Cerita Desainer Jacqueline Durran Padu Padan Busana di Film Barbie

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Jacqueline Durran, desainer yang membuat kostum di film Barbie. Foto: IMDb

Jacqueline Durran, desainer yang membuat kostum di film Barbie. Foto: IMDb

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika desainer Jacqueline Durran didapuk menjadi kepala penata busana di film Barbie yang disutradarai oleh Greta Gerwig, dia bertekad untuk menciptakan lemari pakaian yang memicu kegembiraan dan membuat penonton senang. Dan sepertinya berhasil.

Dibintangi Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken serta daftar panjang aktor berbakat lainnya, film Barbie menghipnotis penonton ke Barbieland yang penuh dengan warna cerah dan pakaian indah, semuanya diimpikan oleh Durran dan timnya.

Lantas, apa saja fakta menarik dalam proses pembuatan kostum di film Barbie. Berikut beberapa hal yang dibagikan Durran secara eksklusif kepada People.

1. Koleksi Chanel di Film Barbie

Ada beberapa kostum yang dipakai Margot Robbie di Film Barbie adalah koleksi Chanel. Ya, merek mode mewah dengan logo C itu tak bisa dilepaskan dari kostum Barbie.

Durran mengatakan telah bekerja sama dengan Chanel di beberapa film sebelumnya. Dan, pengalaman kolaborasinya selau memuaskan.

"Pertama kali saya bekerja dengan mereka di Atonement, dan saya bekerja dengan mereka di Anna Karenina, juga di Spencer. Saya senang bekerja dengan mereka. Mereka sangat mendukung pembuat film dan penceritaan film, serta visi sutradara. Mereka akan membantu di mana mereka bisa," jelas Durran, dikutip dari People, 5 Agustus 2023.

Selain itu, diketahui Margot Robbie adalah duta merek Chanel. Jadi, dia sudah menjalin hubungan dengan Chanel dan itu termasuk faktor yang membuat kolaborasi ini berhasil. Faktor lainnya adalah ada boneka Barbie Chanel pada beberapa tahun silam.

"Kami juga tahu bahwa kami ingin memiliki tampilan klasik Barbie di awal film. Ini semua membuka percakapan untuk memiliki setelan Chanel. Ketika saya pergi ke Paris dan pergi ke arsip Chanel, saya juga menemukan bahwa Karl Lagerfeld telah merancang koleksi Barbie di tahun 90-an dengan Claudia Schiffer dan supermodel bak Barbie," jelasnya.

"Jadi Margot, pada satu titik, mengenakan setelan Claudia Schiffer dari arsip, setelan sebenarnya, bukan dibuat ulang. Dia juga mengenakan setelan merah muda yang dibuat ulang dari koleksi itu, Chanel menyalin karya mereka sendiri dan mereproduksi, lalu kami menggunakannya di film," lanjutnya.

Baca juga: 6 Fakta Film Barbie, Pembuatan Naskahnya Hingga 2 Tahun

Margot Robbie sebagai Barbie dalam film Barbie. Foto: YouTube/@barbiethemovie

2. Urutan Waktu Berperan Besar

Jacqueline Durran juga mengatakan dia tidak ingin terpaku pada perkembangan penampilan atau apa pun, tetapi dia berusaha memulai sesuai alur waktu Barbie tercipta pada 1959 hingga saat ini.

"Namun, di bagian tengah, ini menjadi sedikit campur aduk karena saya tidak selalu berpegang 100% pada urutannya,” ucapnya

“Tentu saja, saya mulai dengan tahun 1959, lalu ada pantai, yang sangat dipengaruhi oleh awal tahun 60-an. Dan kemudian ada gaun mini mewakili tahun 60-an. Jadi saya mencoba untuk menetapkan ide bahwa kita sedang melalui waktu, tetapi pada saat yang sama, saya ingin berlalunya waktu terkait dengan masa lalu Mattel. Saya melihat apa yang telah dilakukan Mattel pada tahun '62 atau '65 atau '70, dan mencoba menggabungkan tema-tema dari Mattel dan mode serta ceritanya,” tuturnya.

Padu padan busana sesuai urutan waktu itu salah satu cara Durran menciptakan kenangan untuk para penggemar segala usia. "Dan itu akan menjadi sesuatu yang menjadi bagian dari ingatan setiap orang. Saya berniat bahwa itu akan menyentuh ingatan orang yang berbeda pada waktu yang berbeda. Ini abadi.” tambahnya.

Saat Anda membuat kostum, menurut Durran, Anda sering mencoba dan mengetahui karakter orang yang memakainya dan apa yang mereka lakukan. Namun karakter Barbie sebenarnya adalah sejarah Barbie. "Jika Anda menyelidiki latar belakangnya, itu akan menjadi bagaimana penampilannya selama beberapa dekade. Itulah cara yang kami pilih untuk melakukannya," ujarnya.

3. Cara Mendandani Weird Barbie

Saat mendandani penampilan barbie aneh atau Weird Barbie yang diperankan Kate McKinnon, Durran mengaku ada banyak proses diskusi.

"Karena Barbie Aneh bisa terjadi dalam berbagai cara. Dia bisa saja benar-benar tampil dalam pakaian berantakan yang tidak serasi, robek, terbakar serta tua dan kotor. Dia tidak terlalu Barbie, karena dia lebih aneh, dan saya pikir itulah cara yang pada akhirnya diinginkan semua orang. Jadi inspirasi kami adalah mode tinggi, tetapi kombinasi elemen yang aneh," paparnya.

Pilihan Editor: Detail Gaya Rambut Margot Robbie di Film Barbie, Ada 18 Wig dan 30 Hiasan Rambut

AN NISA RISTIANTI | PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."