustrasi. Jadi, praktikkan komunikasi yang terbuka dan jujur, serta ungkapkan perasaan, keinginan, dan kekhawatiran Anda dengan jelas.

2. Pura-pura Tidak Ada Masalah saat Ada Konflik 

Menghindari konflik dan berpura-pura semuanya baik-baik saja mungkin untuk sementara waktu menjaga perdamaian, tetapi jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan kebencian dan masalah yang belum terselesaikan dalam jangka panjang.

Atasi masalah begitu datang dan terlibat dalam diskusi yang konstruktif. Temukan solusi bersama dengan pasangan.

3. Salah Menafsirkan Niat

Salah menafsirkan niat seringkali datang dari miskomunikasi atau asumsi motif negatif di balik tindakan pasangan Anda. Alih-alih langsung mengambil kesimpulan, mintalah klarifikasi saat Anda merasa tidak yakin dengan niat pasangan. Ini mencegah konflik yang tidak perlu dan memperkuat kepercayaan dalam hubungan.

4. Mengabaikan Kebutuhan Individu

Terkadang, individu begitu 'tenggelam' dalam hubungan sehingga mereka mengabaikan kebutuhan dan keinginan mereka sendiri. Sangat penting untuk menjaga keseimbangan yang sehat antara pemenuhan pribadi dan hubungan. Terlibat dalam perawatan diri, kejar minat pribadi, dan pastikan kedua pasangan memiliki ruang untuk tumbuh secara individu.

5. Menyimpan Dendam Masa Lalu

Selalu melihat masalah dari masa lalu dapat menciptakan suasana beracun dalam hubungan. Meskipun wajar mengalami konflik, belajar memaafkan dan melepaskan sangat penting untuk melangkah maju. Atasi masalah masa lalu bila perlu. Hindari mengungkit luka lama untuk menyakiti pasangan Anda selama perselisihan. Fokuslah untuk menemukan resolusi.

Pilihan Editor: 10 Penyebab Salah Paham dalam Hubungan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."