Istana Berkebaya, Intip Gaya Sri Mulyani, Retno Marsudi hingga Angela Tanoesoedibjo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Istana Berkebaya merupakan peragaan busana kebaya yang akan diikuti 401 peserta dari ASN, istri pejabat, Menteri dan 10 Puteri Indonesia. Digelar pada Minggu, 6 Agustus 2023.

Istana Berkebaya merupakan peragaan busana kebaya yang akan diikuti 401 peserta dari ASN, istri pejabat, Menteri dan 10 Puteri Indonesia. Digelar pada Minggu, 6 Agustus 2023.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Acara Istana Berkebaya merupakan side event perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia yang digelar di Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Ahad 6 Agustus 2023.

Acara yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta ini juga disiapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bertujuan untuk mengangkat nasionalisme melalui budaya berkebaya.

Istana Berkebaya merupakan peragaan busana kebaya yang akan diikuti 401 peserta dari ASN, istri pejabat, Menteri dan 10 Puteri Indonesia yang berlenggok di atas catwalk sepanjang 200 meter.

Para undangan sebagian besar adalah perempuan yang mengenakan baju kebaya khas Betawi dan membawa bendera plastik. Massa ini campuran dari berbagai perwakilan kelurahan di Jakarta.

Pergelaran Busana “Istana Berkebaya” di Istana Negara menampilkan lima lini busana Kebaya, yaitu Bin House, Rita Rose, Kebaya Peranakan Nyonya, Batik Chic, dan Roemah Kebaya Viel

Saat Para Menteri Perempuan Berkebaya 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berjalan di catwalk Istana Berkebaya di halaman Istana Merdeka, Ahad, 6 Agustus 2023. (tangkapan layar Instagram)

Tidak hanya peragawati dan Puteri Indonesia, para menteri dan wakil menteri perempuan juga bergaya mengenakan kebaya encim warna senada yakni putih dan aksen floral saat melenggang di catwalk. Mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengenakan kebaya dipadukan selendang warna oranye khas Betawi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang tampi chic dengan padanan kain draperi motif Betawi dan brooch mutiara. 

Tak ketinggalan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah yang mengenakan kebaya encim dipairing ijab segi empat warna peach, Menteri PPPA Bintang Puspayoga yang tampil berkebaya lengkap dengan sanggul, dan gaya Bali Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo yang menyematkan obi warna oranye senada kain batik. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengenakan kebaya encim saat berjalan di catwalk acara Istana Berkebaya di Istana Merdeka, Ahad, 6 Agustus 2023. (Instagram/@smindrawati)

"Menjadi Peragawati dadakan dengan baju Kebaya Betawi Encim. Dalam Istana Berkebaya sore ini. Sore yang indah dengan warna-warni kebaya, berbagai rupa," tulis Sri Mulyani di laman Instagramnya. 

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Buka Acara Istana Berkebaya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo membuka acara Istana Berkebaya yang digelar di jalan depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Ahad sore, 6 Agustus 2023. Presiden tampak mengenakan baju sadariah berkelir hitam dengan kain selempang hijau bermotif ondel-ondel, sedangkan Iriana mengenakan kebaya bernuansa merah. 

"Sebelum acara dimulai, izin Pak Jokowi saya mau berpantun, bunga menur bunga raflesia, mekar sekuntum merah merona, citra luhur wanita indonesia, pribadi anggun dengan kebaya," ujar Iriana sambil didampingi Jokowi saat membuka acara tersebut. 

Membalas pantun istrinya, Jokowi menyebut kebaya melambangkan karakter masyarakat Indoensia yang anggun, lemah lembut, sopan, dan bersahaja. Keduanya kemudian secara kompak membuka acara tersebut. 

Menteri wanita, istri menteri, hingga ASN Pemprov DKI melakukan peragaan busana dalam acara Istana Berkebaya di jalan depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Ahad, 6 Agustus 2023. TEMPO/M Julnis Firmansyah

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, Istana berkebaya saya nyatakan dibuka. Terima kasih," kata Jokowi dengan Iriana berbarengan. 

Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Mentan Syahrul Yasin Limpo. 

Kemudian Mendag Zulkifli Hasan, Menpora Dito Ariotedjo, Mendikbud Nadiem Makarim, Menko Polhukam Mahfud Md, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menhan Prabowo Subianto.

Rangkaian peringatan HUT RI ke-78

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Puspyoga dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo/Foto: Instagram/Angela Tanoesoedibjo

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan acara Istana Berkebaya merupakan salah satu rangkaian acara menyambut HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023. Selain Istana Berkebaya, Heru menyebut pihaknya juga menggelar acara zikir dan doa kebangsaan 78 Tahun Indonesia Merdeka di halaman Istana Merdeka. 

Pemerintah juga menggelar permainan angklung terbesar di dunia yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu kemarin, 5 Agustus 2023. Acara yang digelar OASE Kabinet Indonesia Maju itu diikuti 15.110 orang pemain angklung dan tercatat di Guinness World of Records (GWR). 

"Saya ucapkan selamat kepada ibu-ibu OASE atas pemecahan Guinness World Records untuk pergelaran angklung terbesar. Hari ini kta lanjutkan dengan semangat yang sama," kata Heru. 

Heru menyebut Istana Berkebaya diselenggarakan bersama oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Sekretariat Negara. Para ASN Pemprov DKI Jakarta hingga menteri wanita dan istri para menteri bakal tampil melakukan peragaan busana di atas catwalk sepanjang 200 meter. 

Pilihan Editor: Mengenakan Busana Tradisional Hanbok dari Korea Selatan, Sri Mulyani: Mirip Baju Bodo

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."