Tips Berat Badan Tetap Ideal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi langsing. shutterstock.com

Ilustrasi langsing. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Impian memiliki tubuh ideal dimiliki hampir seluruh wanita. Sayang, seringkali pencapaian berat badan ideal hanya berlangsung sementara. Maklum saja, gaya hidup manusia kerap berubah-ubah. Sebenarnya tubuh ideal secara permanen memerlukan kesabaran dan komitmen. Hindari target berat badan yang terlalu ekstrem. Fokus pada kebugaran tubuh daripada hanya berfokus pada angka di timbangan.

Untuk mencapai bobot tubuh ideal, penting untuk mengadopsi pola makan yang sehat dan seimbang. Termasuk asupan sarapan. Dikutip dari Eat This, sarapan yang sehat membantu mengaktifkan metabolisme tubuh dan memberikan energi untuk memulai hari.

Pilihlah sarapan yang kaya serat dan protein, misalnya oatmeal, yoghurt rendah lemak, dan buah-buahan segar. Selanjutnya makan siang dengan pilihan makanan yang kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein nabati dan hewani rendah lemak, serta lemak sehat.

Hindari makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan tinggi gula dan lemak jenuh. Mengurangi porsi makan juga bisa membantu mengendalikan asupan kalori.

Perhatikan porsi makan dan hindari makan malam berat. Lebih baik makan dalam porsi kecil namun sering daripada makan dalam porsi besar sekaligus. Hindari makan larut malam atau tengah malam karena metabolisme tubuh cenderung melambat pada waktu tersebut.

Dilansir dari Healthline, olahraga adalah kunci untuk membakar kalori dan menjaga kebugaran tubuh. Pilih jenis olahraga atau aktivitas fisik sesuai kemampuan. Seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang, atau berlatih yoga. Lakukan olahraga secara teratur dan jadwalkan waktu untuk beraktivitas fisik setiap minggunya.

Pastikan cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Air membantu mengatur suhu tubuh, mengangkut nutrisi, dan membuang sisa metabolisme.

Pilihan Editor: 8 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Efektif dan Aman

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

NOVITA ANDRIAN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."